Sewa hosting murah gratis domain, dimana?


Sewa / beli Hosting murah- Kemarin, bapak denger kalian setelah mempelajari materi share hosting server dan pengertian domain dan ektensi domain mau lanjut beli share hosting ya? Bagus, tapi saya koreksi dikit ya, bukan beli sih, lebih tepatnya sewa hosting dan domain.

Oke kalau gitu, kita lanjut belajar bagaimana cara beli hosting dan domain murah melalui perusahaan penyedia jasa hosting dan domain. Nah kebetulan yang akan kita gunakan adalah perusahaan yang bernama Niagahoster.

Kita akan bahas satu-satu ya...

Memahami Hosting, Share hosting, Cloud hosting dan cara sewa hosting gratis domain dari Niagahoster


1. Apa itu hosting dan server?

Hosting atau web hosting adalah sebuah komputer (server) yang memberi tempat untuk menyimpan file dan data website sehingga dapat diakses oleh publik melalui internet. File dan data website tersebut bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi, dan database.
 
Tanpa adanya hosting, tentu saja kalian gak bisa membuat website. Itulah kenapa, kalian perlu menyewa hosting terlebih dulu untuk membuat website. 

2. Jenis-jenis hosting

Perusahaan jasa sewa domain dan hosting murah di Indonesia sangat banyak. Mereka rajin loh menawarkan berbagai macam promo seperti hosting murah gratis domain yang menarik. Hal tersebut tentu menguntungkan konsumen, sehingga alternatif perusahaan hosting dan domain jadi beragam

Lalu saya harus pilih hosting yang mana pak? Hmm, lanjut deh bacanya...

2.1. Share hosting

Shared hosting merupakan jenis layanan hosting yang sifatnya paling dasar, di mana sebuah account hosting diletakan bersama dengan beberapa account hosting lainnya dalam satu cloud server yang sama. Share hosting umumnya dipakai sebagai awal permulaan untuk belajar menyewa hosting diperusahaan jasa layanan hosting

Keuntungan Share hosting adalah:

  1. Harga lebih murah
  2. Maintenance lebih mudah
  3. Mudah digunakan
  4. Cocok untuk Blog dan web pemula
  5. Mendapat Akses ke Control Panel

2.2. Cloud hosting

Cloud hosting adalah jenis web hosting yang menggunakan resource dari beberapa server (banyak server sekaligus) untuk menyeimbangkan beban (load), mempercepat performa, dan memaksimalkan uptime dari sebuah website.

Cloud hosting menggunakan server virtual untuk menghosting website. Sementara itu, layanan hosting tradisional biasanya menghosting satu atau beberapa website pada satu server fisik. Jadi, cloud hosting umumnya lebih cepat daripada shared hosting.

2.3. Dedicated hosting

Secara sederhana, dedicated hosting adalah layanan hosting di mana sebuah cloud server hanya digunakan oleh satu akun hosting dan tidak dibagikan dengan siapapun ( dedicated).

Artinya, kamu tidak perlu berbagi resource dengan pengguna lain layaknya ketika menggunakan layanan shared hosting.

Dengan layanan dedicated hosting, kamu tidak perlu khawatir adanya peningkatan trafficataupun workload, karena resource yang diberikan jauh lebih besar dan dedicated.

Karena sifatnya dedicated pula, kamu bisa mengoptimalkan server yang digunakan sesuai dengan kebutuhan website kamu

2.4. Virtual Private Server

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server, yaitu salah satu layanan web hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi dan menyediakan resource khusus (pribadi) di server meskipun digunakan oleh lebih dari satu user.

2.5. Unlimited hosting

Hosting unlimited adalah layanan hosting di mana tidak terdapat batasan pada penggunaan diskspace hosting tersebut. tetapi, pembatasan dilakukan dengan sistem inodes. Apa yang dimaksud dengan sistem inodes?

Inodes sendiri merupakan struktur data yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang file di hosting. Mudahnya inodes adalah banyaknya file dan folder dalam hosting.

Misalkan Anda memiliki 15 files dan 10 folder, maka Anda telah menggunakan 25 inodes. Pada umumnya hosting provider memberikan batasan inodes sebesar 100.000 sampai dengan 750.000.

3. Layanan hosting yang cocok untuk pemula

Untuk pemula yang mau sewa hosting, ada baiknya baca beberapa pertimbangan berikut ini agar tidak terlalu salah pilih layanan

Nah, berikut ini beberapa tips memilih hosting yang mudah bagi pemula yang telah kami rangkum dan terbukti efektif dalam membantu menyesuaikan kebutuhan website pengguna:

  • Pastikan untuk mempertimbangkan sumber daya yang tersedia di Hosting seperti CPU, RAM, ruang disk SSD, dan sebagainya. Jangan kaget tiba-tiba karena websitenya error karena resource limit.
  • Hindari memilih Hosting dengan kapasitas 48 GB namun hanya digunakan untuk website pribadi. Jangan sampai salah memilih Hosting dengan kapasitas sedikit aplaagi untuk website toko online.
  • Pastikan Anda memilih hosting dengan fitur keamanan dan dukungan yang baik. Pastikan itu datang dengan antivirus, antimalware, dan cadangan reguler. Jika memungkinkan, pilih layanan hosting yang mendukung CloudFlare, dan juga yang lainnya.
  • Kami tidak ingin Anda tertipu oleh penyedia layanan hosting dan domain. Pastikan Anda mengetahui spesifikasi hosting yang ingin Anda beli.
  • Saat ini penyedia layanan web hosting berlomba-lomba memberikan yang terbaik kepada penggunanya. Keamanan jenis layanan hosting harus menjamin keamanan situs oleh penyedia hosting tersebut.

4. Daftar Perusahaan jasa sewa hosting dan domain murah di Indonesia

Perusahaan jasa sewa domain dan hosting murah di Indonesia sangat banyak. Mereka rajin loh menawarkan berbagai macam promo seperti hosting murah gratis domain yang menarik. Hal tersebut tentu menguntungkan konsumen, sehingga alternatif perusahaan hosting dan domain jadi beragam

Namun, sebelum tergiur dengan promo-promo yang begitu gencar, ada baiknya kalian selalu membaca review dari pelanggan-pelanggan lainnya agar pilihan bisa dijatuhkan pada perusahaan hosting dan domain yang mampu diandalkan. Jangan sampai terjadi, tergiur promo murah, namun layanan purna jualnya kurang memuaskan.

Dibawah adalah daftar Perusahaan penyedia jasa beli domain dan hosting murah di Indonesia yang paling terkenal, handal dan tentu murah ya ges...

  1. Niagahoster
  2. Exabytes
  3. Jagoan hosting
  4. Domainesia
Pilihan untuk praktek beli share hosting murah kali ini jatuh kepada perusahaan Niagahoster. Kenapa? Alasan pertama, karena web sekolah kita juga menggunakan jasa hosting dan domain dari Niagahoster, dan selama ini gak masalah toh?, hehehe. Yang kedua, biaya sewa hosting dan domain selama setahun termasuk paling murah diantara kompetitornya.

5. Cara beli hosting murah gratis domain di Niagahoster

Pada materi kali ini, saya mengajak anda untuk mengetahui cara membeli hosting murah, terus dapat domain gratis. Promo ini dipersembahkan oleh Niagahoster, salah satu perusahaan penyedia jasa layanan hosting dan domain murah di Indonesia. Kunjungi web mereka melalui link Niagahoster ini

5.1. Gunakan kode promo: gurukomputer

Jika anda menggunakan link yang saya berikan tadi, gunakan kode promo gurukomputer untuk mendapat tambahan diskon 5%. Lumayan 'kan ada diskon tambahan?

Langsung saja ya ges, cara membeli hosting murah dan gratis domain di Niagahoster adalah sebagai berikut:

5.2. Buka alamat web Niagahoster

Ada 3 paket share hosting yang menyediakan domain gratis, paket pelajar, personal dan bisnis. Pada materi kali ini, saya akan ambil paket pelajar. Secara prinsip, cara membeli share hosting di Niagahoster semua paket sama saja.

  1. Klik pilih paket Pelajar


5.3. Order paket hosting gratis domain

  1. Pilih durasi hosting yang akan disewa, saya pilih 1 tahun
  2. Kemudian saya membuat nama domain sesuai tujuan yaitu ingin menjadi food blogger. Saya memilih ektensi domain .com karena lebih umum dan mudah diingat
  3. Lalu klik cek domain apakah nama yang barusan saya ketik sudah ada yang punya atau belum


5.4. Mengecek nama domain

  1. Ketika anda mengklik tombol cek domain, maka halaman popup akan muncul menginformasikan ketersediaan nama domain yang anda pilih. Jika tidak tersedia (nama domain sudah ada yang punya), lakukan penggantian nama domain lagi sampai tersedia
  2. Setelah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah tambahkan ke cart. Tenang aja, harganya sudah jadi 0 karena gratis


5.5. Totalan order hosting dan domain

  1. Review totalan harga beli hosting dan domain di Niagahoster paket pelajar. Jika telah sesuai, silahkan klik tombol lanjutkan.


5.6. Pilih metode pembayaran

  1. Metode pembayaran di niagahoster cukup variatif. Saya memilih metode pembayaran menggunakan shopee pay karena cepat dan mudah
  2. Kemudian lakukan pendaftaran akun untuk melakukan checkout. Lakukan scroll ke bawah


5.7. Pendaftaran akun niagahoster

  1. Saya memilih mendaftar menggunakan akun facebook karena cepat dan mudah. Kemudian secara otomatis anda dibawah ke halaman checkout. Pastikan metode pemabayaran di sudah benar, lalu klik tombol checkout


5.8. Checkout

Maaf, ternyata checkout secara otomatis dibuatkan ke BCA akun oleh niagahoster. Catat kode pembayaran agar tidak salah. Gapapa, nanti akan ada halaman konfirmasi bagaimana cara anda melakukan transfer pembayaran. Setelah dibayar, lakukan konfirmasi. Tapi biasanya oleh niagahoster langsung diaktifkan ketika diketahui pembayaran telah lunas.



6. Setelah beli hosting dan domain, selanjutnya gimana?

Langkah selanjutnya adalah login ke member area niagahoster. Nanti anda akan mendapat dashboard untuk mengelola Control Panel hosting dan domain, serta berbagai informasi penting lainnya terkait akun anda. Kita akan bahas diartikel selanjutnya...

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url