Belajar bahasa pemrograman: PHP


Belajar PHP - PHP adalah sebuah kode instruksi yang dieksekusi dan dijalankan pada sisi Server (serverside) melalui model client server.

Kode PHP diletakan pada server khusus yang disebut Web Server, dimana tugas web server ini menerjemahkan dan menjalankan kode PHP yang direquest oleh client sehingga dapat tampil disisi client yeng menggunakan web Browser.

Pemrograman web adalah istilah yang dipakai untuk membuat sebuah aplikasi yang berjalan melalui internet atau intranet menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP. Masih ada banyak bahasa pemrograman web selain PHP, tapi kita fokus dulu di PHP dengan alasan pemrograman web menggunakan PHP sangat terkenal dan mudah dipelajari

Itu dulu ya...

Dibawah adalah gambar analogi cara kerja aplikasi berbasis PHP. Perhatikan laptop menggunakan browser (Mozilla misalnya) kemudian mengaksses program PHP yang berada di web server.

Belajar PHP



Oiya sahabat, udah ada yang pernah belajar pemrograman belum? Udah? Belum? Hmmm...ternyata masih banyak juga yang belum pernah belajar, ada juga sebagian yang sudah belajar pemrograman.

Baiklah, supaya kalian ingat semua, saya ulas kembali tentang Pemrograman. Pemrograman berarti menulis instruksi atau kode untuk memerintahkan komputer atau perangkat lain melakukan tugas tertentu secara otomatis.

Program-program komputer yang ditulis oleh para programmer sering dikenal sebagai perangkat lunak atau aplikasi.

Dalam ilmu pemrograman, ada 4 jenis pemrograman berdasarkan pada aplikasi yang akan kita buat:

  1. Pemrograman console; yaitu pemrograman yang menghasilkan aplikasi console berbasis text. Program seperti ini banyak dipakai untuk membuat aplikasi sistem, game, dan server. Kelebihan pemrograman console adalah kecepatan program yang berjalan luar biasa. Bahasa pemrograman console bisa menggunakan C, C++, C#, Python, dll
  2. Pemrograman desktop; yaitu pemrograman yang menghasilkan aplikasi desktop (GUI), graphical user interface. Program seperti ini banyak ditemui saat ini. Contoh Windows. Kelebihan pemrograman desktop adalah kemudahan dalam mengoperasikan program oleh user biasa. Bahasa pemrograman desktop bisa menggunakan Visual Basic, Delphi, Qt dll
  3. Pemrograman Web; yaitu pemrograman yang menghasilkan aplikasi berbasis web. Program seperti ini banyak ditemui, terutama yang sering online menggunakan browser. Kelebihan pemrograman web adalah kompatibelitas terhadap sistem operasi yang berbeda-beda sangat tinggi. Selama di sistem operasi ada Browser, program tersebut dapat berjalan, bahkan di handphone sekalipun. Bahasa pemrograman web bisa menggunakan PHP, Java, Javascript, Phyton dll.
  4. Pemrograman mobile; yaitu pemrograman yang menghasilkan aplikasi berbasis mobile. Program seperti ini banyak ditemui di handphone kalian. Kelebihan pemrograman mobile adalah program yang berjalan sangat baik melalui handphone anda. Bahasa pemrograman mobile bisa menggunakan C, C++, C#,Kotlin, Java, Golang, Flutter dll


1 Apa itu PHP?

PHP adalah bahasa pemrograman sisi server (server side) dimana kode program yang dibuat harus ditempatkan dan dijalankan oleh sebuah web server, dimana tugas web server menerima request dari client yang mengakses aplikasi web berbasis PHP.

PHP merupakan bahasa pemrograman berbasis web yang menguasai 90% aplikasi web yang beredar di dunia. PHP adalah kependekan dari PHP: Hypertext Preprocessor.

Programmer pencipta programming language PHP ini adalah Rasmus Lerdorf. la dilahirkan pada tanggal 22 November 1968 di Qeqertarsuaq, Greenland, Denmark.

Rasmus menulis dua versi pertama dari PHP, namun ia juga berpartisipasi dalam pengembangan versi-versi PHP selanjutnya yang dikembangkan oleh sebuah kelompok pengembang, termasuk di dalamnya Andi Gutmans dan Zeev Suraski, yang selanjutnya mendirikan Zend Technologies.

Aplikasi atau perangkat lunak (software) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu sistem komputer, disamping keberadaan pengguna (brainware), perangkat keras (hardware) dan jaringan (networking).

Sebuah Aplikasi dapat dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan lingkungan pengembangan,
  1. aplikasi berbasis desktop,
  2. aplikasi berbasis web dan
  3. aplikasi berbasis mobile.

Aplikasi berbasis desktop merupakan aplikasi yang memerlukan proses instalasi di setiap komputer yang akan menggunakannya. Contoh aplikasi berbasis desktop antara lain Microsoft Office, Mozilla Firefox, Adobe Photoshop dan Macromedia Dreamweaver.

Sementara itu, aplikasi berbasis web tidak memerlukan instalasi di setiap komputer karena aplikasi berada di Suatu server. Untuk membuka aplikasi cukup menggunakan browser yang terhubung melalui jaringan ke server. Situs web merupakan salah satu contoh jenis aplikasi berbasis web.

Jenis aplikasi yang ketiga yaitu aplikasi berbasis mobile merupakan aplikasi yang hanya dapat dijalankan pada perangkat bergerak (mobile) seperti handphone, smartphone dan PDA. Contoh dari jenis aplikasi ini antara lain browser Opera Mini, Blackberry Messenger (BBM), WhatsApp Messenger dan Facebook.

2 Kenapa memilih Belajar PHP?

PHP di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, dan sekarang dikelola oleh The PHP Group. Situs resmi PHP beralamat di http://www.php.net.

Fungsi PHP adalah untuk membuat website dapat tampil dinamis. Kode program PHP dapat dijalankan oleh server web seperti Apache, IIS, atau Nginx. Selain itu, ada juga server database seperti MySQL, PostgreSQL atau MariaDB yang digunakan sebagai media penyimpanan data.

Tanpa mengecilkan bahasa pemrograman lainnya karena fungsi tiap bahasa pemrograman berbeda, PHP memiliki beberapa keunggulan sebagai bahasa pemrograman pertama yang patut di pelajari siswa SMK kelas 10.

  1. Mudah dipelajari,sederhana.
  2. Open source bebas terbuka.
  3. Komunitas sangat melimpah siap membantu anda.
  4. Dapat dijalankan di Linux, Mac, Windows dan termasuk perangkat mobile selama ada browser.
  5. Melalui mekanisme tertenu, PHP dapat diintegrasikan dengan bahasa pemrograman C/C++, dan .NET Framework.
    PHP banyak digunakan untuk membuat berbagai macam program, seperti: Program GUI (desktop), Aplikasi Mobile, Web, IoT, Game.
  6. Google, Facebook, Instagram, youtube, yahoo adalah sebagian kecil perusahaan teknologi yang memakai PHP. Jadi belajar PHP adalah awal bagus untuk masuk ke industri teknologi tersebut.


3 Apa yang bisa dibuat oleh PHP?

PHP semakin populer, banyak aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa PHP. Bahkan raksasa teknologi seperti Facebook masih menggunakan PHP selain bahasa pemrograman lainnya.

Lalu PHP bisa apa aja?

  1. Bikin aplikasi web.
  2. Bikin aplikasi database.
  3. Bikin aplikasi backend.
  4. dan lain-lain.


4 Bagaimana cara mengunduh PHP?

Untuk belajar bahasa pemrograman PHP, banyak aplikasi yang akan terlibat, antaranya:

  1. Web Server.
  2. Database Server.
  3. PHP intepreter.
  4. dan lain-lain.


Untungnya ada aplikasi yang dapat kita pakai dengan cepat saat menyiapkan semua item diatas. Ada XAMPP (X untuk windows, Apache, MySQL, PHP, PostgreSQL) dimana didalam aplikasi ini sudah tersedia server web Apache, server database MySQL dan postgreSQL serta PHP sendiri. Silahkan unduh melalui halaman ini

Laragon, adalah aplikasi yang mirip dengan XAMPP, namun ada tambahan server web Nginx, PHP support versi 7 dan database MongoDB. Aplikasi ini sangat direkomendasikan karena alasan kemudahan pemakaiannya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url