Variabel | Variable | Belajar Python | bag.3


Variabel python - Pembelajaran kita kali ini adalah melaksanakan praktek mapel Pemrograman dasar kelas 10 semester 1 yaitu, membuat variabel Python didalam script kalian.

Kemarin kita telah mempraktikan fungsi print() untuk menampilkan tipe data string hello world menggunakan sintaks bahasa pemrograman python

Pada pertemuan hari ini, kalian akan menerapkan cara mendeklarasikan variabel python. Cekidot...


Variabel python


Pengertian Variabel

Variabel adalah alokasi memory untuk menyimpan nilai-nilai. Ibarat wadah atau tempat sementara yang digunakan untuk menyimpan data dimana dapat diambil sewaktu-waktu tergantung kebutuhan.



Oiya,variabel dideklarasikan oleh python dengan menyewa satu slot pada memory komputer.

Identifier di python

Identifier adalah nama yang digunakan untuk:

  1. variable
  2. function
  3. class
  4. module
  5. object python lainnya
Identifier harus diawali dengan sebuah huruf (a-z atau A-Z) atau diawali dengan sebuah tanda garis bawah underscore, dan diikuti dengan beberapa huruf atau tanda underscore ataupun angka.

Python tidak mengijinkan karakter khusus seperti tanda @, %, maupaun $ untuk digunakan sebagai identifier. Hari ini kita akan bahas identifier variabel python.

Aturan dalam memberi nama variabel

Penamaan variabel yang akan dideklarasikan pada dasarnya bebas terbatas. Artinya ada beberapa aturan dalam penulisan variabel

Agar mudah diimplementasikan, ada rekomendasi penulisan variabel di dunia pemrograman python:

  1. Nama variabel boleh diawali menggunakan huruf atau garis bawah (_), contoh: nama, _luas, luasSegitiga, Total✅ dan lain-lain
  2. Nama variabel tidak dapat dimulai dengan angka ❌, contoh 30_total dll
  3. Nama variabel bersifat sensitif (case-sensitif). Artinya huruf besar dan kecil berbeda. Misalnya, luas dan Luas, keduanya adalah variabel yang berbeda.
  4. Nama variabel tidak boleh menggunakan kata kunci yang sudah ada dalam python (reserved word) seperti if, while, for,import,def, ❌ dsb.

Cara dalam memberi nama variabel

Berikut ini adalah beberapa panduan untuk membuat nama variabel yang baik

  1. Pilih nama variabel yang deskriptif.
    Nama variabel harus cukup jelas sehingga pemrogram yang lain dapat memahami maksud dan tujuan variabel tersebut. Seringkali, programmer memberikan label variabel dengan nama pendek, seperti x.

    Tapi itu tidak masalah, karena dengan menggunakan x, programmer dengan jelas menyampaikan variabel tersebut mewakili data yang bergerak cepat (sering dipakai)
  2. Konsisten.
    Ada berbagai cara menulis label variabel. Ada yang menulis label Luas (L huruf besar),ada yang luas (huruf kecil semua). Tapi ternyata tidak penting metode mana yang mau digunakan, selama itu konsisten.

    Saran saya, pakai huruf kecil aja deh!

Kata kunci (keywords) python yang tidak boleh dipakai sebagai nama variabel

Berikut ini adalah kata kunci yang secara default bagian dari python (reserverd keywords). Keywords ini tidak boleh digunakan sebagai identifier (pengenal) atau nama sebuah variabel karena dapat berakibat error
True def if raise
False del import return
None elif in try
and else is while
as except lambda with
assert finally nonlocal yield
break for not
class from or
continue global pass

Cara penulisan deklarasi variabel yang benar ✅


Cara penulisan deklarasi variabel yang salah ❌


Sintaks penulisan Variabel Python

Fungsi pertama Variabel seperti yang dijelaskan diatas adalah tempat untuk menyimpan data. Asyiknya, variabel atau wadah ini bisa kita beri nama sesuai kebutuhan.

Analoginya seperti menyimpan nomor HP teman. Jika butuh bicara, cukup tekan tombol calling nama teman dan voila, ketemu deh.

Tapi, sebelum menggunakan variabel, kalian harus membuatnya terlebih dahulu, istilahnya di deklarasikan. Pada contoh di bawah ini ditampilkan beberapa sintaks deklarasi variable (penamaan variabel)

Sintaks Variabel dengan isi tipe data string


Deklarasi Variabel dengan isi tipe data number


Deklarasi Variabel dengan isi tipe data string digabung


Deklarasi Variabel dengan isi tipe data string dan number


Tanda = adalah pernyataan penugasan (assignment statement). Kita membuat variabel dengan label nama, yang diisi nilai-nilai.

Menghapus sintaks Variabel

Selain membuat variabel, ada juga fungsi del(nama variabel) yang berguna menghapus variabel. Kadang, untuk menghemat pemakaian memory, variabel harus dihapus

#sintaks menghapus variabel
#del(nama variabel)
 
x='nama aku rudy'
del(x)

Langkah membuat variabel python

1. Membuka Program Editor IDLE

Siapkan alat dan bahan sesuai petunjuk. Pastikan komputer telah terpasang IDLE python. Jika belum, lakukan instalasi program IDLE python Untuk membuka IDLE python pada windows 10, bisa melalui Start -> Kemudian ketik IDLE -> klik Open


2. Membuat file variabel python baru

Klik file -> klik New file (ctrl+N)


Ketik kode python dibawah ini pada editor IDLE anda:

3. Menyimpan file variabel python

Simpan file tersebut dengan nama : variabel klik file -> klik save (ctrl+S) ->lalu cari tempat untuk menyimpan, contoh di documents -> filename: variabel-> kemudian klik tombol save

4. Menjalankan skrip variabel pyhton

klik Run klik Run Module (F5) python akan menjalankan skrip anda. Jika tidak ada error, maka akan tampil progam anda.



Tugas praktik pemrograman variabel python

  1. Buat new file lalu ketik kode dibawah pada editor IDLE anda. Simpan dengan Judul program variable_angka_string
Next Post Previous Post