Alur logika pemrograman komputer #1

  1. 1. Pengertian Logika pemrograman
  2. 2. Pengertian Logika berdasarkan Ahli
  3. 3. Hubungan antara logika dan algoritma
  4. 4. Contoh permasalahan logika dan penyelesaiannya dalam algoritma

Alur logika pemrograman komputer adalah ilmu yang mempelajari cara menyelesaikan masalah atau persoalan menggunakan komputer secara terstruktur. Jadi kita akan belajar cara menyelesaikan masalah dengan berfikir seperti komputer. Halo siswa-siswi SMK yang budiman, pada postingan kali ini saya akan membahas materi menerapkan atau membuat Alur logika pemrograman komputer.

Setelah mempelajari materi cara berfikir ala komputer ini (alur logika pemrograman komputer), kalian lanjutkan mempelajari algoritma pemrograman komputer

Komputer bekerja secara sistematis, oleh sebab itu programmer juga perlu melakukan langkah-langkah penyelesaian dalam cara yang sistematis, masuk di akal, dan efisien dan memiliki alur yang jelas layaknya komputer bekerja.

Alur logika pemrograman komputer

1. Pengertian Logika pemrograman

Logika pemrograman adalah cara berfikir yang sistematis, masuk di akal, dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Logika harus mempunyai awal dan akhir, serta harus berhenti setelah mengerjakan serangkaian tugas. Setiap langkah harus didefinisikan secara tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (not ambiguous)

Pengertian Logika lainnya - Logika adalah istilah yang dibentuk dari kata logikos yang berasal dari kata benda logos. Kata logos, berarti sesuatu yang diutarakan, suatu pertimbangan akal (pikiran), kata, percakapan, atau ungkapan lewat bahasa. Kata logikos, berarti mengenal kata, mengenai percakapan atau yang berkenaan dengan ungkapan lewat bahasa.

2. Pengertian Logika berdasarkan Ahli

2.1. Jan Hendrik Rapar

2.2. W. Poespoprodjo, Ek. T. Gilarso

2.3. Soekadijo

2.4. Surajiyo, Sugeng Astanto dan Sri Andiani

3. Hubungan antara logika dan algoritma

Hubungan antara logika dan algoritma adalah cara kalian berfikir dalam menyelesaikan masalah lalu membuat langkah untuk melakukan penyelesaian masalah tersebut secara sistematis dan sesuai dengan cara kerja komputer.

Syarat utama agar algoritma berjalan adalah, algoritma haruslah bernilai benar. Artinya saat membuat algoritma anda harus berfikir logis dan kebenarannya dapat ditentukan.

Benar disini bukan berarti harus jawaban benar, tapi memberikan nilai output yang sesuai logika (masuk akan). Apa yang terjadi jika output algoritmanya aja gak benar? Ya ancur...

Gini contoh output logika dan algoritma harus benar...(kita tidak bicara nilai benar atau salah, tapi logikanya)

Contoh penulisan algoritma sesuai dengan logika dalam kehidupan sehari-hari: menentukan antara bilangan genap dan ganjil...ingat, logikanya harus benar


Gampang 'kan? Perhatikan list nomor 5 dan 6, outputnya selalu benar 'kan?

4. Contoh permasalahan logika dan penyelesaiannya dalam algoritma



4.1. Jawaban soal menukar isi gelas kopi ke gelas teh

Kita akan menggunakan logika lalu kita tulis algoritmanya dalam kalimat deskriptif dan strukturnya adalah Runtutan (sequence). Cara penulisan algoritma:


Pak, saya belum faham tentang cara membuat alur logika menggunakan algoritma kalimat deskriptip. Ada penjelasannya pak?

Tentu ada, cek artikel cara membuat alur logika pemrograman menggunakan algoritma kalimat deskriptif, Pseudo-code dan Flowchart

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url