Jenis-jenis baut | Sekrup | saat merakit komputer | PC [3]


Salah satu SOP dalam merakit komputer (PC) adalah soal pemilihan baut yang tepat. Kesalahan dalam memilih baut komputer saat merakit PC cukup fatal. Contoh: Hardisk menjadi rusak karena saat mengencangkan ke casing, memakai baut yang tidak sesuai berakibat tembus sampai ke dalam hardisk.

Merakit komputer atau Personal Computer itu hal yang mudah. Tapi hal yang dianggap mudah akan menjadi bencana jika tidak dijalankan atau tidak dikerjakan sesuai prosedur atau standar keselamatan yang berlaku.

Oleh sebab itu, sebagai calon teknisi komputer, mengetahui fungsi, tipe dan jenis baut saat merakit komputer atau memperbaiki komputer sangat diperlukan sebagai bagian dari SOP dan keselamatan, kesehatan kerja merakit komputer.

Materi pokok: Memahami jenis baut-baut dan fungsinya saat merakit komputer / PC



1 Macam-macam baut komputer (PC)

Untuk kelancaran aktifitas merakit komputer, dibutuhkan alat kerja tangan yang sesuai sehingga pekerjaan merakit komputer menjadi cepat selesai dan tetap rapi. Selain itu, pemilihan baut yang tepat juga diperlukan agar proses perakitan komputer sesuai SOP yang berlaku, sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Apa saja jenis-jenis baut saat merakit komputer? Nih daftarnya:


A Baut casing (sekrup) tangan warna silver atau hitam

Baut casing side panel kiri dan kanan model ini memang dapat diputar oleh jempol tangan untuk mengencangkan atau mengendurkannya. Disarankan memakai obeng untuk sedikit mengencangkannya agar tidak terlalu kendor


B Baut casing dan baut power supply pakai obeng

Baut casing side panel kiri dan kanan berikutnya sangat umum ditemui saat merakit komputer. Baut ini selain untuk mengencangkan casing, bisa dipakai untuk mengencangkan power supply,atau tutup slot peripheral.


C Baut motherboard komputer bagian atas

Baut untuk mengencangkan motherboard yang dipasang pada casing komputer. Biasanya, baut ini juga dipasang ring isolasi agar badan casing dan motherboard tidak bersentuhan secara langsung.


D Ring Isolasi motherboard komputer

Nah, ini ring isolasi yang saya bicarakan diatas tentang baut motherboard. Ring isolasi berfungsi untuk menghindari konslet akibat terhubung singkat badan casing dengan motherboard. Fungsi lainya agar badan casing tidak nyetrum!


E Baut dudukan spacer motherboard

Spacer berbentuk baut ini berfungsi sebagai dudukan motherboard dengan casing. Biasanya baut ini sudah ada pada casing yang sudah dibeli atau diberikan bersaamaan saat membeli casing.


F Baut hardisk

Baut hardisk memeliki drat halus, sehingga pemilihan baut tidak boleh sembarangan, karena dapat merusak hardisk jika salah dalam penanganan.


G Baut DVD/CDrom

Baut DVDrom sedikit berbeda dengan baut hardisk dari segi fisik. Menggunakan drat halus juga, tapi sedikit lebih besar dari baut hardisk.


H Baut fan / kipas casing

Untuk memberikan sirkulasi udara yang baik didalam casing komputer, biasanya ditambah kipas casing sebagai sirkulator udara masuk dan udara keluar.


I Baut NVME hardisk tipe baru

Baut NVME adalah baut sangat kecil, untuk mengencangkan NVME hardisk (nanti deh kita bahas tentang NVME). NVME biasanya hadir di motherboard kelas atas dan terbaru. Untuk motherboard jadul, tidak mungkin ditemui NVME slot (tapi jangan khawatir, ada kok sekarang konverternya)





Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url