Jenis-jenis Kabel | Konektor | saat merakit komputer | PC [4]


Ketika anda akan merakit komputer, selain baut, anda juga akan berhadapan dengan kabel-kabel, Slot/soket dan konektor yang harus ada saat proses perakitan atau yang sudah ada tinggal pakai, tapi belum paham fungsi dan kegunaannya.

Oleh sebab itu, sebagai calon teknisi komputer, mengetahui fungsi, tipe dan jenis kabel, slot/soket dan konektor saat merakit komputer atau memperbaiki komputer sangat diperlukan sebagai bagian dari SOP dan keselamatan, kesehatan kerja merakit komputer.

Materi pokok: Memahami Kabel dan Konektor saat merakit komputer



1 Macam-macam kabel saat merakit komputer

Saat merakit komputer atau memperbaiki komputer, anda akan berhadapan dengan jenis-jenis baut yang dipakai serta berbagai jenis kabel yang minimal harus ada komputer berjalan normal.

Apa saja jenis-jenis kabel yang minimal ada saat merakit komputer?

  1. Kabel power CPU
  2. Kabel Power monitor
  3. Kabel VGA
Cuma segini? Banyak ges! Kabel yang ada di daftar diatas hanya syarat minimal harus ada, agar proses merakit komputer dapat berjalan. Coba bayangkan, kalau gak ada kabel power, gimana mau menguji hasil rakitan PC kalian 'kan?


A Kabel power CPU

Kabel power CPU untuk dicolokan ke soket Power Supply CPU dari sumber listrik PLN. Model dan tipe kabel power CPU mengikuti sistem kelistrikan yang ada di Indonesia, dimana menggunakan 2 phase dan 1 Ground dengan model colokan tabung

B Kabel power monitor

Kabel power Monitor pada gambar 1 adalah model jumper. Model ini memanfaatkan soket Power Supply yang sudah tersedia. Model ini disebut kabel male-female (laki dan perempuan). Fungsinya memberi sumber daya listrik ke layar monitor.

C Kabel VGA

Kabel VGA (Video Graphic Adapter) berfungsi menyalurkan sinyal gambar dari kartu grafis (VGA) ke dalam layar monitor. Kabel VGA saya pilih karena masih banyak komputer yang menggunakan kabel jenis ini, terutama untuk disandingkan dengan projector.

Untuk motherboard dan VGA Card model-model terbaru, kabel VGA sudah jarang sekali dipakai tergantikan dengan kabel HDMI dan Display Port.





2 Macam-macam konektor saat merakit komputer

Konektor dalam perakitan komputer sangat banyak, yang akan saya list disini adalah jenis konektor yang tersedia secara default bawaan dari Power Supply

Apa saja konektor yang tersedia saat merakit komputer?


A Konektor ATX power 24 pin

Konektor ATX power tipe ini terdiri dari 2 buah konektor yaitu konektor 20 pin dan 4 pin kemudian dijadikan 1 membentuk konektor 24 pin.

Konektor 20 pin digunakan pada jenis motherboard tipe lama sedangkan untuk konektor 24 pin digunakan pada motherboard model baru. Konektor ATX 24 pin berfungsi untuk menyalurkan daya listrik (tegangan) dari power supply unit (PSU) ke motherboard.


B Konektor ATX 12 Volt 4 pin CPU Intel

Konektor 4 pin power 12 Volt untuk daya tambahan Prosesor CPU. Konektor tipe 4 pin digunakan untuk tipe motherboard dengan otak prosesor buatan INTEL non overclock. Untuk tipe prosesor tipe hyperthreading dan OC (overclocking), dimana kemampuan Prosesor dipaksa ditingkatkan untuk mengejar performa, maka konektor yang dipakai 8 pin.


C Konektor PCI-E power 6 pin

Konektor PCI-E merupakan konektor yang berfungsi untuk memberikan daya tambahan kepada perangkat peripheral seperti VGA card. Konektor PCI-E mampu menghantarkan daya sebesar 75 W atau lebih kepada perangkat VGA card sehingga berjalan dengan maksimal


D Konektor SATA power

Konektor SATA power memiliki fungsi yang sama dengan konektor Molex, yaitu memberikan daya kepada peripheral komputer.

Konektor SATA power telah menggantikan peran dari konektor Molex, semua perangkat komputer model baru seperti CD/DVD ROM, Harddisk, dan SSD kini telah menggunakan konektor SATA power untuk menyuplai daya.


E Konektor Molex power

Molex Connector (Konektor Molex 4 pin) berfungsi untuk memberikan daya dari Power Supply pada perangkat komputer seperti harddisk, CD/DVD ROM, kipas casing dan untuk beberapa jenis VGA card model lama yang masih membutuhkan konektor jenis ini.


F Konektor Berg power

Konektor berg adalah konektor Molek versi mini. Konektor berg ini khusus digunakan untuk Floppy Drive atau peripheral seperti external audio card. Meski jarang ditemui floppy drive untuk saat ini, konektor tipe ini masih tetap disediakan oleh vendor power supply.


G Konektor SATA / kabel SATA

Kabel SATA (Serial Advanced Technology Attachment) adalah kabel konektor untuk menghubungkan drive hardisk ke konektor SATA didalam motherboard. Dirancang khusus untuk mentransfer data dari Hardisk atau SSD dengan kecepatan tinggi, pengganti dari konektor IDE yang sudah mulai ditinggalkan


H Konektor IDE

Konektor IDE (Integrated Device Electronic) berfungsi untuk menghubungkan perangkat harddisk atau floppy disk ke dalam motherboard. Konektor IDE sudah mulai ditinggalkan karena memiliki kekurangan dalam transfer data, tidak sederhana dan sulit dalam perakitan.



I Konektor Front Panel

Konektor Front Panel adalah kabel penghubung dari panel depan sebuah Casing komputer (wadah) dengan motherboard. Fungsi utama konektor front panel sebagai saklar Power On/Of, saklar reset, LED indikator komputer menyala, dan LED indikator Hardisk bekerja.





Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url