--> Skip to main content

Soal dan pembahasan menerapkan Algoritma dan logika pemrograman komputer

Soal dan pembahasan Pemrograman dasar Bab menerapkan Algoritma dan logika pemrograman

10 Contoh Soal dan pembahasan Pemrograman dasar SMK kelas 10 Bab Algoritma dan logika pemrograman komputer

Setelah anda mempelajari materi menerapkan Algoritma dan logika pemrograman dasar, saya akan berikan beberapa contoh-contoh pertanyaan sebagai pendalaman pemahaman anda terhadap tersebut.

Beberapa dari contoh soal mengenai menerapkan Algoritma dan logika pemrograman dasar ini sering juga ditemukan pada saat ujian nasional kejuruan

Untuk menjawab soal-soal menerapkan Algoritma dan logika pemrograman dasar berikut ini, anda dapat membaca materinya di menerapkan Algoritma dan logika pemrograman komputer.

Selamat mengerjakan.


Soal-soal pengayaan menerapkan Algoritma dan logika pemrograman

  • Teknik penyusunan langkah-langkah penyelesaian masalah dalam bentuk kalimat terbatas yang tersusun sistematis adalah pengertian dari....
    A.Algoritma
    B.Logaritma
    C.Algol
    D.Logika
    Pembahasan:
    Menurut Suarga: Algoritma adalah teknik penyusunan langkah-langkah penyelesaian masalah dalam bentuk kalimat terbatas yang tersusun sistematis dan logis
  • Kata logika memiliki arti dimana nilai kebenaranya tidak ambigu, pasti dan dapat ditentukan. Kata logika berasal dari kata serapan....
    A. Logis
    B. Logic
    C. Logica
    D. Logice
    Pembahasan:
    Kata logika adalah serapan dari kata Logic yang berarti masuk akal
  • Logika adalah suatu metode atau teknik yang diciptakan untuk meneliti ketepatan nenalar. Pengertian ini diutarakan oleh ahli....
    A. Suarga
    B. Jan Hendrik Rapar,
    C. Soekadijo
    D. William Alston
    Pembahasan:
    Logika adalah suatu metode atau teknik yang diciptakan untuk meneliti ketepatan nenalar. Soekadijo, (1983-1994: 3)
  • Pada saat merencanakan pembuatan program komputer, algoritma dibuat....
    A. Pada saat di jalankan
    B. Sesudah pembuatan program
    C. Pada saat program dibuat
    D. Sebelum pembuatan program
    Pembahasan:
    Algoritma langkah-langkah menyelesaikan masalah menggunakan kata-kata yang sistematis dan logis. Artinya, sebelum membuat program, programmer diharapkan membuat gambaran umum tentang program yang akan dikerjakannya dalam bentuk algoritma
  • Menurut Donal E Knuth, sifat algoritma Finitness artinya adalah....
    A. Algoritma harus berakhir setelah mengerjakan beberapa proses (keterbatasan)
    B. Algoritma tidak berarti ganda
    C. Algoritma harus memiliki input
    D. Algoritma harus memiliki output
    Pembahasan:
    Algoritma harus berakhir setelah mengerjakan beberapa proses (keterbatasan)
  • Sequence adalah...
    A. Instruksi skrip yang dijalankan secara bercabang
    B. Instruksi skrip yang dijalankan secara berulang
    C. Instruksi skrip yang dijalankan secara berurutan
    D. Instruksi skrip yang dijalankan secara seleksi
    Pembahasan:
    Instruksi skrip yang dijalankan secara berurutan dimana skrip selanjutnya tidak akan dieksekusi sebelum selesai skrip sebelumnya
  • Skrip yang mengeksekusi tugas secara berulang-ulang sejumlah input yang diberikan disebut....
    A. Iteration
    B. Sequence
    C. Selection
    D. Jump
    Pembahasan:
    Iteration atau Looping adalah perulangan, sebuah skrip yang akan dieksekusi berulang-ulang sesuai input yang diberikan. Input perulangan terbatas agar program tidak bengong.
  • Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna jadi ....
    A. Merah
    B. Ungu
    C. Hijau
    D. Putih
    Pembahasan:
    Ungu. Algoritmanya jika input bukan merah dan hijau maka output pasti Ungu.
  • Kumpulan instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer untuk melaksanakan suatu tugas, merupakan pengertian dari....
    A. flowchart
    B. Program
    C. Bahasa pemrograman
    D. Pseudocode

    Pembahasan:
    Komputer bekerja berdasarkan instruksi yang diberikan oleh aplikasi. Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman dimana instruksi atau bahasa yang digunakan dipahami oleh komputer
  • Sebuah algoritma: apabila variabel a=5, b=10, maka jika di berikan instruksi a=b; b=a maka output yang akan ditampilkan adalah...
    A. a=10 , b=5
    B. a=10 , b=0
    C. a=10 , b=10
    D. a=0 , b=5

    Pembahasan:
    Berdasarkan algoritma variabel adalah wadah/tempat untuk menyimpan data. Variabel a pada awal isinya = 5 dan variabel b =10. Setelah diberikan proses, a = b; b=a; maka variabel a berisi 10 dan variabel b berisi 5


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar