Membuat Kabel LAN/UTP tipe Straight/Cross standar T568💻


Praktik membuat kabel LAN tipe straight / cross menggunakan kabel jenis kabel UTP Cat5e atau Cat6 adalah bagian dari kompetensi Komputer dan Jaringan Dasar.

Ada 2 jenis keahlian dalam membuat kabel LAN (kabel UTP), yang pertama kabel Straight dan kedua kabel LAN Cross. Kemudian anda juga akan belajar memahami standar pembuatan kabel LAN (kabel UTP) yaitu standar T568.

Namun sayang, karena kabel LAN tipe Cross sudah obselete (kuno), maka pembahasan lebih fokus ke pembuatan kabel LAN jenis Straight saja.


Materi pokok: Membuat kabel LAN tipe Straight / Cross



Skenario singkat praktik Membuat kabel LAN



1 Apa itu Standar T568?

ANSI/TIA-568 adalah standar telekomunikasi yang di keluarkan oleh Telecommunications Industry Association (TIA).

ANSI/TIA-568 mendefinisikan standar sistem pengkabelan untuk gedung dan bangunan dimana penulisannya disingkat menjadi T568.

Didalam standar ini mencakup tipe kabel, pinout berdasarkan warna kabel, jarak,konektor, terminasi kabel,performa, dan cara menguji kabel tersebut.

Mungkin hal yang sering dibahas pada standar T568 ini adalah cara terminasi kabel ke konektor, atau pinout.

Standar ini menjelaskan bagaimana mengkoneksikan 8 kabel twisted-pair,seperti kabel Category 5E, ke 8P8C modular konektor (sering disebut RJ45).

Standar T568 mendefinikasi 2 alternatif pinout: T568A dan T568B.

2 Urutan warna T568A dan diagram pengkabelan (wiring diagram)

ANSI/TIA-568 merekomendasikan T568A pinout untuk struktur kabel horizontal (digelar mendatar). Kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh standar ini adalah 10Mbps (disebut 10Base/T Ethernet).



3 Urutan warna T568B dan diagram pengkabelan (wiring diagram)

T568B dirilis sebagai alternatif pinout yang lebih baik dari sebelumnya.Kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh standar ini adalah 100Mbps (disebut100Base/T Ethernet).




4 Membuat kabel LAN tipe straight (lurus)

Kabel UTP tipe straight adalah kabel yang diterminasi ujung-ujungnya menggunakan konektor RJ-45 menggunakan standar yang sama (atau lurus).

Maksud dari kedua ujung kabel menggunakan standar yang sama adalah kedua ujung menggunakan standar T568A semua atau T568B semua.

Dengan mengetahui standar yang akan digunakan dalam terminasi pembuatan konektor, teknisi tidak perlu bingung lagi dalam menentukan urutan warna.




5 Membuat kabel LAN tipe cross (silang)

Kabel UTP tipe cross adalah kabel yang diterminasi ujung-ujungnya menggunakan konektor RJ-45 menggunakan standar yang berbeda (silang).

Maksud dari kedua ujung kabel menggunakan standar yang berbeda adalah kedua ujung menggunakan standar T568A dan ujung lainnya standar T568B.

Dengan mengetahui standar yang akan digunakan dalam terminasi pembuatan konektor, teknisi tidak perlu bingung lagi dalam menentukan urutan warna.




6 Pengetahuan alat dan bahan membuat kabel LAN

Tang Crimping

Tang crimping adalah alat untuk menjepit (crimp) konektor RJ-45 dengan kabel UTP. Tang crimping secara umum cara penggunaannya sama saja. Ada sedikit perbedaan tang crimping berdasarkan tipe kabel yaitu Cat 5E dan Cat 6

Konektor RJ-45

Konektor RJ-45 adalah sebuah peripheral yang kita pasang pada ujung kabel UTP dengan tujuan agar kabel dapat terpasang pada port LAN. Pada konektor RJ-45 ada kontak tembaga sebagai penghubung arus dan data di peralatan jaringan.

Kabel UTP

Kabel UTP kita gunakan untuk menghubungkan antar peralatan jaringan sehingga dapat berkomunikasi. Didalam kabel UTP terdapat 4 pair (pasang) kabel dengan warna yang telah dibuat standar.

LAN tester / Cable Tester

LAN tester atau Cable Tester adalah alat untuk menguji hasil krimping konektor RJ-45 dengan kabel UTP. Caranya cukup sederhana, yaitu menghubungkan bagian RX dan TX menggunakan kabel UTP. Kabel yang terkrimping dengan baik akan menyalurkan sinyal ke indikator sesuai urutan tipe kabel.


7 Langkah membuat kabel LAN (kabel UTP) tipe straight menggunakan standar T568B

Cara pembuatan kabel LAN (kabel UTP) tipe straigth secara umum dapat dilaksanakan dalam 5 langkah
  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Mengupas kulit kabel UTP sesuai standar
  3. Mengurutkan warna kabel UTP Standar T568B
  4. Mengkrimping kabel LAN (Kabel UTP)
  5. Pengujian kabel UTP dengab kabel tester

1 Siapkan alat dan bahan

Setelah semua alat dan bahan siap,lakukan prosedur dibawah ini

2 Mengupas kulit kabel UTP sesuai standar

Kupas kulit kabel UTP dengan pengupas kulit kabel UTP sepanjang 2,5cm (1 inchi)



Buka lilitan kabel berdasarkan pair-nya, hal ini untuk memudahkan pengurutan kabel nantinya



3 Mengurutkan warna kabel sesuai standar T568B

Susun urutan kabel LAN berdasarkan standar T568B seperti gambar dibawah ini



Potong hingga lurus menggunakan cutter yang ada di tang crimping. Usahakan panjang kabel setelah dipotong berkisar 1,5cm



4 Melakukan pengkrimpingan kabel UTP

Gunakan tang crimping. Masukan dan dorong kabel UTP yang sudah terpotong rata kedalam konektor RJ-45.

Perhatikan gambar posisi RJ-45 jangan sampai salah. Usahakan jaket (kulit) kabel UTP dapat masuk kedalam konektor RJ-45





Setelah yakin, masukan konektor RJ-45 ke dalam tang crimping. Lakukan crimping dengan kuat dan yakin.



Lakukan terminasi ujung satunya dengan langkah yang sama

5 Melakukan pengujian hasil krimping kabel UTP dengan kabel tester

Setelah semua selesai, uji coba hasil pembuatan kabel LAN straight menggunakan LAN Tester. Hasil crimping untuk kabel LAN straight adalah ketika saat diuji menggunakan LAN Tester, maka lampu diujung A dan lampu di ujung B akan berkedip bersamaan dengan urutan yang sama pula




8 Langkah membuat kabel LAN (kabel UTP) tipe cross menggunakan standar T568B

Cara pembuatan kabel LAN (kabel UTP) tipe cross secara umum sama dengan pembuatan kabel UTP tipe straigth. Yang membedakan hanya terminasi ujung satu dengan ujung lainnya menggunakan standar yang berbeda. Nah, cukup mudah bukan membuat kabel LAN (kabel UTP) tipe straigth maupun croos?



Sumber bacaan
Lihat postingan ini di Instagram

⁣Membuat media hubung jaringan komputer menggunakan kabel jenis UTP Cat5e atau Cat6 adalah bagian dari kompetensi komputer dan jaringan dasar⠀ ⠀ ⠀ ⠀ Ada 2 jenis Kompetensi membuat media hubung jaringan komputer, yaitu kabel Straight dan Crossover.⠀ ⠀ Namun sayang, karena kabel Crossover sudah obselete (kuno), maka pembahasan lebih fokus ke pembuatan kabel jenis Straight saja.⠀ ⠀ ⠀ ⠀ Skenario singkat⠀ ⠀ Sebagai teknisi jaringan, anda diminta untuk mengerjakan projek menginstalasi jaringan lokal LAN. ⠀ ⠀ Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, anda harus menguasai teori maupun prakik pembuatan kabel LAN yang benar dan sesuai standar.⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ANSI/TIA-568 mendefinisikan standar sistem pengkabelan untuk gedung dan bangunan dimana penulisannya disingkat menjadi T568. ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ Didalam standar ini mencakup tipe kabel, pinout berdasarkan warna kabel, jarak, konektor, terminasi kabel,performa, dan cara menguji kabel tersebut.⠀ ⠀ Mungkin hal yang sering dibahas pada standar T568 ini adalah cara terminasi kabel ke konektor, atau pinout. ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ Standar ini menjelaskan bagaimana mengkoneksikan 8 kabel twisted-pair, seperti kabel Category 5E, ke 8P8C modular konektor (sering disebut RJ45).⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ Standar T568 mendefinikasi 2 alternatif pinout: T568A dan T568B.⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ Penasaran 'kan kelanjutannya??🤗🤗🤩🤩🤩 ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ baca langsung di web kita ya:⠀ bit.ly/buatkabellan⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ follow :⠀ @⁣rudysetiawanst⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ #tkj #teknikkomputerjaringan #teknikkomputer #teknikinformatika #teknologiinformasi #ilmukomputer #jaringanLAN #wan #lan #man #topologi #modultkj⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ⠀

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rudy Setiawan (@rudysetiawanst) pada



Next Post Previous Post