Domain Ektensi | Pengertian | Fungsi | Manfaat [2]


Setelah anda mempelajari tentang Cpanel, hosting dan domain, dimana pada pembahasan sebelumnya bahwa fungsi Cpanel adalah untuk memudahkan kalian dalam mengelola hosting dan domain.

Nah, sekarang kalian akan belajar memahami apa itu domain? Kita akan bahas satu-satu ya...

Materi pokok: Memahami domain



1 Pengertian Domain

Pengertian Domain atau nama domain adalah alamat web yang kalian ketik di kolom URL browser untuk membuka sebuah website. Contoh nama domain google.com.

Pengertian Domain lainnya adalah nama unik yang kita beli/sewa untuk mengidentifikasi alamat IP komputer server (hosting) agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address.

Cara kerjanya seperti memberi nama pada nomor HP sehingga web/aplikasi web dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung, dari mana saja cukup memanggil/mengetik nama domain tanpa harus tahu nomor IP address komputer tersebut.



Perusahaan penyedia jasa beli domain murah di Indonesia sangat banyak, diantaranya, yang paling terkenal

  1. Niagahoster
  2. Exabytes
  3. Jagoan hosting
  4. Domainesia

2 Fungsi domain

Fungsi domain yang paling utama adalah memudahkan client (user) untuk mengakses dan mencari komputer server yang terdaftar pada perusahaan hosting. Nama Domain lebih akrab disebut nama website, sebenarnya mengarah pada sebuah alamat IP yang tertanam dikomputer-komputer milik perusahaan layanan hosting dan domain.

Jadi cara kerjanya seperti daftar kontak di HP kalian.

Daftar nama domain ini disimpan dalam sebuah komputer server yang bernama Domain Name System (DNS). Saat membeli / menyewa nama domain, maka data nama domain akan dicatat pada organisasi bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang menentukan ekstensi domain apa saja yang bisa digunakan.

3 Jenis-jenis ektensi domain

Nama domain dapat kita beli atau sewa diperusahaan layanan jasa hosting dan domain yang banyak di Indonesia. Silahkan eksplore dibeberapa perusahaan ini yang menawarkan domain murah, diantaranya:

  1. Niagahoster
  2. Exabytes
  3. Jagoan hosting
  4. Domainesia

Saat anda akan membeli domain, kalian dihadapkan pada pilihan ektensi domain. Apa itu ektensi domain?

Ekstensi domain adalah akhiran (suffix) dari Domain atau URL (Uniform Resource Locator) suatu website. Banyak jenis-jenis ektensi domain yang dapat kalian pilih, salah satunya ektensi domain yang paling terkenal yaitu .com .

Lalu bagaimana penjelasan tentang ektensi domain ini, berapa harga ektensi domain? Mari kita lanjut...

A Ektensi generic Top Level Domain (gTLD)

Ektensi Nama domain generic (umum) untuk dipakai sebagai akhiran dari nama domain yang kalian pilih. Ini daftar nama ektensi domain yang paling terkenal.

  1. .com : digunakan untuk keperluan nama domain bersifat komersial dan umum. Contoh: www.rsetiawan.com. Harga ektensi .com kisaran Rp.125.000/tahun


  2. .org : digunakan untuk keperluan nama domain bersifat organisasi
  3. .net : digunakan untuk keperluan nama domain bersifat usaha jasa internet/ network
  4. .edu : digunakan untuk nama domain bersifat pendidikan / sekolah umum
  5. .info : digunakan untuk keperluan nama domain bersifat kegiatan informasi
  6. .gov : digunakan untuk nama domain yang bergerak dibidang pemerintahan
  7. .mil : digunakan untuk nama domain dibidang militer


B Ektensi Country code Top Level Domain (ccTLD)

Ektensi ccTLD merupakan TLD yang didasarkan pada kode negara. Ada banyak negara, yang saya daftar disini adalah yang paling terkenal saja ya...

Beberapa contoh ccTLD yang umum kalian jumpai saat melakukan browsing di internet...

  1. .id : digunakan untuk keperluan nama domain di Indonesia. Contoh: pandi.id. Harga .id sekitar Rp.200.000/tahun
  2. .us : digunakan untuk keperluan nama domain di Amerika (United State)
  3. .au : digunakan untuk keperluan nama domain Australia
  4. .sg : digunakan untuk nama domain di Singapura
  5. .de : digunakan untuk keperluan nama domain Jerman (Deutch)


C Top Level Domain (TLD) Indonesia

Selain terdapat domain TLD, kalian juga bisa menggunakan Top Level Domain Indonesia. Negara Indonesia mengelola semua ekstensi domain .id dibawah organisasi bernama PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Semua ekstensi domain yang dikelola PANDI ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Kalian perlu memenuhi persyaratan tertentu sebelum memiliki beberapa ekstensi domain ini seperti KTP, surat ijin usaha dan sebagainya.

Beberapa contoh TLD Indonesia yang umum kalian jumpai saat melakukan browsing di internet...

  1. co.id : digunakan untuk keperluan nama domain di Indonesia bersifat umum dan komersial. Contoh:niagahoster.co.id. Harga ektensi .co.id kisaran Rp. 275.000/tahun
  2. .ac.id : digunakan untuk keperluan nama domain di Indonesia bidang academy (perguruan tinggi)
  3. .or.id : digunakan untuk keperluan nama domain Indonesia khusus organisasi
  4. .sch.id : digunakan untuk nama domain di Indonesia khusus school (sekolah-sekolah)
  5. .go.id : digunakan untuk keperluan nama domain Indonesia bidang government (pemerintahan)


4 Memilih nama domain

Jadi, gimana pak cara memilih nama domain yang sesuai?

Sebelum memilih nama domain, coba pertimbangkan hal-hal berikut ini,

A Nama Branding (merk) web yang akan dibangun

Nama domain cukup penting dipikirkan karena ini menyangkut nama branding agar mudah dicari dan dikenal masyarakat luas. Branding adalah ciri khas konten web yang akan ditampilkan. Contoh, kamu mau jualan baju murah di Lampung, maka tentukan nama domain yang mudah diingat seperti www.jualbajumurahlampung.com

B Buat nama domain sependek mungkin

Jangan menggunakan nama domain yang susah diingat! Pastikan memilih nama domain yang sesuai dengan branding dan tujuan pembuatan website. Sebagai contoh, ingin membuat website untuk perusahaan atau toko online yang ingin kamu buat. Kamu bisa gunakan www.jualbajumurah.com, www.bajumurahlampung.com dan lain-lain

C Tentukan ektensi domain sesuai tujuan

Walaupun kamu bebas memilih ekstensi domain, namun ada beberapa website yang diwajibkan menggunakan ekstensi tertentu. Misalnya website sekolah harus menggunakan .sch.id. Website instansi pemerintah harus menggunakan .go.id.

Untuk web-web yang bertujuan umum dan komersial, dapat menggunakan ektensi domain .com atau .co.id (jika target pasarnya di Indonesia saja).

D Harga domain

Karena domain digunakan sebagai branding suatu perusahaan, usaha, atau kegiatan tertentu, maka cek harga domain sewaktu order dan perpanjang domain.

Jika sedang promo diskon, biasanya harga domain menjadi lebih murah. Jangan sampai kaget kalau misal harganya berbeda. Biasanya penyedia domain dan hosting terbaik akan memberikan harga order dan perpanjang secara transparan.

E Riset kata kunci domain

Nama domain menjadi faktor penting ketika branding dikenal oleh google. Kita mencari baju murah di Lampung melalui google, yang diharapkan adalah web kita muncul di nomor 1 pencarian.

Oleh sebab itu, riset kata kunci domain juga penting, kata kata apa saja yang paling banyak dicari orang saat mencari baju murah, sehingga kita dapat membranding nama domain menjadi mudah ditemukan di google

Nah bagaimana? Sudah tahu apa itu ekstensi domain kan? Ekstensi domain adalah kata yang berada di sebelah kanan dari nama domain. Biasanya berbentuk .COM, .NET, .ID dan sebagainya. Sampai jumpa lagi di materi berikutnya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url