Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Pengaturan template

3 Aplikasi video conference terbaik yang irit kuota Internet

Cara Mendaftar Google suite for education dengan domain sekolah

Tidak terasa bapak dan ibu guru sudah menjalani proses belajar mengajar dari rumah (work from home) lebih dari 9 bulan. Selama WFH tentu ada suka dan duka selama melaksanakan kegiatan mendidik para siswa.

Kendala utama belajar berbasis online biasanya adalah akses internet yang tidak merata di setiap daerah. Selain itu, khusus siswa kelas 10 yang baru saja diterima sekolah akan kebingungan dengan ritme belajar dan dengan siapa yang mengajar

Pada umumnya bapak dan ibu guru menggunakan aplikasi video call dari Whatsapp untuk solusi mengajar online dan bertatap muka secara daring (dalam jaringan). Selain sederhana, layanan ini juga sudah ada pada fitur berbagi dan video call yang menjadi primadona guru dalam menyampaikan tugas dan materi selama pandemi.

Bapak dan ibu guru bukan tidak mau menggunakan teknologi Android selain whatsapp atau telegram, umumnya disebabkan keluhan dari siswa yang tidak memiliki cukup kuota internet untuk mengakses materi pembelajaran atau menggunakan video conference diluar whatsapps.

Tahukah bapak dan ibu, ada aplikasi video conference hemat kuota Internet cocok untuk guru dan siswa yang hendak bertatap muka?

Yuk kita intip satu-satu aplikasi video conference apa saja yang katanya paling hemat pemakaian data (kuota)...

Pakai 3 Aplikasi video conference ini, terbukti hemat kuota!


Zoom

zoom
Zoom adalah aplikasi video conference yang mulai banyak digunakan semenjak wabah virus Corona. Wajar, karena memang aplikasi video conference ini mudah dipelajari dan memiliki fitur yang bisa digunakan untuk proses belajar mengajar.

Layanan Zoom terdiri dari beberapa level dengan harga yang berbeda-beda. Pertama, ada Zoom Free yang gratis namun dengan batas waktu 40 menit per pertemuan dengan maksimum 100 orang peserta. Layanan kedua dan seterusnya harus berbayar ya bapak dan ibu, jadi tidak akan saya jelaskan di artikel kali ini.

Nah, menggunakan zoom versi gratis saja sangat cukup memenuhi kriteria tatap muka online bersama siswa sebanyak 3 kelas dimana 1 kelas rata-rata diisi 32 siswa selama 40 menit tatap muka. Bedanya zoom dengan aplikasi video call whatsapp adalah fitur berbagi layar, mute, interaktif lainnya. Untuk pemakaian 5 menit dengan semua fitur menyala, zoom video conference hanya mengkonsumsi data sebesar 45 Mb.

Google Meet

mmet
Google Meet berbentuk aplikasi komunikasi dalam jaringan menggunakan sarana video dan audio. Google terkenal dengan kesederhanaan dan kemudahan cara pakai.

Hal ini diterapkan juga pada aplikasi google meet. Jadi bapak dan ibu guru tidak perlu khawatir akan kesulitan mengoperasikan aplikasi ini.

Fitur-fitur yang disematkan juga banyak, versi gratisnya cukup untuk mengadakan tatap muka secara daring dengan waktu 1 jam dan peserta 100 siswa.

Untuk pemakaian video conference menggunakan google meet selama 5 menit dengan semua fitur menyala, Gmeet video conference hanya mengkonsumsi data sebesar 96 Mb.

Umeetme

UMeetMe adalah platform video conference yang mudah dipakai, cepat dan nyaman untuk solusi komunikasi di era digital dan masa pandemi. UMeetMe dapat dipakai untuk rapat, belajar secara tatap muka dan aktifitas lainnya agar #TetapProduktif di rumah. Seluruh sistem dan data berada di server Indonesia, yang dapat diakses via PC, Android atau youtube.

Umeetme merupakan aplikasi video conference buatan dalam negeri, yang sepenuhnya gratis, tak berbatas waktu dan jumlah peserta. Khusus untuk umeetme bidang pendidikan, ada fitur papan tulis, kehadiran, dan kolaborasi dokumen.

Seperti zoom atau google meet, umeetme juga mengedepankan kesederhanaan interface sehingga bapak dan ibu guru dapat langsung menggunakannya tanpa kesulitan.

Untuk pemakaian video conference menggunakan Umeetme selama 5 menit dengan semua fitur menyala, Umeetme video conference hanya mengkonsumsi data sebesar 39 Mb.
aplikasi video conference terbaik
Infografis pemakaian data internet pada aplikasi video conference



Kebutuhan Akses internet yang handal

Bapak dan ibu guru, meskipun dimasa pandemi disarankan untuk bekerja dari rumah, namun sebagai ASN dan pendidik, biasanya bapak dan ibu wajib datang mengajar disekolah walau mengajarnya menggunakan akses internet sekolah. Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang sepenuhnya menggunakan akses internet, dibutuhkan kestabilan dan kelancaran data yang cukup tinggi.

Managed Service Provider Indonesia
Hypernet perusahaan Managed Service Provider Indonesia


Kebutuhan internet sekolah bapak dan ibu yang tinggi dan solusi kelancaran akses video conference dapat dilayani oleh Hypernet. Hypernet merupakan sebuah perusahaan Managed Service Provider Indonesia dengan kapasitas layanan informasi dan teknologi yang sepenuhnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Untuk informasi dan solusi kebutuhan internet, silahkan bapak dan ibu hubungi langsung link yang telah saya berikan diatas.


Nah, gimana bapak dan ibu? Sudah memutuskan untuk menggunakan aplikasi video conference yang mana nih? Jangan lupa, beritahu kepala sekolah untuk kelancaran akses internet gunakan saja layanan dari perusahaan Managed Service Provider Indonesia, Hypernet! Salam.



Sumber data: diakses tanggal 22 Desember 2020

  1. https://hypernet.co.id/id/2020/11/06/trend-penggunaan-aplikasi-video-conference-untuk-komunikasi-digital/
  2. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200629105502-185-518510/adu-irit-kuota-google-meet-cloudx-dan-zoom

Posting Komentar untuk "3 Aplikasi video conference terbaik yang irit kuota Internet"