--> Skip to main content

4 Gerbang logika kombinasi: NAND,NOR, XOR dan XNOR

Pengertian gerbang logika kombinasi, simbol dan tabel kebenaran | Materi wajib bagi siswa…

4 gerbang logika kombinasi, simbol dan tabel kebenaran

Pengertian gerbang logika kombinasi, simbol dan tabel kebenaran | Materi wajib bagi siswa SMK yang ingin belajar Sistem Digital

Gerbang logika kombinasi adalah rangkaian gerbang logika dasar yang di kombinasikan sehingga membentuk logika dengan output yang baru.

Ada 4 gerbang logika kombinasi yang diciptakan dengan fungsi masing-masing;
  • NAND adalah gerbang logika kombinasi dari NOT dan AND
  • NOR adalah gerbang logika kombinasi dari NOT dan OR
  • XOR adalah gerbang logika kombinasi Xclusive OR
  • XNOR adalah gerbang logika kombinasi dari Xclusive NOT dan OR

Pada pertemuan sebelumnya, saya sudah membahas tentang 3 gerbang logika dasar yang menjadi cikal bakal berkembangnya teknik elektronika digital seperti saat ini.

Saya ulas kembali bahwa teknik digital sebenarnya adalah usaha mengubah sinyal listrik yang masih berbentuk sinus (analog/pulse) menjadi sinyal listrik berbentuk kotak (square), dimana naik turunnya pulse mewakili hanya 2 kondisi, yaitu LOW dan HIGH.

4 gerbang logika kombinasi, simbol dan tabel kebenaran
Gambar 1. Ilustrasi sinyal listrik yang belum di konversi masih berbentuk gelombang sinus (sine wave).Sinyal listrik dapat di visualkan oleh alat yang bernama osiloskop


Kondisi LOW dan HIGH inilah yang di manfaatkan sebagai data flow (aliran data) yang terdiri dari 0 dan 1.

Gerbang logika dasar
Gambar 2. Dengan mengkonversi sinyal sinus ke square, ini merupakan penemuan paling jenius karena cikal bakal analog to digital sudah menemukan jalannya


Coba kita ilustrasikan, bagaimana cara keyboard komputer bekerja? Ya, keyboard dapat bekerja karena ada daya listrik yang mengalir didalamnya. Tuts keyboard hanyalah sebuah saklar kecil yang bekerja saat kita pencet saja. Semacam ON dan OFF.

Nah bagaimana keyboard komputer yang kita pencet tersebut menampilkan huruf A? Well, mulai penasaran 'kan? Kita bahas pada postingan blog berikutnya ya?



4 gerbang logika kombinasi

Ada 4 gerbang logika kombinasi hasil dari gabungan satu atau lebih gerbang dasar.

1.Gerbang logika NAND Simbol dan tabel kebenaran

Gerbang NAND adalah gabungan gerbang NOT dan AND mempunyai dua atau lebih sinyal masukan (input) tetapi hanya satu sinyal keluaran (output).

Gerbang NAND mempunyai sifat kebalikan dari AND. Bila sinyal keluaran ingin HIGH (1) salah satu atau kedua-dua input harus dalam keadaan LOW (0). Jika kedua input bernilai HIGH (1), maka output akan LOW (0).

Komponen elektronika dari gerbang NAND adalah IC 74HC00, sebuah chip yang didalamnya terdapat 4 gerbang AND dengan 2 input. Variannya cukup banyak, ada yang DIP,DIL dan SMD.

Oiya, dipasaran, IC 74HC00 bisa jadi sebutannya beda-beda, ada 7400 aja, ada SN7400, ada 74LS00. Kesemuanya sama fungsinya, yang membedakan adalah segi fisik, range tegangan, dan yang pasti pabrik pembuatnya.

Gerbang logika kombinasi NAND
Gambar 2. Data sheet IC 74HC00 Quad two Input NAND gate ( 4 gerbang NAND 2 input)

Seperti terlihat di gambar 2 datasheet IC 74HC00 memiliki 14 pin (kaki). Pin 14 adalah VCC (tegangan+) dan pin 7 adalah GND (ground, tegangan-) dari baterai atau power supply. Pada datasheet juga ada informasi jangkauan tegangan VCC IC 74HC00 mulai dari 3Volt sampai 15Volt.

Gerbang logika kombinasi NAND
Gambar 3.Simbol dan tabel kebenaran gerbang NAND




2.Gerbang logika NOR Simbol dan tabel kebenaran

Gerbang NOR adalah gabungan gerbang NOT dan OR, mempunyai dua atau lebih sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran.

Gerbang NOR mempunyai sifat kebalikan dari OR, bila sinyal keluaran ingin LOW (0) maka salah satu atau semua sinyal masukan harus dalam keadaan HIGH (1). Jika kedua input bernilai LOW (0), maka output akan HIGH (1).

Komponen elektronika dari gerbang NOR adalah IC 74HC02, sebuah chip yang didalamnya terdapat 4 gerbang NOR dengan 2 input. Variannya cukup banyak, ada yang DIP,DIL dan SMD.

Oiya, dipasaran, IC 74HC02 bisa jadi sebutannya beda-beda, ada 7402 aja, ada SN7402, ada 74LS02. Kesemuanya sama fungsinya, yang membedakan adalah segi fisik, range tegangan, dan yang pasti pabrik pembuatnya.

Gerbang logika kombinasi NOR
Gambar 4. Data sheet IC 74HC02 Quad two Input NOR gate ( 4 gerbang NOR 2 input)

Seperti terlihat di gambar 4 datasheet IC 74HC02 memiliki 14 pin (kaki). Pin 14 adalah VCC (tegangan+) dan pin 7 adalah GND (ground, tegangan-) dari baterai atau power supply. Pada datasheet juga ada informasi jangkauan tegangan VCC IC 74HC02 mulai dari 3Volt sampai 15Volt.

Gerbang logika kombinasi NOR
Gambar 5.Simbol dan tabel kebenaran gerbang NOR




3.Gerbang logika kombinasi X-OR

Gerbang XOR adalah gabungan 3 gerbang logika dasar yaitu NOT, OR dan AND, mempunyai dua atau lebih sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran.

Gerbang XOR mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin HIGH (1) maka kedua input harus dalam keadaan logika yang berbeda. Jika kedua input bernilai logika yang sama, maka output akan LOW (1).

Komponen elektronika dari gerbang XOR adalah IC 74HC86, sebuah chip yang didalamnya terdapat 4 gerbang XOR dengan 2 input. Variannya cukup banyak, ada yang DIP,DIL dan SMD.

Oiya, dipasaran, IC 74HC86 bisa jadi sebutannya beda-beda, ada 7486 aja, ada SN7486, ada 74LS86. Kesemuanya sama fungsinya, yang membedakan adalah segi fisik, range tegangan, dan yang pasti pabrik pembuatnya.

Gerbang logika dasar XOR
Gambar 6. Data sheet IC 74HC86 Quad two Input XOR gate ( 4 gerbang XOR 2 input)

Seperti terlihat di gambar 6 datasheet IC 74HC86 memiliki 14 pin (kaki). Pin 14 adalah VCC (tegangan+) dan pin 7 adalah GND (ground, tegangan-) dari baterai atau power supply. Pada datasheet juga ada informasi jangkauan tegangan VCC IC 74HC86 mulai dari 3Volt sampai 15Volt.

Gerbang logika dasar XOR
Gambar 7.Simbol dan tabel kebenaran gerbang XOR. Agar output HIGH, kedua input gerbang XOR harus berbeda logika




4.Gerbang logika kombinasi X-NOR Simbol dan tabel kebenaran

Gerbang XNOR adalah gerbang Exclusive Not OR, mempunyai dua atau lebih sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran.

Gerbang XNOR mempunyai sifat kebalikan dari XOR, bila sinyal keluaran ingin HIGH (1) maka kedua input harus dalam keadaan logika yang sama. Jika kedua input bernilai logika berbeda , maka output akan LOW (0).

Komponen elektronika dari gerbang XNOR adalah IC 74HC266, sebuah chip yang didalamnya terdapat 4 gerbang XNOR dengan 2 input. Variannya cukup banyak, ada yang DIP,DIL dan SMD.

Oiya, dipasaran, IC 74HC266 bisa jadi sebutannya beda-beda, ada 74266 aja, ada SN74266, ada 74LS266. Kesemuanya sama fungsinya, yang membedakan adalah segi fisik, range tegangan, dan yang pasti pabrik pembuatnya.

Gerbang logika dasar XNOR
Gambar 8. Data sheet IC 74HC266 Quad two Input XNOR gate ( 4 gerbang XNOR 2 input)

Seperti terlihat di gambar 8 datasheet IC 74HC266 memiliki 14 pin (kaki). Pin 14 adalah VCC (tegangan+) dan pin 7 adalah GND (ground, tegangan-) dari baterai atau power supply. Pada datasheet juga ada informasi jangkauan tegangan VCC IC 74HC66 mulai dari 3Volt sampai 15Volt.

Gerbang logika dasar XNOR
Gambar 9.Simbol dan tabel kebenaran gerbang XNOR.




Tugas kuiz dan portofolio Memahami gerbang logika kombinasi
  1. Kerjakan soal-soal Memahami gerbang logika kombinasi yang sudah dibagikan gurumu melalui Google Classroom kalian
  2. Carilah informasi tentang aplikasi simulasi elektronika gerbang logika dan cara pengoperasiannya
  3. Buatlah video penjelasannya (kurleb 5 menit), kemudian upload ke channel youtube kalian masing-masing
  4. Tag akun @rudysetiawanst(instagram) dan rudysetiawansst(facebook)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar