Cara install Python di Windows🖥️ menggunakan aplikasi IDLE editor pemrograman Python


Cara install Python di Windows menggunakan aplikasi IDLE - Python IDLE (Integrated Development and Learning Environment Python) adalah lingkungan pengembangan dan pembelajaran terintegrasi bahasa pemrograman Python.

Cara install Python IDLE di Windows 10 cukup mudah, karena IDLE terdiri dari teks editor pemrograman yang digunakan untuk memasukan kode-kode, dan sebuah intepreter yang dapat mengeksekusi (menjalankan) kode menjadi sebuah program.

Cara install Python di Windows


1. Apa itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan pendekatan sederhana dan mudah dipelajari. Aplikasi untuk membuat python di Windows disebut IDLE (Integrated Development and Learning Environment) untuk menjalankan instruksi bahasa python. Apakah ada editor lain yang dapat dipakai untuk membuat kode python selain IDLE? Ada, tapi itu pembahasan di lain artikel.

2. Apa saja Fitur-fitur IDLE Python?

2.1. Editor multi windows

Didalam IDLE terdapat editor multi windows yang memiliki fitur multiple undo, Python colorizing, smart indent, call tips, auto completion, dan masih banyak lagi.

2.2. Syntax highlight

Python shell window (interactive interpreter) dengan sintak hilite (colorizing of code input), yaitu fitur untuk membedakan warna pada teks kode agar programmer mudah dalam mengembangkan sebuah program. Tambahan lagi ada fitur output, dan error messages (pesan error)

2.3. Debugger

IDLE juga memiliki fitur debugger yang berguna untuk mencari kesalahan pemrograman. Setelah kita menulis kode dan menjadi sebuah program, kadang terjadi kesalahan-kesalahan kecil (bug/kutu) yang bikin pening. Dengan fitur debugger, kita dapat menulusuri ada dimana kutu/bug tersebut berada.

3. Cara menginstall Python versi 3 di Windows

3.1. Siapkan alat dan bahan

  1. Donwload Python IDLE dari tautan alat dan bahan diatas atau bisa juga unduh pada halaman https://www.python.org/downloads/
  2. Klik tombol Download Python 3.1x atau versi terakhir

3.2. Proses instalasi

  1. Open file setup python hasil download

  1. Jika muncul peringatan user account control, klik Run
  2. Klik Custom Installation
  3. Pada Optional Features, cek semua
  4. Klik Next

3.3. Finishing

  1. Wajib Ceklist semua pada advanced option, lalu klik Install
  2. Tunggu beberapa saat sampai selesai install

3.4. Menguji hasil instalasi Python

  1. Klik Close
  2. Klik start> klik Python 3.10 (64-bit)
  3. Jendela console Python. Coba ketik : print ("Hello world") >enter. Jika tidak ada error akan menampilkan teks Hello world

Jangan lupa, lakukan pengujian apakah proses instalasi berjalan lancar, atau justru banyak kendala. Buat laporannya, termasuk jika ada kendala atau konfigurasi tambahan khusus.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url