Membuat bootable flashdisk Windows 10 dengan rufus


Cara membuat bootable flashdisk Windows 10 dengan Rufus - Pak, bagaimana cara menginstall windows di laptop atau notebook yang gak ada CD/DVDromnya? Hmm...Cara menginstall sistem operasi Windows atau sistem operasi lainya dimana laptop tidak memiliki media CDRom sebenernya ada beberapa cara. Salah satunya menggunakan media Flashdisk atau kandar kilas. Gimana caranya? Simak aja.

Cara membuat flashdisk bootable Windows 10 dengan rufus


1. Apa itu rufus?

Rufus adalah alat atau aplikasi yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash seperti flashdisk, kartu memori dan lain-lain menjadi bootable (dapat di boot saat komputer pertama dihidupkan)

Rufus sangat berguna bagi kasus dimana:

  1. Anda perlu membuat media instalasi USB dari ISO bootable (Windows, Linux, UEFI, dll.)
  2. Anda perlu bekerja pada sistem yang tidak memiliki OS yang terinstal
  3. Anda perlu melakukan flash BIOS atau firmware lain dari DOS
  4. Anda ingin menjalankan utilitas tingkat-rendah

Aplikasi rufus dapat di download melalui halaman resmi mereka atau langsung saja download versi terakhirnya disini.

2. Langkah membuat bootable windows 10 dengan rufus

Untuk membuat media instalasi USB bootable flashdisk menggunakan rufus, pastikan kita sudah memiliki ISO bootable (dalam hal ini ISO Windows 10). Silahkan download dulu atau minta kepada bapak guru file ISO tersebut.

Adapun langkah Membuat USB Bootable Media Instalasi menggunakan Flashdisk dan Rufus sebagai berikut

2.1. Persiapan alat dan bahan

  1. Download terlebih dahulu ISO Windows 10. Link bisa anda buka melalui alat dan bahan
  2. Download dan install aplikasi rufus versi 3.17 (terbaru). Link bisa anda buka melalui alat dan bahan
  3. Pastikan ISO windows 10 sudah tersimpan di Hardisk

2.2. Masukan Flashdisk ke Port USB Komputer

  1. Colokan Flashdisk kosong minimal 8 Gb di USB port komputer. Pastikan kosong karena Flashdisk akan dihapus datanya (format)
  2. Buka aplikasi rufus yang telah diinstall. Gunakan Start Window -> Ketik Rufus. Bisa juga dari icon desktop. Pilih metode yang paling cepat aja

  1. Pastikan Flashdisk terdeteksi pada box Device
  2. Jika tidak terdeteksi, silahkan Anda klik ikon tanda panah show advanced drive properties, akan muncul beberapa opsi tambahan dibawahnya. Centang opsi ‘List USB Hard Drives’. Pastikan ada Flashdisk terdaftar. Jika masih tidak ada, berarti Flashdisk tidak terdeteksi. Ganti dengan yang baru

2.3. Memilih image Windows 10

  1. Klik tombol SELECT,
  2. masuk ke folder Hardisk dimana file ISO Windows 10 disimpan.
  3. Pada materi ini saya gunakan file ISO Windows 10, pilih file kemudian klik Open

2.4. Mengatur Partition Scheme

  1. Pada pangaturan Boot Selection secara otomatis Rufus akan menampilkan versi Sistem Operasi yang sudah Anda tambahkan tadi
  2. Khusus bagian Partition scheme, ada 2 pilihan metode: GPT dan MBR. Pilih GPT jika laptop yang akan diinstall keluaran terbaru diatas tahun 2019 (Intel generasi 6).
  3. Silahkan Pilih MBR jika Laptop termasuk tua keluaran dibawah tahun 2010. Saya memilih GPT dan di bagian Target system menjadi UEFI-non CSM karena laptop saya termasuk baru.

2.5. Konfigurasi Format Partisi

  1. Bagian Format Option, silahkan beri nama Volume Label sesuai selera
  2. Kemudian atur File system ke NTFS selanjutnya Show advanced format options lalu centang Quick Format dan create extended label and icon files seperti gambar di bawah ini.

  1. Sebelum mengklik tombol start, disarankan untuk mem-backup terlebih dahulu data yang ada pada flashdisk (kalau ada datanya). Jika sudah sekarang Klik tombol Start untuk memulai proses pembuatan bootable menggunakan flashdisk
  2. Akan muncul jendela peringatan yang mengatakan bahwa seluruh file di dalam flashdisk kita akan terhapus. Jika sudah melakukan backup Anda bisa langsung Klik OK untuk melanjutkan.

  1. Tunggu proses pembuatan bootable yang mungkin memakan waktu 10 sampai 15 menit. Tergantung besar file ISO windows dan kecepatan flashdisk yang kita gunakan. Saran colokan Flashdisk di port USB 3.0 agar prosesnya lebih cepat
  2. Langkah terakhir, akan muncul status berwarna hijau pada bar proses disertai tulisan Ready. Ini menandakan bahwa proses membuat bootable flashdisk sudah selesai. Silahkan tekan tombol close dan flashdisk siap digunakan, jangan lupa juga eject flashdisk dengan aman.


Setelah proses pembuatan flashdisk USB bootable Windows 10 selesai, maka Anda sudah bisa menggunakannya flashdisk tersebut untuk melakukan instal ulang Windows 10 atau instalasi fresh Windows 10.

Caranya, Restart PC/ laptop lalu masuk ke menu setting BIOS (tekan tombol DEL keyboard selama proses BOOT, atau merk PC lain tekan F2) dan atur booting BIOS pada PC/laptop Anda menjadi first booting device priority ke flashdisk.

Demikian cara menggunakan aplikasi Rufus untuk membuat flashdisk menjadi USB bootable. Cara yang sama juga bisa Anda aplikasikan untuk membuat USB bootable Sistem operasi Linux dan Mac OS. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url