Pengertian Domain dan Ektensi Domain


Apa itu Domain dan Ektensi Domain? - Pak, apa itu domain dan ekstensi domain ? Hmm, pertanyaan yang bagus. Sebelum menjawab pertanyaan anda, mari kita baca dulu materi tentang Domain dan ekstensi domain dari pengertian, fungsi dan manfaatnya.

Domain adalah sistem penamaan pada sebuah host, dalam hal ini sebuah komputer server yang menyimpan data-data dengan tujuan agar mudah ditemukan pada sebuah jaringan komputer yang majemuk.

Nah, mulai kebayang ya maksud dan tujuan dari penamaan domain? Sekarang kalian akan belajar memahami apa itu Domain dan Ekstensi domain? Kita akan bahas satu-satu ya...

Apa itu Domain dan Ektensi Domain?


1. Pengertian domain

Pengertian domain menurut Wiki yaitu nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama komputer seperti web server atau email server yang berada di jaringan komputer ataupun internet. Domain adalah sebuah nama. Ya, nama domain adalah sebuah nama unik yang merupakan alamat dari suatu website. Domain dapat terdiri dari berbagai macam ekstensi domain seperti .com, .id, .co.id , .net dan lain-lain.

2. Pengertian URL

Uniform Resource Locator atau URL adalah alamat web yang mengarah ke website, halaman web, atau dokumen tertentu di internet. Alamat ini memungkinkan Anda mengakses informasi dari komputer atau lokasi online, seperti web server atau penyimpanan cloud.

3. Cara kerja domain

Nama domain disimpan dalam sebuah komputer bernama DNS (domain name system) server dimana berisi sebuah alamat IP komputer server dalam bentuk nama unik yang mudah dipahami. DNS menyimpan alamat IP seperti sebuah HP menyimpan nomor HP ke dalam nama-nama kontak. Ketika kita akan menelepon seseorang, cukup memanggil nama kontak yang sudah berisi nomor HP sehingga lebih mudah dihapal.

Lalu jika belum terdaftar dalam daftar kontak gimana?

Ya terpaksa kalian harus hapal nomor HPnya, atau kalau dalam dunia komputer dan jaringan harus tahu alamat IP-nya, seperti hello, my name is 66.123.244.122 hehehe.

4. Fungsi domain

Fungsi domain adalah sebagai identitas sebuah komputer server yang berisi data web, dalam hal ini sebuah website serta mempermudah pencarian alamat komputer server dalam jaringan dengan cukup mengetahui nama domainnya saja.

5. Pengertian Ekstensi domain

Ekstensi domain adalah akhiran (suffix) dari nama Domain atau URL (Uniform Resource Locator) suatu website. Banyak jenis-jenis ektensi domain yang dapat kalian pilih, salah satunya ektensi domain yang paling terkenal yaitu .com .

Lalu bagaimana penjelasan tentang ektensi domain ini, berapa harga ektensi domain? Mari kita lanjut...

Nama domain dan ektensi domain dapat kita beli atau sewa diperusahaan layanan jasa hosting dan domain yang banyak di Indonesia. Silahkan eksplore dibeberapa perusahaan ini yang menawarkan domain murah, diantaranya:

  1. Niagahoster
  2. Exabytes
  3. Jagoan hosting
  4. Domainesia

Saat anda akan membeli nama domain, kalian dihadapkan pada pilihan Ekstensi domain yang dapat dipilih sesuai harga dan jenis-jenis ektensinya.

5.1. Top Level Domain (TLD)

Ekstensi domain generic Top Level Domain (gTLD) adalah ektensi domain yang umum untuk dipakai sebagai akhiran dari nama domain yang kalian pilih. Ini daftar nama ektensi domain yang paling terkenal.

  1. .com : digunakan untuk keperluan nama domain bersifat komersial dan umum. Contoh: www.facebook.com. Harga ektensi .com kisaran Rp.125.000/tahun
  2. .org : digunakan untuk keperluan nama domain bersifat organisasi
  3. .net : digunakan untuk keperluan nama domain bersifat usaha jasa internet/ network
  4. .edu : digunakan untuk nama domain bersifat pendidikan / sekolah umum
  5. .info : digunakan untuk keperluan nama domain bersifat kegiatan informasi
  6. .gov : digunakan untuk nama domain yang bergerak dibidang pemerintahan
  7. .mil : digunakan untuk nama domain dibidang militer

5.2. Country code Top Level Domain (ccTLD) - Ekstensi domain negara

Ektensi domain ccTLD merupakan TLD yang didasarkan pada kode negara. Ada banyak negara, yang saya daftar disini adalah yang paling terkenal saja ya...

Beberapa contoh ccTLD yang umum kalian jumpai saat melakukan browsing di internet...

  1. .id : digunakan untuk keperluan nama domain di Indonesia. Contoh: pandi.id. Harga .id sekitar Rp.200.000/tahun
  2. .us : digunakan untuk keperluan nama domain di Amerika (United State)
  3. .au : digunakan untuk keperluan nama domain Australia
  4. .sg : digunakan untuk nama domain di Singapura
  5. .de : digunakan untuk keperluan nama domain Jerman (Deutch)

5.3. Top Level Domain (TLD) Indonesia

Selain terdapat domain TLD, kalian juga bisa menggunakan Top Level Domain Indonesia. Negara Indonesia mengelola semua ekstensi domain .id dibawah organisasi bernama PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Semua ekstensi domain yang dikelola PANDI ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Kalian perlu memenuhi persyaratan tertentu sebelum memiliki beberapa ekstensi domain ini seperti KTP, surat ijin usaha dan sebagainya.

Beberapa contoh TLD Indonesia yang umum kalian jumpai saat melakukan browsing di internet...

  1. co.id : digunakan untuk keperluan nama domain di Indonesia bersifat umum dan komersial. Contoh:niagahoster.co.id. Harga ektensi .co.id kisaran Rp. 275.000/tahun
  2. .ac.id : digunakan untuk keperluan nama domain di Indonesia bidang academy (perguruan tinggi)
  3. .or.id : digunakan untuk keperluan nama domain Indonesia khusus organisasi
  4. .sch.id : digunakan untuk nama domain di Indonesia khusus school (sekolah-sekolah)
  5. .go.id : digunakan untuk keperluan nama domain Indonesia bidang government (pemerintahan)

6. Cara Memilih nama domain dan ekstensi domain

Jadi, gimana pak cara memilih nama domain yang sesuai? Sebelum memilih nama domain, coba pertimbangkan hal-hal berikut ini,

6.1. Nama Branding (merk) web yang akan dibangun

Nama domain cukup penting dipikirkan karena ini menyangkut nama branding agar mudah dicari dan dikenal masyarakat luas. Branding adalah ciri khas konten web yang akan ditampilkan. Contoh, kamu mau jualan baju murah di Lampung, maka tentukan nama domain yang mudah diingat seperti jualbajumurahlampung.com

6.2. Buat nama domain sependek mungkin

Jangan menggunakan nama domain yang susah diingat! Pastikan memilih nama domain yang sesuai dengan branding dan tujuan pembuatan website. Sebagai contoh, ingin membuat website untuk perusahaan atau toko online yang ingin kamu buat. Kamu bisa gunakan jualbajumurah.com, bajumurahlampung.com dan lain-lain

6.3. Tentukan ektensi domain sesuai tujuan

Walaupun kamu bebas memilih ekstensi domain, namun ada beberapa website yang diwajibkan menggunakan ekstensi tertentu. Misalnya website sekolah harus menggunakan .sch.id. Website instansi pemerintah harus menggunakan .go.id.

Untuk web-web yang bertujuan umum dan komersial, dapat menggunakan ektensi domain .com atau .co.id (jika target pasarnya di Indonesia saja).

6.4. Harga domain

Karena domain digunakan sebagai branding suatu perusahaan, usaha, atau kegiatan tertentu, maka cek harga domain sewaktu order dan perpanjang domain.

Jika sedang promo diskon, biasanya harga domain menjadi lebih murah. Jangan sampai kaget kalau misal harganya berbeda. Biasanya penyedia domain dan hosting terbaik akan memberikan harga order dan perpanjang secara transparan.

6.5. Riset kata kunci domain

Nama domain menjadi faktor penting ketika branding dikenal oleh google. Kita mencari baju murah di Lampung melalui google, yang diharapkan adalah web kita muncul di nomor 1 pencarian.

Oleh sebab itu, riset kata kunci domain juga penting, kata kata apa saja yang paling banyak dicari orang saat mencari baju murah, sehingga kita dapat membranding nama domain menjadi mudah ditemukan di google

Nah bagaimana? Sudah tahu apa itu ekstensi domain kan? Ekstensi domain adalah kata yang berada di sebelah kanan dari nama domain. Biasanya berbentuk .COM, .NET, .ID dan sebagainya. Sampai jumpa lagi di materi berikutnya.

6. Dimana beli domain murah?

Kalau mau beli domain murah, silahkan klik link berikut Niagahoster kemudian gunakan kode promo: gurukomputer untuk mendapat potongan 5%. Mayan 'kan?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url