Control Panel Hosting: Pengertian, Fungsi dan Fiturnya


Control Panel Hosting: Pengertian, Fungsi dan Fiturnya - Apa itu Control Panel Hosting? Control Panel Hosting adalah kepanjangan dari CPanel hosting, sebuah aplikasi web yang digunakan untuk melakukan manajemen seluruh aspek layanan hosting. Control Panel Hosting dipasang pada komputer server hosting yang berfungsi membantu anda dalam mengelola file, domain, database dan banyak lagi.

Salah satu materi Administrasi sistem jaringan kelas 12 adalah mempelajari control panel hosting.

Salah satu aplikasi Control Panel Hosting yang terkenal dan sudah menjadi standar perusahaan yang bergerak di bidang hosting adalah merk Cpanel

CPanel adalah contoh aplikasi Control panel hosting, merupakan merk dagang dari Cpanel dan WHM yang didirikan oleh J. Nick Koston pada tahun 1997.

Cpanel tidak gratis, untuk menggunakan aplikasi control panel hosting ini, kalian harus membayar iuran bulanan paling murah $15.

Nah sebelum membahas CPanel hosting, kita bahas dulu apa itu Hosting, share hosting atau dedicated hosting? Mari kita lanjutkan...

Memahami Control Panel Hosting untuk mengelola file, domain, email atau database ketika anda menyewa hosting di perusahaan jasa penyewaan hosting


1. Pengertian Control panel Hosting (CPanel)

Control Panel Hosting adalah sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan web hosting yang meliputi manajemen file, database, domain, security dan banyak lagi.

Setelah anda memutuskan menyewa hosting, baik yang share hosting perusahaan hosting akan memberikan layanan berupa hak akses untuk mengelola lebih lanjut seluruh layanan server secara mandiri melalui Control Panel Hosting.

Beberapa Perusahaan penyedia jasa hosting, domain dan Control panel hosting di Indonesia sangat banyak, diantaranya:

  1. Niagahoster
  2. Exabytes
  3. Jagoan hosting
  4. Domainesia
Untuk mempermudah pengelolaan dan konfigurasi hosting kamu, maka dibutuhkan aplikasi Control panel hosting. Yang paling terkenal adalah aplikasi Cpanel.

Fungsi Control panel Hosting (CPanel)

Apa saja fungsi Control panel hosting ? Ini yang paling sering:

  1. Manajemen File (Upload download file ke server web hosting)
  2. Manajemen Database server (konfigurasi Mysql/MariaDB dengan aplikasi phpMyadmin)
  3. Manajemen Domain dan subdomain (konfigurasi nama domain jika diperlukan)
  4. Menginstall software berbasis web (software seperti Wordpress, joomla dll dapat diinstall secara cepat)
  5. Manajemen email (email menggunakan domain sendiri, pengaturan MX dll)
  6. Manajemen Security (mengamankan aplikasi anda dari serangan hacker, pengaturan SSL dll)
  7. Manajemen backup (backup aplikasi penting secara terjadwal)
Saat kalian menyewa sebuah hosting, biaya sewa biasanya sudah termasuk mendapat sebuah aplikasi Cpanel yang berguna mengelola server secara mandiri.


5 Aplikasi Control Panel hosting gratis

Aplikasi control panel hosting tidak hanya Cpanel saja. Ada banyak aplikasi CPanel hosting yang dapat dipasang secara gratis. Tapi yang namanya gratisan, tentu tidak sebaik dan selengkap yang berbayar seperti Cpanel.

1 Plesk

Plesk adalah CPanel hosting yang mirip dengan cPanel. Plesk memungkinkan Anda untuk mengelola account hosting Anda melalui antarmuka berbasis web. Anda dapat menginstall kontrol panel ini didalam VPS atau dedicated server.

2 ISPConfig

ISPConfig adalah control panel open source (gratis) multi bahasa yang memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa server di bawah satu control panel. ISPConfig berlisensi di bawah lisensi BSD. Kontrol panel open source ini juga mampu mengelola FTP, SQL, BIND DNS, database dan virtual server.

3 Zpanel

Zpanel adalah control panel hosting yang disediakan secara gratis dan sangat mudah digunakan pada kontrol panel webhosting kelas enterprise seperti Linux, UNIX, MacOS, dan Microsoft Windows.

4 Webmin

Webmin merupakan Control panel hosting yang powerfull dan sangat fungsional. Software yang dirancang untuk platform Unix dan Linux dengan cara yang sederhana. Webmin cukup mampu untuk mengelola berbagai komponen lingkungan Server berbasis web.


5 EHCP

EHCP (Easy Hosting Control Panel) adalah software control panel gratis untuk menjaga server hosting berbasis web. Dengan penggunaan EHCP Anda dapat mengelola database MySQL,account email, account domain, account FTP dan banyak lagi. Ini adalah satu-satunya control panel yang telah built-in support untuk Nginx dan PHP-FPM yang tidak menggunakan Apache dan memberikan kinerja yang baik untuk server low end.

Next Post Previous Post