Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis breadboard. Ada 3 aplikasi Freeware simulator breadboard yang bisa kamu download gratis!


Apa itu Breadboard? - Breadboard adalah papan rangkaian yang digunakan untuk membuat percobaan rangkaian elektronika untuk prototype (simulasi), sebelum rangkaian tersebut dicetak pada papan rangkaian tercetak (PCB). Nama lain dari breadboard adalah protoboard

Breadboard atau Protoboard


Pengertian Breadboard

Pengertian Breadboard adalah papan rangkaian yang digunakan sementara hanya untuk membuat percobaan (prototype) rangkaian elektronika, sebelum rangkaian tersebut dicetak pada papan rangkaian tercetak (PCB).Breadboard ada yang menyebut project board dan ada juga protoboard semuanya sama saja kok.

Breadboard banyak dipakai sebagai papan rangkaian elektronika yang mendukung proyek mikrokendali seperti Arduino. Menggunakan standar pin yang sama, maka titik tancap breadboard sangat presisi dipakai untuk membenamkan rangkaian Arduino dan peripheralnya.

Fungsi breadboard

Fungsi utama breadboard adalah:

  1. Sebagai tempat ujicoba rangkaian elektronika tanpa perlu menyolder
  2. Sebagai media pengganti papan PCB (printed circuit board)

Jenis-jenis breadboard

Ada beberapa jenis breadboard berdasarkan ukuran yang dijual dipasar. Pemilihan jenis breadboard terpengaruh oleh besar kecilnya projek yang akan dikerjakan. Ada 3 ukuran breadboard yang ada dipasar Indonesia

  1. Breadboard mini (170 titik tancap)
  2. Breadboard Medium (400 titik tancap)
  3. Breadboard Large (830 titik tancap)


Cara kerja breadboard

Bagaimana cara kerja breadboard? Sebenarnya breadboard bekerja menghubungkan beberapa komponen elekrtonika seperti resistor melalui titik tancap yang ada diatas breadboard

Didalam Titik tancap ini ada plat besi yang terhubung dengan dalam posisi tertentu pada breadboard. Perhatikan gambar dibawah.



Penjelasan cara kerja breadboard sebagai berikut:

  1. Jalur titik tancap breadboard merah dan biru memanjang sepanjang breadboard
  2. Jalur titik tancap breadboard merah umumnya dipakai untuk jalur tegangan DC + (plus)
  3. Jalur titik tancap breadboard biru umumnya dipakai untuk jalur tegangan DC - (minus)
  4. Jalur titik tancap breadboard hijau dipakai untuk pemasangan komponen seperti resistor,dioda,lampu led dan lain-lain


Cara menggunakan Breadboard

Cara penggunaan Breadboard dalam merangkai rangkaian elektronika cukup mudah. Namun pengetahuan dasar membaca skema dan mengenal komponen elektronika akan sangat membantu dalam memahami penggunaan breadboard



  1. Jalur titik tancap breadboard merah dan biru memanjang sepanjang breadboard kita pakai untuk jalur + dan - dari baterai.
  2. Gunakan kabel jumper untuk menghubungkan VCC1, R1 dan LED1 sehingga membentuk rangkaian seperti skema
  3. Pahami cara kerja LED1 dimana kaki yang lebih panjang mendapat bias + dari resistor, dan yang pendek mendapat - dari VCC1
  4. Resistor dapat dipasang bolak-balik


3 software Breadboard Simulator gratis

Breadboard simulator adalah aplikasi yang digunakan untuk merancang rangkaian elektronika secara virtual. Jadi sebelum benar-benar dipraktikan ke breadboard sesungguhnya, kalian dapat mensimulasikannya di komputer.



Ada 3 Breadboard simulator yang cukup bagus untuk belajar:

Fritzing

Fritzing adalah salah satu software breadboard virtual gratis terbaik untuk Windows yang dapat Anda gunakan. Fritzing telah mencakup semua alat dan fitur yang Anda inginkan untuk merancang sirkuit elektronik di breadboard.

Software Ini menawarkan daftar panjang perangkat elektronik dan listrik yang dapat Anda tambahkan di breadboard untuk mendesain sirkuit. Anda dapat menambahkan transistor, IC, gerbang logika, kabel, dioda, dan komponen lainnya. Ini menawarkan ruang kerja intuitif di mana Anda dapat mendesain sirkuit di breadboard.

Download software breadboard simulator Fritzing disini.

Breadboard simulator

Breadboard Simulator adalah perangkat lunak simulator breadboard gratis dan cukup bagus lainnya untuk Windows. Tidak hanya memungkinkan Anda mendesain sirkuit di breadboard tetapi Anda bahkan dapat mensimulasikannya.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak dengan cara yang sama seperti perangkat lunak di atas. Ini mendukung banyak perangkat dan instrumen listrik dan elektronik yang dapat Anda tambahkan ke breadboard.

Software mengkategorikan komponen dalam kotak alat dan Anda dapat memilih salah satu dari sana dan menambahkannya ke breadboard. Anda dapat dengan mudah menambahkan IC, LED, dioda, resistor, transistor, kabel, dan perangkat lainnya. Selain itu, setelah Anda mendesain rangkaian, Anda bahkan dapat mensimulasikannya untuk melihat apakah ia menghasilkan keluaran yang diharapkan.

Download software breadboard simulator gratis disini.

IC on Bread

IC on Bread adalah perangkat lunak sumber terbuka dan gratis yang dapat digunakan untuk merancang rangkaian yang mencakup IC dan LED. Ini adalah perangkat lunak sederhana untuk siswa pemula untuk merancang rangkaian IC dasar pada breadboard dan mensimulasikannya.

Juga, ini memungkinkan Anda untuk mengekspor sirkuit sebagai gambar ke folder mana pun di PC Anda. Ini memiliki daftar beberapa IC umum yang dapat Anda tambahkan di breadboard. Anda dapat membuat koneksi kabel dan menambahkan LED yang berbeda pada posisi yang berbeda.

Dan akhirnya, ketika Anda telah membuat semua koneksi, Anda dapat mengaktifkan tombol daya. Ini akan menyalakan catu daya dan Anda dapat melihat aliran arus dan menganalisisnya.

Download software IC on Bread gratis disini. Cukup mudah 'kan?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url