Menginstall LARAGON | Web server | Database server | Windows 10


Pada salah satu mapel SMK TKJ | Multimedia dan RPL kelas 10 yaitu, komputer dan jaringan dasar ada materi menginstall software aplikasi dan di mapel lainnya seperti Pemrograman dasar , ada materi menginstall perangkat lunak aplikasi pemrograman.

Hari ini kita akan menginstall Laragon yaitu aplikasi server lokal untuk pengembangan aplikasi web berbasis bahasa pemrograman PHP dan MySql/MariaDB.

Umumnya, saat membuat aplikasi berbasis web membutuhkan aplikasi lain agar dapat berjalan berupa aplikasi Server seperti: Apache werserver, MariaDB database server dan PHP intepreter.

Sayangnya, dulu aplikasi server ini hanya disediakan oleh perusahaan penyedia jasa Hosting, sangat tidak efektif untuk programmer dengan skala kecil.

Oleh sebab itu dibutuhkan aplikasi server lokal yang berjalan di komputer sendiri hanya untuk membuat dan menguji aplikasi berbasis web yang telah kita buat. Setelah OK, silahkan di full online-kan menggunakan Hosting dan domain jika memang diperlukan.

Laragon muncul untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Fitur utama Laragon adalah berjalan dilokal, fleksibilitas , dan penggunaan resource yang kecil sehingga Laragon lebih mumpuni dibanding pesaingnya, XAMPP


Materi pokok: menginstall Laragon server lokal


1 Apa itu Laragon?


Pengembangan aplikasi Web menggunakan bahasa PHP mengalami perkembangan yang cukup pesat. Aplikasi seperti XAMPP tidak dapat lagi memenuhi kebutuhan programmer web untuk pembuatan aplikasi web yang kompleks.

Maka, muncul Laragon, sebuah aplikasi web server, database server dan PHP intepreter yang dapat dipasang didalam komputer Windows 10 dan bekerja selayaknya server sungguhan.


2 Kenapa Laragon lebih unggul dibanding dengan XAMPP?

1. Eksekusi sangat cepat

Performa tinggi untuk pengembangan aplikasi berbasis web. Laragon dapat dijalankan pada Laptop karena menggunakan memory RAM yang sangat kecil, hanya 4MB.

2. Mudah digunakan dan fleksibel

Laragon dibuat untuk kemudahan operasional. Fleksibel dalam memilih Server Web antara Apache atau Nginx. Bahkan berpindah versi PHP dari 5.7 ke 7.0 sangat mudah. Tambahan lagi berbagai bahasa pemrograman web seperti Ruby, Django, flask, Java, dan masih banyak lainnya dapat dijalankan oleh Laragon


3 Langkah menginstall LARAGON untuk pengembangan aplikasi berbasis web

A. Download Laragon

  1. Unduh (download) aplikasi LARAGON dari tautan alat dan bahan yang diberikan. Saat mengunduh aplikasi LARAGON , perhatikan versi system operasi yang didukung oleh aplikasi. Cek video ini cara melihat versi bit sistem operasi komputer kalian.

  2. Pilih Laragon versi Full saja

B. Cara Menginstall Laragon

  1. Setelah installer Laragon terunduh, klik 2x installer tersebut dan Laragon akan mulai berjalan memasang aplikasi pada komputer kalian masing-masing.
  2. Klik Next untuk melanjutkan proses instalasi LARAGON

B. Memilih lokasi instalasi Laragon

  1. Secara default LARAGON memilih lokasi folder instalasi di C:\LARAGON.
  2. Klik Next untuk melanjutkan. Ceklist pada komponen yang akan ikut diinstall


C. Siap melakukan melakukan proses instalasi Laragon sampai finish

  1. Setelah itu, Laragon siap diinstall
  2. Tunggu prosesnya hingga selesai. Restart komputer jika diperlukan.


4 Cara menggunakan LARAGON

  1. Klik Start WINDOWS -> Klik Laragon App
  2. Muncul windows untuk aplikasi LARAGON. Klik tombol Start All untuk memulai server Apache dan MySQL.



5 Cara Menyimpan dokumen root / file / script program PHP

  1. File html, skrip PHP dan bahasa skrip lainnya seperti CSS, Javascript secara default di simpan di folder C:\Laragon\www
  2. Jika pada saat proses instalasi kalian memilih drive yang berbeda, tinggal sesuaikan saja

6 Latihan menjalankan Laragon

.
  1. Ketik skrip dibawah ini menggunakan notepad atau jika ada Visual Studio Code lebih baik.
    <?php
    echo "Hello world";
    ?>
  2. Simpan dengan nama latihan1.php di dalam folder C:\Laragon\www\
  3. Buka browser seperti Chrome atau mozilla, kemudian ketik di kotak URL localhost/latihan1.php dan enter,Jika tampil pada browser seperti ini,
    maka skrip PHP anda sudah berhasil dieksekusi dan dijalankan oleh server Laragon


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url