Download soal UKK instrumen verifikasi dan juknis tahun 2023


Download soal UKK instrumen verifikasi dan juknis tahun 2023 untuk semua kompetensi keahlian atau jurusan. Guys, informasi yang beredar pelaksanaan UKK akan segera dimulai lagi tahun 2023 ini. Seperti biasa informasi ini baru saja rilis dari Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan riset dan teknologi hari ini 19 Januari 2023.

Buat kalian,siswa siswi kelas 12 bapak harap sudah mulai mempersiapkan diri sedini mungkin. Sebagai gambaran bentuk Soal Praktik Kejuruan (SPK), dan Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) telah saya sertakan link unduhan (download) dibawah ini. Silahkan disesuaikan dengan kompetensi keahlian masing-masing

Untuk pilihan paket Soal Praktik Kejuruan (SPK) silahkan ditentukan oleh Kepala Kompetensi Keahlian dengan menimbang kelengkapan alat,bahan dan prasarana yang tersedia pada masing-masing Kompetensi Keahlian.

Download Soal UKK, Instrumen Verifikasi dan Pedoman penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian tahun 2023

Pada tahun 2023 ini, Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan riset dan teknologi merilis paket soal UKK tahun pelajaran 2023 beserta Pedoman (Juknis) Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian, Intrumen Verifikasi dan Soal Praktik Kejuruan.

1. Mekanisme Uji Kompetensi Keahlian tahun 2023

Ada beberapa mekanisme pelaksanaan kegiatan Uji Kompetensi Keahlian SMK yang seperti kami simpulkan berikut:

  1. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada tempat Uji kompetensi (TUK) yang telah disepakati oleh mitra Dudika atau Asosiasi Profesi, yang tentunya sudah diakui
  2. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada tempat Uji kompetensi (TUK) pada lembaga pendidikan dan pelatihan (LSP) yang telah mendapatkan sertifikasi yang diberikan terhadap BNSP.
  3. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada tempat Uji kompetensi (TUK) yang diselenggarakan oleh LSP dibawah naungan mitra Dudika yang telah melaksanan program kompentensi dan pemasok sumber daya manusia di jejaring kerjanya
  4. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada tempat Uji kompetensi (TUK) yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Ketrampilan (LSK) yang didirikan oleh Aosiasi Profesi, Industri
  5. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada tempat Uji kompetensi (TUK) yang dikeluarkan langsung oleh BNSP
  6. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada tempat Uji kompetensi (TUK) yang dilakukan secara Mandiri bagi SMK yang telah terakreditas untuk menyelenggarakan instrumen UKK yang tetap melibatkan mitra DUDIKA
  7. Uji Kompetensi Keahlian yang selanjutnya disebut UKK adalah asesmen terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI dilaksanakan oleh satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia kerja di akhir masa studi atau Lembaga Sertifikasi Profesi dengan memperhatikan paspor keterampilan (skill passport) dan/atau portofolio untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada standar kompetensi atau kualifikasi tertentu.
  8. Panitia UKK Tingkat Satuan Pendidikan adalah sekelompok tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang ditugaskan sebagai penyelenggara maupun pengadministrasi kegiatan UKK.
  9. Tempat Uji Kompetensi yang selanjutnya disingkat TUK adalah tempat kerja dan/atau lembaga yang dapat memberikan fasilitas pelaksanaan uji kompetensi.
  10. Asesor atau penguji adalah seseorang yang memiliki kewenangan dan memenuhi persyaratan untuk melakukan dan/atau menilai hasil capaian kompetensi peserta UKK.
  11. Skema Sertifikasi adalah paket kompetensi dan persyaratan spesifik yang berkaitan dengan kategori jabatan (okupasi) atau keterampilan tertentu dari seseorang.
  12. Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, yang selanjutnya disingkat SKKNI adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  13. Sertifikasi Kompetensi Kerja adalah proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi sesuai SKKNI, standar internasional, dan/atau standar khusus.
  14. Sertifikat Kompetensi adalah bukti pengakuan tertulis atas capaian kompetensi pada kualifikasi tertentu yang diberikan oleh satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia kerja atau lembaga sertifikasi yang berwenang sesuai peraturan perundangan.
  15. Peserta UKK merupakan peserta didik SMK aktif yang telah menuntaskan materi pembelajaran yang akan diujikan.
  16. UKK menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam 1 (satu) rangkaian pelaksanaan asesmen.

2. Jadwal Uji Kompetensi Keahlian tahun 2023

Rentang waktu pelaksanaan Ujian kompentesi keahlian ini mulai dari bulan Februari sampai April atau sampai dengan masa akhir pembelajaran pada semester kedua untuk siswa kelas 12 Sekolah Menengah Kejuruan.

3. Perangkat Uji Kompetensi Keahlian tahun 2023

Perangkat yang harus dipenuhi dalam melaksanakan Ujian kompetensi Keahlian ini antara lain adalah

3.1. Soal Praktek Kejuruan

Instrumen ini berbentuk soal praktik atau penugasan untuk mengerjakan suatu hal sebagai salah satu standar dari pemerintah dimana akan menguji aspek ketrampilan sehingga akan menghasilkan suatu produk ataupun jasa. Untuk tim penguji biasanya akan mengujinya berdasarkan pada indikator yang tercantum dalam lembar pedoman penilaian soal praktik.

3.2. Pedoman Penilaian Soal Praktek UKK

Lembaran pedoman penilaian soal praktik ini terdiri dari beberapa aspek yaitu aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang memuat beberapa komponen dan sub komponen, di samping itu juga ada rubrik penilaian yang berisikan tentang hasil unjuk kerja, sikap kerja dan komponen indikator lainnya.

3.3. Instrumen Verifikasi SMK Penyelenggara UKK

Selain itu SMK yang akan menyelenggarakan UKK Mandiri ini mereka harus diverifikasi instrumennya dari beberapa standar, seperti standar persyaratan peralatan, kelayakan tempat ruang, standard penguji internal maupun eksternal dari luar sekolah dan masih banyak lagi.

4. Download soal,instrumen verifikasi dan pedoman Uji Kompetensi Keahlian tahun 2023

Silahkan download soal UKK, instrumen verifikasi dan Pedoman/juknis Uji Kompetensi Keahlian tahun 2023 melalui link dibawah ini.Bagi yang belum mengenal atau mengetahui apa itu Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK atau Ukom di SMK bisa melihat penjelasanya dibawah, tetapi bagi yang sudah mengetahui dan hanya ingin mempelajari soal UKK tahun 2023 atau Ukom di SMK dapat langsung melihat kumpulan soal UKK 2023 Paket 1, Paket 2, Paket 3, dan Paket 4 dibawah tulisan ini.

  1. Soal UKK, Lembar Penilaian, dan Instrumen Verifikasi semua Kompetensi Keahlian Download
  2. Panduan Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian tahun 2023 Download
Demikian informasi tentang soal UKK tahun 2023. Semoga dapat membantu kalian dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Kompetensi Keahlian TKJ tahun ini. Untuk pembahasan soal UKK TKJ tahun 2023, mungkin akan saya rilis minggu depan. See ya!

Next Post Previous Post
4 Comments
  • SMK BICEN
    SMK BICEN Januari 26, 2023 2:04 PM

    bapak untuk instrumen verifikasi jurusan otkp belum ada yaa

    • Rudy Setiawan
      Rudy Setiawan Januari 27, 2023 4:22 PM

      Sepertinya belum pak, soalnya google drive yang saya share itu milik kementrian, silahkan di pantengin terus pak..

  • Anonim
    Anonim Januari 30, 2023 11:32 AM

    Terimakasih pak

    • Rudy Setiawan
      Rudy Setiawan Februari 10, 2023 7:08 PM

      sama-sama kak

Add Comment
comment url