Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Pengaturan template

Belajar Python: bahasa pemrograman untuk SMK

apa itu Python? kenapa belajar python?

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kita kali ini adalah belajar Pemrograman dasar kelas 10 semester 1 yaitu, belajar Python mengenal bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk pemula dan siswa SMK

Apa itu Python? Python adalah bahasa pemrograman interpreter multifungsi yang berorientasi objek yang memakai filosofi perancangan dengan fokus kepada tingkat keterbacaan kode.

Sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi, Python menggabungkan kemampuan, kapabilitas dan sintaksis kode serta fungsi pustaka yang berkualitas tinggi.

Nah, semangat ya belajarnya...

Kompetensi Dasar belajar python

Kompetensi Dasar
  • 3.3. Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman
  • 4.3. Melakukan instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman

Indikator pencapaian kompetensi dasar 3.3. Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman
Materi belajar python
  1. Apa itu python?
  2. Apa itu program / aplikasi?
  3. Aplikasi untuk membuat script python
  4. Aplikasi yang dapat dibuat oleh python
  5. Download python untuk Windows
  6. Download python untuk Android

Tujuan saya belajar
Setelah mempelajari materi python, saya mampu mempraktekan dengan teliti, cermat, jujur dan percaya diri:
  1. Apa itu phyton?
  2. Apa itu program / aplikasi?
  3. Aplikasi pembuat script python
  4. Aplikasi pyhton

Media dan sumber belajar
  1. Media:Powerpoint dan Google slide
  2. Sumber belajar: Buku, Modul dan LKS Pemrograman dasar, Internet

Alat dan bahan
  1. Komputer
  2. IDLE Python versi 3.x untuk Windows
Prasyarat
  1. Menguasai kompetensi dasar 3.1 Memahami alur logika pemrograman komputer

Apa itu python?

Python adalah bahasa pemrograman interpreter multifungsi yang berorientasi objek yang memakai filosofi perancangan dengan fokus kepada tingkat keterbacaan kode.

Python diciptakan oleh Guido van Rossum. Pada awalnya, python menghasilkan aplikasi berbasis console, namun seiring makin populernya bahasa python, aplikasi yang dihasilkan mulai beragam fungsi.

Menurut tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:
  • Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language), merupakan bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin berupa kode biner 0101010101 dan seterusnya.
  • Bahasa pemrograman tingkat menengah (mid level language), merupakan bahasa pemrograman generasi kedua. Membuat program dengan bahasa mesin yang lebih mudah dipelajari. Contoh bahasa pemrograman assembler.
  • Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) merupakan bahasa yang mempunyai ciri lebih terstruktur, mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari, contoh bahasa level ini adalah: Delphi, Pascal, ORACLE, MS-SQL, Perl, Phyton, Basic, Visual Studio (Visual Basic, Visual FoxPro), Informix, C, C++, ADA, Java, PHP, ASP, XML, dan lain-lain.

    Bahasa pemrograman terus berkembang seperti Kotlin untuk membuat aplikasi Android, Go lang milik Google, Flutter dan lain-lain dimana muncul banyak bahasa pemrograman yang makin memudahkan programer memberikan instruksi ke komputer

Apa itu program?

Program atau aplikasi adalah perangkat lunak yang terdiri dari instruksi yang difahami oleh mesin komputer.

Komputer adalah sebuah mesin dan hanya mengerti bahasa mesin diawal penciptaannya yaitu kode biner, 0 dan 1. Program memiliki tugas sebagai jembatan antara manusia dengan komputer (mesin).

Untuk membuat program komputer, kita perlu menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman paling awal disebut bahasa mesin yang menggunakan kode biner (terdiri dari 0 dan 1) dan instruksi lainnya untuk berkomunikasi dengan komputer.

Namun, bahasa mesin sangat sulit dipelajari. Untungnya, para ilmuwan telah menemukan beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lebih mudah dikuasai. Di antara bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Python, Java, Javascript, C, C++, c# dan Basic,Pascal, dan bahasa program lainnya.

Nah, sekarang, bahasa pemrograman mana yang patut kita pelajari pada level anak SMK kelas 10? Yuk kita lanjut...


Aplikasi untuk membuat script python

Lingkungan (environmet) untuk membuat program disebut IDE (Integrated Development Environment). Perangkat lunak ini memang khusus digunakan untuk membuat program.

Python secara standar menggunakan IDLE ( Integrated Development and Learning Environment) untuk menjalankan instruksi bahasa python.

Ada 2 cara perangkat lunak pemrograman bekerja agar instruksi yang dibuat dapat dipahami komputer,

  1. Intepreter, yang menterjemahkan setiap instruksi dalam mode baris per baris dan bisa langsung dipahami komputer (mesin). Contoh bahasa pemrograman: Python
  2. Compiler, seluruh instruksi kode harus lengkap dulu, kemudian diubah menjadi program utuh dan dimengerti oleh komputer. Contoh bahasa pemrograman Pascal pada Delphi

Karena python adalah bahasa pemrograman intepreter, maka ada kelebihan yang ditawarkan oleh bahasa ini:
  1. Dapat dijalankan (run/eksekusi) segera setelah Anda menyelesaikannya, walau baris perbaris - tidak perlu harus selesai semua skripnya;
  2. kode disimpan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, bukan bahasa mesin - ini berarti dapat dijalankan pada komputer menggunakan dengan sistem operasi yang berbeda; Anda tidak perlu mengkompilasi ulang kode secara terpisah untuk setiap sistem operasi yang berbeda. Artinya program dapat berjalan WIndows, Linux, dan Mac.

Ada kelebihan, pasti ada kekurangan juga. Termasuk python ini memiliki kekurangan,
  • Kode python sedikit lambat dalam hal eksekusi karena berbagi resource komputer dengan interpreternya, sehingga tidak bisa terlalu cepat;
  • Anda dan client yang akan memakai aplikasi dari python harus memiliki interpreter yang sama untuk menjalankan kode Anda.

Jika Anda ingin memprogram dalam Python, Anda memerlukan interpreter Python. Anda tidak akan dapat menjalankan kode Anda tanpa itu. Untungnya, Python gratis.


Kenapa harus memilih bahasa Python?

Tanpa mengecilkan bahasa pemrograman lainnya karena fungsi tiap bahasa pemrograman berbeda, Python memiliki beberapa keunggulan sebagai bahasa pemrograman pertama yang patut di pelajari siswa SMK kelas 10.
  1. Mudah dipelajari,sederhana.
  2. Memiliki library yang sangat melimpah.
  3. Repository yang makin menjamur di github.
  4. Dapat dijalankan di Linux, Mac, Windows dan termasuk perangkat mobile.
  5. Melalui mekanisme tertenu, Python dapat diintegrasikan dengan C/C++, dan begitu juga perkembangan .NET Framework.
    Python banyak digunakan untuk membuat berbagai macam program, seperti: program CLI, Program GUI (desktop), Aplikasi Mobile, Web, IoT, Game.
  6. Google, Facebook, Instagram, youtube, yahoo adalah sebagian kecil perusahaan teknologi yang memakai Python. Jadi belajar Python adalah awal bagus untuk masuk ke industri teknologi tersebut.


Apa yang bisa dibuat oleh Python?

Python semakin populer, banyak aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa python. Bahkan raksasa teknologi seperti Google menggunakan python.

Lalu python bisa apa aja?
  1. Bikin aplikasi desktop (wxPhyton,pyGTK,tkInter,pyQT...)
  2. Bikin aplikasi web (Django, Pyramid, Flask...)
  3. Bikin aplikasi software development (trac, buildbot...)
  4. Bikin aplikasi sains (Scipy,numpy...)
  5. Bikin aplikasi jaringan (ansible, salt, openstack...)
  6. Bikin aplikasi mikrokontroller (Raspberry Pi, Robotics...)
  7. dan lain-lain.


Download Python IDLE untuk windows

  1. Unduh untuk windows 64bit
  2. Unduh untuk windows 32bit
  3. Python website



Download Python untuk Android

  1. Qpython - python for android
  2. Pydroid3 -IDE for python 3
  3. Termux



Materi belajar Python

  1. Fungsi print() python - untuk menampilkan data
  2. Komentar python
  3. Tipe data python
  4. Variabel python

Gimana, siap belajar Python?


Posting Komentar untuk "Belajar Python: bahasa pemrograman untuk SMK"