CPanel Hosting | Aplikasi untuk Mengelola dan mengatur Hosting [1]


CPanel Hosting - Apa itu CPanel hosting? cPanel hosting adalah kepanjangan cari Control Panel hosting, adalah aplikasi web yang digunakan untuk melakukan manajemen seluruh aspek layanan hosting. Cpanel dipasang pada komputer server hosting yang berfungsi membantu anda dalam mengelola file, domain, database dan banyak lagi.

Salah satu materi Administrasi sistem jaringan kelas 12 semester 1 adalah mempelajari control panel hosting.

CPanel hosting yang terkenal dan sudah menjadi standar perusahaan yang bergerak di bidang hosting adalah merk Cpanel

CPanel adalah contoh aplikasi Control panel hosting, merupakan merk dagang dari Cpanel dan WHM yang didirikan oleh J. Nick Koston pada tahun 1997.

Cpanel tidak gratis, untuk menggunakan aplikasi control panel hosting ini, kalian harus membayar iuran bulanan paling murah $15.

Nah sebelum membahas CPanel hosting, kita bahas dulu apa itu Hosting? Mari kita lanjutkan...

Materi pokok: Memahami Control Panel di penyedia Hosting



1 Pengertian hosting

Hosting adalah istilah untuk komputer yang menampung file dan data-data yang diperlukan oleh sebuah website atau aplikasi berbasis web sehingga dapat diakses lewat Internet.

Komputer ini disebut server...

Karena umumnya hosting digunakan untuk menampung file web, maka disebut juga web hosting. Hosting sendiri sebenarnya adalah sebuah komputer server yang dikelola oleh perusahaan penyedia layanan hosting.

Jadi jika anda sedang membuat aplikasi web dan ingin diakses oleh semua orang termasuk dari Internet, maka kalian butuh web server.

Web server siap jadi tentunya ada di Hosting, karena teknisi perusahaan sudah mengkonfigurasi dan menyiapkan web server secara otomatis.

Perusahaan penyedia hosting di Indonesia sangat banyak, diantaranya:

  1. Niagahoster
  2. Exabytes
  3. Jagoan hosting
  4. Domainesia

2 Tipe-tipe hosting

Hosting sebenarnya adalah sebuah komputer server yang di konfigurasi khusus untuk menampung file sebuah website dan dapat diakses oleh Internet.

Perusahaan yang menyediakan server khusus ini disebut perusahaan web hosting. Ada banyak cara perusahaan menjual atau menyewakan hosting mereka ke pelanggan.

Sebagai contoh, Niagahoster menyediakan paket hosting murah dengan nama yang unik, seperti paket bayi, paket pelajar dan paket bisnis.

Ada banyak tipe hosting yang harus diketahui anak TKJ, tapi ini 4 tipe yang sering dijual, diantaranya:

  1. Shared Hosting
  2. Dedicated Hosting / Colocation
  3. Cloud Hosting
  4. Virtual Private Server


A Shared hosting

Shared hosting adalah layanan hosting paling umum dijumpai saat kalian baru pertama kali menyewa hosting.

Cara kerja Shared hosting adalah berbagi tempat dan layanan dengan pengguna lain dalam 1 server. Para penyewa layanan shared hosting akan berbagi resource & kapasitas server bersama-sama.


Jadi karena Shared hosting menggunakan 1 server di gotong bersama-sama user yang lain, harga sewanya menjadi paling murah dan paling ekonomis. Namun tentu saja banyak batasan dan aturan yang harus Anda hormati ketika menggunakan shared hosting.


B Dedicated hosting

Dedicated hosting adalah layanan hosting dengan sistem menyewa komputer server dengan jumlah user terbatas. Kalo dibaratkan, 1 komputer server hanya diperuntukan 2 hingga 4 user saja dengan resource yang telah ditetapkan.

Cara kerja Dedicated hosting adalah berbagi tempat dan layanan dengan pengguna lain dalam 1 server dengan jumlah user terbatas. Para penyewa layanan Dedicated hosting akan diberi ruang tersendiri sehingga lebih leluasa mengelola webnya.


Efeknya adalah Dedicated hosting secara harga dan layanan jauh lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.

B.1 Colocation

Colocation (kolokasi) adalah layanan perusahaan web hosting yang menyewakan tempat, listrik dan koneksi komputer server secara khusus kepada user. Komputer server sepenuhnya bisa dari pelanggan yang ditaruh di ruang server perusahaan tersebut atau menyewa komputer server secara khusus yang disediakan perusahaan Hosting

C Cloud hosting

Cloud hosting adalah layanan hosting yang mirip dengan shared hosting. Bedanya, Cloud hosting memberikan layanan yang lebih flexibel karena secara virtual, file-file hosting kita akan dipasang dibeberapa server fisik sekaligus yang disebut cluster.

Dengan Cloud hosting, saat 1 server down, maka server berikutnya akan mengambil alih tugas sampai server kembali up

Secara harga dan kualitas, Cloud hosting sama bahkan lebih murah daripada shared hosting, tetap memiliki kehandalan yang lebih baik.


D Virtual Private server

Virtual Private Server adalah hosting yang menggunakan 1 server fisik, yang dibagi lagi ke beberapa server virtual. Masing-masing server virtual berjalan seperti dedicated server.

VPS mirip dengan dedicated hosting. Perbedaan antara keduanya terletak pada sistem layanan.


Virtual Private server yang anda sewa harus dikonfigurasi secara mandiri, beda dengan dedicated hosting, anda tinggal pakai karena semua hal sudah disettingkan oleh teknisi perusahaan layanan web hosting.


3 Pengertian Control panel (CPanel)

cPanel adalah control panel yang digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan web hosting yang meliputi manajemen file, database, domain, security dan banyak lagi.

Setelah anda memutuskan menyewa hosting, perusahaan hosting akan memberikan layanan berupa hak akses untuk mengelola lebih lanjut seluruh layanan server secara mandiri melalui CPanel.

Untuk mempermudah pengelolaan dan konfigurasi hosting kamu, maka dibutuhkan aplikasi Control panel hosting. Yang paling terkenal adalah aplikasi Cpanel.

Apa saja yang dapat dikelola oleh CPanel? Ini yang paling sering:

  1. File (Upload download file ke server web hosting)
  2. Database server (konfigurasi Mysql/MariaDB dengan aplikasi phpMyadmin)
  3. Domain server (konfigurasi nama domain jika diperlukan)
  4. Software (konfigurasi beberapa software seperti PHP, App installer dan sebagainya)
  5. Menu lainnya jarang di gunakan
Saat kalian menyewa sebuah hosting, biaya sewa biasanya sudah termasuk mendapat sebuah aplikasi Cpanel yang berguna mengelola server secara mandiri.



4 Aplikasi CPanel hosting

Aplikasi control panel hosting tidak hanya Cpanel saja. Ada banyak aplikasi CPanel hosting yang dapat dipasang secara gratis. Tapi yang namanya gratisan, tentu tidak sebaik dan selengkap yang berbayar seperti Cpanel.

A Plesk

Plesk adalah CPanel hosting yang mirip dengan cPanel. Plesk memungkinkan Anda untuk mengelola account hosting Anda melalui antarmuka berbasis web. Anda dapat menginstall kontrol panel ini didalam VPS atau dedicated server.

B ISPConfig

ISPConfig adalah control panel open source (gratis) multi bahasa yang memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa server di bawah satu control panel. ISPConfig berlisensi di bawah lisensi BSD. Kontrol panel open source ini juga mampu mengelola FTP, SQL, BIND DNS, database dan virtual server.

C Zpanel

Zpanel adalah control panel hosting yang disediakan secara gratis dan sangat mudah digunakan pada kontrol panel webhosting kelas enterprise seperti Linux, UNIX, MacOS, dan Microsoft Windows.

D Webmin

Webmin merupakan Control panel hosting yang powerfull dan sangat fungsional. Software yang dirancang untuk platform Unix dan Linux dengan cara yang sederhana. Webmin cukup mampu untuk mengelola berbagai komponen lingkungan Server berbasis web.


E EHCP

EHCP (Easy Hosting Control Panel) adalah software control panel gratis untuk menjaga server hosting berbasis web. Dengan penggunaan EHCP Anda dapat mengelola database MySQL,account email, account domain, account FTP dan banyak lagi. Ini adalah satu-satunya control panel yang telah built-in support untuk Nginx dan PHP-FPM yang tidak menggunakan Apache dan memberikan kinerja yang baik untuk server low end.


5 Pengertian Domain

Saat kalian menyewa hosting, biasanya anda akan ditawari membeli domain juga.

Pengertian nama Domain adalah nama (identitas) unik dari sebuah alamat IP komputer server yang dapat diakses dari mana saja (melalui internet).


Nama domain terdiri atas dua unsur utama. Coba lihat domain rsetiawan.com.

Pertama, domain bisa berupa nama pemilik, nama usaha, nama kantor, nama produk dan sebagainya. Kebetulan nama domain ini adalah inisial nama saya, (rsetiawan) dan ekstensi nama domain (.com) berarti commercial (bisa buat pribadi atau keperluan komersial)

Pada saat perusahaan (atau orang pribadi seperti saya) membeli nama domain dan shared hosting, sebenarnya kita menyewa 3 unsur, IP adddress servernya, Ruang hardisknya dan Nama domain agar mudah diakses.
Next Post Previous Post