1.12.19
- 1.12.19
Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia

Sahabat yang budiman, mungkin sebagian dari kita pernah membaca atau melihat istilah teknologi yang terpampang dalam poster, iklan atau ulasan.

Istilah teknologi yang dibahasakan Indonesia kadang membuat bingung, karena memang tidak setiap kita belajar mengenal istilah tersebut. Dulu, waktu saya masih SMK, istilah teknologi banyak saya temui di dalam buku cetakan lama. Sekarang?


*****


Mengenal istilah teknologi ke dalam bahasa Indonesia sesuai ejaan yang disempurnakan itu asik loh. Seperti mempelajari bahasa Melayu, karena pada dasarnya kita adalah rumpun Melayu sehingga terjemah dari istilah teknologi banyak dipengaruhi oleh bahasa Melayu

Cekidot...

Istilah teknologi dalam Bahasa Indonesia

Pernah mendengar istilah Gawai? Larik? Luring? Tetikus? Wah apalagi ini? Ada tikus segala? Hehehe...

Jangan kaget sahabat SMK yang budiman, istilah diatas adalah sebagian daftar padanan kata teknologi yang di bahasa Indonesiakan.

Istilah tersebut memang saat ini kurang di sosialisasikan dalam bentuk buku atau ulasan karena generasi milenial lebih senang mendengar istilah yang ke barat-baratan.

Tapi setidaknya kalian harus tau juga, penulisan istilah teknologi dalam bahasa Indonesia disarankan dipakai saat membuat makalah atau jurnal teknologi dalam bahasa Indonesia.

So, biar gak gagap, baca Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia ini lebih lanjut.

Gawai

Siapa yang belum tau padanan kata dari gawai? Wihh, banyak juga ya. Gawai adalah padanan kata dari Gadget, yaitu alat bantu berukuran kecil yang dapat dioperasikan secara mekanikal atau elektronik.
Pinset,gunting kuku,kalkulator,hape adalah contoh gawai

Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia yang mulai sering di gunakan
Gambar 1. Gawai dapat berupa alat kecil serba guna yang bisa kita bawa-bawa. tapi saat ini gawat merujuk pada Henpon


Nirkabel

Nirkabel merupakan padanan kata dari wireless, adalah istilah dalam komunikasi baik data atau suara menggunakan gelombang radio (Radio Frequency). Saat ini, istilah wireless banyak digunakan pada alat seperti komputer atau hape yang terhubung ke jaringan tanpa kabel.

Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia yang mulai sering di gunakan
Gambar 2. Nirkabel merujuk pada jaringan komputer tanpa kabel menggunakan teknologi wireless dan gelombang radio.


Luring

Luring merupakan padanan kata dari Offline, adalah istilah Luar jaringan yaitu kondisi dimana alat, gawai atau peralatan komputer yang tidak terhubung ke dalam jaringan.

Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia yang mulai sering di gunakan
Gambar 3. Luring adalah istilah dari offline.


Daring

Daring merupakan padanan kata dari Online, adalah istilah dalam jaringan yaitu kondisi dimana alat, gawai atau peralatan komputer yang terhubung ke jaringan.

Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia yang mulai sering di gunakan
Gambar 4. Dalam jaringan, kondisi alat atau komputer terhubung ke jaringan, dalam hal ini internet


Galat

Galat merupakan padanan kata dari Error, adalah istilah dalam teknologi informasi yaitu kondisi dimana alat, gawai atau peralatan komputer atau program komputer yang mengalami kegagalan proses.

Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia yang mulai sering di gunakan
Gambar 5. Galat adalah kondisi error baik oleh jaringan komputer, atau aplikasi komputer yang hang


Kandar kilas

Kandar kilas merupakan padanan kata dari Flashdisk, atau disebut juga diska lepas USB. Kandar kilas adalah alat penyimpanan data portabel yang mudah dibawa kemana-mana.

Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia yang mulai sering di gunakan
Gambar 6. Bingung kan kalo gak di jelasin apa itu kandar kilas. Flashdisk bro, itu bahasa Indonesianya mirip nama orang ya, Kandar...hehehe


Awakutu

Awakutu merupakan padanan kata dari Debug, adalah istilah pemrograman komputer yaitu kondisi atau metode mencari kesalahan dalam skrip program sehingga dapat bekerja sesuai harapan.

Pengawakutuan (debugging) sering dilakukan programmer untuk menganalisa aliran program dari kesalahan-kesalahan kecil yang dapat mempengaruhi hasil output program.

Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia yang mulai sering di gunakan
Gambar 7. Debug bagi seorang programmer adalah wajib, apalagi programmer pemula seperti saya. Istilah debug dalam bahasa Indonesia adalah awakutu, mencari kesalahan skrip didalam sebuah program


Waring Wera Wanua

Waring Wera Wanua merupakan padanan kata dari World Wide Web (www), adalah istilah teknologi informasi untuk pengenal global yang di sebut URL (unified resource locator) berupa nama domain dan peladen-peladen yang tersebar di dunia.

Waring Wera Wanua berasal dari bahasa Jawa kuno yaitu waring yang bermakna jala, wera yang bermakna luas, dan wanua menggambarkan daerah atau benua yang dihuni

Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia yang mulai sering di gunakan
Gambar 8. Baru tau kan kalo www itu bukan wasallammuaalaikum warohmatullahi wabarokatuh? tapi Waring wera wanua, yaitu istilah untuk www yang terkenal itu...



Oke sahabat yang budiman, Itu sekelumit Istilah-istilah teknologi dalam bahasa Indonesia yang mulai sering di gunakan.

Sebenarnya masih banyak banget istilah teknologi yang sudah di bahasa Indonesiakan. Tinggal gimana kita mau atau gak memakainya dalam tulisan atau ulasan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Sumber informasi tentang istilah teknologi dalam bahasa Indonesia dapat di akses pada link dibawah ini:

Jika kurang mengerti dan faham, ajukan pertanyaan dan komentar, InsyaAllaah dibalas...
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search