8 Istilah TIK dalam Bahasa Indonesia yang jarang diketahui


8 Istilah TIK dalam Bahasa Indonesia yang jarang diketahui siswa SMK - Pernah mendengar istilah Daring yang sedang viral gegara covid-19? Luring? Tetikus? Wah apalagi ini? Ada tikus segala? Hehehe...

Jangan kaget sahabat SMK yang budiman, istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi diatas adalah sebagian daftar padanan kata teknologi yang di bahasa Indonesiakan.

Istilah tersebut memang saat ini kurang di sosialisasikan dalam bentuk buku atau ulasan karena generasi milenial lebih senang mendengar istilah yang ke barat-baratan.

Tapi setidaknya kalian harus tau juga, penulisan istilah teknologi dalam bahasa Indonesia disarankan dipakai saat membuat makalah atau jurnal teknologi dalam bahasa Indonesia.

So, biar gak gagap, baca Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia ini lebih lanjut.

Sahabat yang budiman, mungkin sebagian dari kita pernah membaca atau melihat istilah Teknologi Informasi yang terpampang dalam poster, iklan atau ulasan blog.

Istilah teknologi informasi dan komunikasi yang dibahasakan Indonesia kadang membuat bingung, karena memang tidak setiap kita belajar mengenal istilah tersebut. Dulu, waktu saya masih SMK, istilah teknologi banyak saya temui di dalam buku cetakan lama. Sekarang?

Mengenal istilah teknologi informasi dan komunikasi ke dalam bahasa Indonesia sesuai ejaan yang disempurnakan itu asik loh. Seperti mempelajari bahasa Melayu, karena pada dasarnya kita adalah rumpun Melayu sehingga terjemah dari istilah teknologi banyak dipengaruhi oleh bahasa Melayu

Apa aja istilah teknologi informasi dan komunikasi yang populer itu?

Daftar istilah TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) yang dulu populer dalam bahasa Indonesia


1. Gawai

Siapa yang belum tau padanan kata dari gawai?

Wihh, banyak juga ya.

Gawai adalah padanan kata dari Gadget, yaitu alat bantu berukuran kecil yang dapat dioperasikan secara mekanikal atau elektronik.

Pinset,gunting kuku,kalkulator,hape adalah contoh gawai

Jadi barang kecil dengan manfaat besar dapat kamu sebut sebagai gawai juga.

2. Nirkabel

Nirkabel merupakan padanan kata dari wireless, adalah istilah dalam komunikasi baik data atau suara menggunakan gelombang radio (Radio Frequency).

Saat ini, istilah wireless banyak digunakan pada alat seperti komputer atau hape yang terhubung ke jaringan tanpa kabel.

3. Luring

Luring merupakan padanan kata dari Offline, adalah istilah Luar jaringan yaitu kondisi dimana alat, gawai atau peralatan komputer yang tidak terhubung ke dalam jaringan.

4. Daring

Daring merupakan padanan kata dari Online, adalah istilah dalam jaringan yaitu kondisi dimana alat, gawai atau peralatan komputer yang terhubung ke jaringan.

5. Galat

Galat merupakan padanan kata dari Error, adalah istilah dalam teknologi informasi yaitu kondisi dimana alat, gawai atau peralatan komputer atau program komputer yang mengalami kegagalan proses.

6. Kandar kilas

Kandar kilas merupakan padanan kata dari Flashdisk, atau disebut juga diska lepas USB. Kandar kilas adalah alat penyimpanan data portabel yang mudah dibawa kemana-mana.

7. Awakutu

Awakutu merupakan padanan kata dari Debug, adalah istilah pemrograman komputer yaitu kondisi atau metode mencari kesalahan dalam skrip program sehingga dapat bekerja sesuai harapan.

Pengawakutuan (debugging) sering dilakukan programmer untuk menganalisa aliran program dari kesalahan-kesalahan kecil yang dapat mempengaruhi hasil output program.

8. Waring Wera Wanua

Waring Wera Wanua merupakan padanan kata dari World Wide Web (www), adalah istilah teknologi informasi untuk pengenal global yang di sebut URL (unified resource locator) berupa nama domain dan peladen-peladen yang tersebar di dunia.

Waring Wera Wanua berasal dari bahasa Jawa kuno yaitu waring yang bermakna jala, wera yang bermakna luas, dan wanua menggambarkan daerah atau benua yang dihuni

Oke sahabat yang budiman, Itu sekelumit Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia yang mulai sering di gunakan.

Sebenarnya masih banyak banget istilah teknologi yang sudah di bahasa Indonesiakan. Tinggal gimana kita mau atau gak memakainya dalam tulisan atau ulasan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Sumber informasi tentang istilah teknologi dalam bahasa Indonesia dapat di akses pada link dibawah ini:

Lihat postingan ini di Instagram

Hi sahabat SMK yang budiman..⠀ Pernah suatu waktu kalian baca istilah-istilah seperti galat? luring? daring? ⠀ ⠀ Hmm, bingung ya apa artinya istilah tersebut. Jangan bingung dulu, diatas adalah contoh istilah teknologi yang di bahasa Indonesia kan... ⠀ ⠀ Kenapa harus di bahasa Indonesia kan? Hmm, susah nih jawabnya. ⠀ ⠀ Tapi kalau saya sih istilah tersebut seharusnya memang di bahasakan, karena kita hidup dan tinggal di Indonesia, ya kan? Agar istilah asing lebih di fahami semua masyarakat Indonesia 🇮🇩🇮🇩⠀ ⠀ Tapi sayangnya, istilah bahasa Indonesia malah lebih aneh kedengarannya ya? 😇⠀ ⠀ Dulu, waktu saya masih sekolah STM, istilah aneh tapi seru ini masih banyak dipakai di buku buku teks keluaran kementerian Pendidikan loh.. gimana mas mentri @nadiem_makarim__ ⠀ Sedih...gak usahlah, mungkin memang udah zamannya kali ya.. ⠀ ⠀ Jadi istilah dibawah ini hanya sekedar pengetahuan, bahwa bahasa Indonesia aslinya keren loh... 👍👍👍👍⠀

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rudy Setiawan (@rudysetiawanst) pada



Well, ternyata istilah teknologi yang dibahasa Indonesiakan keren-keren ya ges?. Nah mulai sekarang kita coba yuk, kita pakai dalam setiap menulis artikel teknologi atau makalah tugas dari sekolah ya ges!


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url