Kalkulator konversi bilangan Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal online siap pakai, mudah cepat dan akurat!


Kalkulator Konversi bilangan Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal online ini berguna untuk membantu siswa SMK jurusan TKJ, RPL, MM dan Teknik elektronika kelas 10 dalam mengkonversi sistem bilangan desimal, biner, oktal, dan heksadesimal dengan mudah.

Kalkulator Konversi bilangan Desimal, Biner, Oktal, Hexadesimal

Cara menggunakan aplikasi Kalkulator Konversi sistem bilangan Online di bawah ini cukup mudah.

  1. Jika anda akan mengkonversi bilangan, misal bilangan Desimal, maka cukup ketik di kolom Bilangan Desimal, dan ajaibnya secara otomatis akan di konversi ke semua sistem bilangan oleh aplikasi ini.
  2. Untuk sistem bilangan lain, silahkan dicoba saja. Mudah 'kan?

Syarat dan ketentuan menggunakan Kalkulator Konversi bilangan

Untuk mendapatkan akurasi perhitungan yang tepat, sebelum menginputkan angka yang akan dikonversi, ketahuilah beberapa hal berikut ini.

  1. Sistem bilangan Desimal, memiliki 10 simbol angka dimulai dari 0,1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9. Silahkan inputkan angka maksimumnya dengan benar. Contoh: 1999 -> angka 9 maksimum.
  2. Sistem bilangan Oktal, memiliki 8 simbol angka dimulai dari 0,1,2,3,4,5,6,dan 7. Silahkan inputkan angka maksimumnya dengan benar. Contoh: 7777 -> angka 7 maksimum, karena tidak ada angka 8.
  3. Sistem bilangan Heksadesimal, memiliki 16 simbol angka dimulai dari 0,1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9 dilanjut A,B,C,D,E,F. Silahkan inputkan angka maksimumnya dengan benar. Contoh: 7FFF -> simbol F maksimum.
  4. Sistem bilangan Biner, memiliki 2 simbol angka dimulai dari 0 dan 1. Silahkan inputkan angka maksimumnya dengan benar. Contoh: 1111 -> angka 1 maksimum.
  5. Untuk sistem bilangan lain, silahkan dicoba saja. Mudah 'kan?

Kalkulator Konversi sistem bilangan


Menghitung konversi bilangan desimal ke biner, konversi bilangan desimal ke oktal, dan konversi bilangan desimal ke hexadesimal secara manual telah saya sampaikan dalam beberapa artikel terdahlu. Masalahnya, ternyata tidak mudah juga menyelesaikan tugas-tugas konversi antar sistem bilangan.

Sehingga dengan adanya aplikasi kalkulator konversi sistem bilangan yang sederhana ini, akan sangat membantu siswa-siswi SMK TKJ,RPL,MM dan TEI dalam memececahkan masalah perhitungan sistem bilangan, terutama digunakan sebagai bahan pembanding apakah hasil yang diperoleh melalui konversi manual sama dengan konversi kalkulator.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url