Gerbang logika NAND, NOR,EXOR dan EXNOR [2] 💻


Ada 4 gerbang logika kombinasi yang diciptakan dengan fungsi masing-masing;

  1. NAND adalah gerbang logika kombinasi dari NOT dan AND
  2. NOR adalah gerbang logika kombinasi dari NOT dan OR
  3. EXOR adalah gerbang logika kombinasi EXclusive OR
  4. EXNOR adalah gerbang logika kombinasi dari EXclusive NOT dan OR

Pada pertemuan sebelumnya, saya sudah membahas tentang 3 gerbang logika dasar yang menjadi cikal bakal berkembangnya teknik elektronika digital seperti saat ini.

Saya ulas kembali bahwa teknik digital sebenarnya adalah usaha mengubah sinyal listrik yang masih berbentuk sinus (analog/pulse) menjadi sinyal listrik berbentuk kotak (square), dimana naik turunnya pulse mewakili hanya 2 kondisi, yaitu LOW dan HIGH.



Kondisi LOW dan HIGH inilah yang di manfaatkan sebagai data flow (aliran data) yang terdiri dari 0 dan 1.



Coba kita ilustrasikan, bagaimana cara keyboard komputer bekerja? Ya, keyboard dapat bekerja karena ada daya listrik yang mengalir didalamnya. Tuts keyboard hanyalah sebuah saklar kecil yang bekerja saat kita pencet saja. Semacam ON dan OFF.

Nah bagaimana keyboard komputer yang kita pencet tersebut menampilkan huruf A? Well, mulai penasaran 'kan? Kita bahas pada postingan blog berikutnya ya?

Materi pokok: Merangkai fungsi gerbang logika kombinasi



1 Gerbang logika NAND simbol dan tabel kebenaran

Gerbang NAND adalah gabungan gerbang NOT dan AND mempunyai dua atau lebih sinyal masukan (input) tetapi hanya satu sinyal keluaran (output).

Gerbang NAND mempunyai sifat kebalikan dari AND. Bila sinyal keluaran ingin HIGH (1) salah satu atau kedua-dua input harus dalam keadaan LOW (0). Jika kedua input bernilai HIGH (1), maka output akan LOW (0).



Seperti terlihat di gambar 2 datasheet IC 74HC00 memiliki 14 pin (kaki). Pin 14 adalah VCC (tegangan+) dan pin 7 adalah GND (ground, tegangan-) dari baterai atau power supply. Pada datasheet juga ada informasi jangkauan tegangan VCC IC 74HC00 mulai dari 3Volt sampai 15Volt.

Simbol dan tabel kebenaran Gerbang logika NAND





2 Gerbang logika NOR simbol dan tabel kebenaran

Gerbang NOR adalah gabungan gerbang NOT dan OR, mempunyai dua atau lebih sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran.

Gerbang NOR mempunyai sifat kebalikan dari OR, bila sinyal keluaran ingin LOW (0) maka salah satu atau semua sinyal masukan harus dalam keadaan HIGH (1). Jika kedua input bernilai LOW (0), maka output akan HIGH (1).



Seperti terlihat di gambar 4 datasheet IC 74HC02 memiliki 14 pin (kaki). Pin 14 adalah VCC (tegangan+) dan pin 7 adalah GND (ground, tegangan-) dari baterai atau power supply. Pada datasheet juga ada informasi jangkauan tegangan VCC IC 74HC02 mulai dari 3Volt sampai 15Volt.

Simbol dan tabel kebenaran Gerbang logika NOR





3 Gerbang logika kombinasi EX-OR simbol dan tabel kebenaran

Gerbang EXOR adalah gabungan 3 gerbang logika dasar yaitu NOT, OR dan AND, mempunyai dua atau lebih sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran.

Gerbang EXOR mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin HIGH (1) maka kedua input harus dalam keadaan logika yang berbeda. Jika kedua input bernilai logika yang sama, maka output akan LOW (1).



Seperti terlihat di gambar 6 datasheet IC 74HC86 memiliki 14 pin (kaki). Pin 14 adalah VCC (tegangan+) dan pin 7 adalah GND (ground, tegangan-) dari baterai atau power supply. Pada datasheet juga ada informasi jangkauan tegangan VCC IC 74HC86 mulai dari 3Volt sampai 15Volt.

Simbol dan tabel kebenaran Gerbang logika EXOR





4 Gerbang logika kombinasi EX-NOR simbol dan tabel kebenaran

Gerbang XNOR adalah gerbang Exclusive Not OR, mempunyai dua atau lebih sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran.

Gerbang XNOR mempunyai sifat kebalikan dari XOR, bila sinyal keluaran ingin HIGH (1) maka kedua input harus dalam keadaan logika yang sama. Jika kedua input bernilai logika berbeda , maka output akan LOW (0).



Seperti terlihat di gambar 8 datasheet IC 74HC266 memiliki 14 pin (kaki). Pin 14 adalah VCC (tegangan+) dan pin 7 adalah GND (ground, tegangan-) dari baterai atau power supply. Pada datasheet juga ada informasi jangkauan tegangan VCC IC 74HC66 mulai dari 3Volt sampai 15Volt.

Simbol dan tabel kebenaran Gerbang logika EXNOR





Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url