--> Skip to main content

3 Gerbang logika dasar: AND, OR dan NOT

Pengertian gerbang logika dasar, simbol dan tabel kebenaran | Materi wajib bagi siswa SMK…

Gerbang logika

Pengertian gerbang logika dasar, simbol dan tabel kebenaran | Materi wajib bagi siswa SMK yang ingin belajar Sistem Digital

IC ttl gerbang logika
Gerbang Logika Dasar (Basic Logic Gates) adalah sebuah rangkaian terpadu (Integrated Circuit) yang disusun dari komponen Transistor Logic (TTL) untuk melakukan pengolahan input berupa sinyal LOW atau HIGH dan menghasilkan 1 output.

Ada 3 gerbang logika dasar yang diciptakan dengan fungsi masing-masing;
  • AND
  • OR
  • NOT



Seperti terlihat pada gambar diatas, Gerbang logika tersebut sudah dicetak dalam bentuk DIP (dual inline pins) dengan kemasan kompak dan ramping, bahkan ukuran IC ini masih terbilang besar jika merujuk pada komponen elektronika digital yang makin hari makin kecil saja.

Supaya gerbang logika ini berfungsi sesuai harapan, maka digunakanlah TeoreMa Aljabar Boolean dimana sinyal LOW atau HIGH diwakili angka 0 dan 1 sehingga pada saat proses rancangan rangkaian logika mendapat 1 output yang bermakna.

Ketika berbicara tentang komputer dan turunannya, rasanya kurang afdol kalau tidak berbicara tentang sinyal listrik analog dan digital.

Digital sendiri berkonotasi sebagai sinyal listrik yang dari awal mulanya berbentuk sinus (analog) kemudian dirubah menjadi sinyal listrik berbentuk kotak (square) dimana perubahan sinyal naik turunnya mewakili hanya 2 kondisi, yaitu LOW dan HIGH.

Kondisi LOW dan HIGH bisa diterjemahkan sebagai kondisi 0 dan 1, OFF dan ON. Pada praktiknya, kondisi LOW dan HIGH atau 0 dan 1 dapat dimanipulasi dengan hanya merubah tegangan 0 Volt ke 5 Volt.

Gerbang logika dasar
Gambar 1. Dengan mengkonversi sinyal sinus ke square, ini merupakan penemuan paling jenius karena cikal bakal analog to digital sudah menemukan jalannya


Kata kunci disini adalah Konversi dari sinyal listrik analog ke sinyal digital. Fungsi utama merubah sinyal analog ke digital adalah tingkat akurasi yang tinggi karena sinyal selalu tetap dan konstan sehingga kondisi 0 dan 1 dapat dimanipulasi menjadi data yang bermakna.

Supaya menjadi data yang bermakna, maka perlu adanya sebuah rangkaian logika yang dapat diprogram agar output (keluaran) sesuai harapan. Oleh sebab itu, hari ini kita belajar gerbang logika.


3 Gerbang logika dasar

Ada 3 gerbang logika dasar sebagai cikal bakal berkembangnya teknologi digital seperti sekarang ini. Gerbang-gerbang logika inilah yang akan mengolah sinyal listrik yang tak berarti apa-apa menjadi sebuah data.

1.Gerbang logika AND simbol dan tabel kebenaran

Gerbang AND mempunyai dua atau lebih sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang AND mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin HIGH (1) maka semua sinyal masukan harus dalam keadaan HIGH (1). Jika ada salah satu input bernilai 0, maka output akan 0.

Contoh Komponen elektronika dari gerbang AND adalah IC 74HC08, sebuah chip yang didalamnya terdapat 4 gerbang AND dengan 2 input. Variannya cukup banyak, ada yang DIP,DIL dan SMD.

Oiya, dipasaran, IC 74HC08 bisa jadi sebutannya beda-beda, ada 7408 aja, ada SN7408, ada 74LS08. Kesemuanya sama fungsinya, yang membedakan adalah segi fisik, range tegangan, dan yang pasti pabrik pembuatnya.

Gerbang logika dasar AND
Pengertian AND Logic gate,simbol dan tabel kebenaran


Gerbang logika dasar AND
Gambar 2. Data sheet IC 74HC08 Quad two Input AND gate ( 4 gerbang AND 2 input)


Seperti terlihat di gambar 2 datasheet IC 74HC08 memiliki 14 pin (kaki). Pin 14 adalah VCC (tegangan+) dan pin 7 adalah GND (ground, tegangan-) dari baterai atau power supply. Pada datasheet juga ada informasi jangkauan tegangan VCC IC 74HC08 mulai dari 3Volt sampai 15Volt.

Analogi gerbang logika AND terhadap rangkaian listrik
Gerbang logika dasar AND
Gambar 3.Analogi gerbang AND pada rangkaian listrik

Analogi dari gerbang AND menggunakan rangkaian listrik adalah seperti ini...

Kondisi OPEN = logika 0 ( Off )
Kondisi CLOSE = logika 1 ( On )
S1, S2 = Saklar On/Off

Saat saklar S1 dan S2 Open (logika 0) atau kedua input berlogika 0 maka lampu akan Off. Jika salah satu atau kedua saklar S1 atau S2 Open (logika 0) maka Lampu akan menyala (Off)

Kesimpulan...

Lampu akan ON jika Saklar S1 dan S2 Close (On = 1). Kata kuncinya DAN (AND)


2. Gerbang logika OR simbol dan tabel kebenaran

Gerbang OR mempunyai dua atau lebih sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang OR mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin LOW (0) maka semua sinyal masukan harus dalam keadaan LOW (0). Jika ada salah satu input bernilai 1, maka output akan 1.

Contoh Komponen elektronika dari gerbang OR adalah IC 74HC32, sebuah chip yang didalamnya terdapat 4 gerbang OR dengan 2 input. Variannya cukup banyak, ada yang DIP,DIL dan SMD.

Oiya, dipasaran, IC 74HC32 bisa jadi sebutannya beda-beda, ada 7432 aja, ada SN7432, ada 74LS32. Kesemuanya sama fungsinya, yang membedakan adalah segi fisik, range tegangan, dan yang pasti pabrik pembuatnya.

Gerbang logika dasar OR
Pengertian OR Logic gate,simbol dan tabel kebenaran


Gerbang logika dasar or
Gambar 4. Data sheet IC 74HC32 Quad two Input OR gate ( 4 gerbang OR 2 input)

Seperti terlihat di gambar 4 datasheet IC 74HC32 memiliki 14 pin (kaki). Pin 14 adalah VCC (tegangan+) dan pin 7 adalah GND (ground, tegangan-) dari baterai atau power supply. Pada datasheet juga ada informasi jangkauan tegangan VCC IC 74HC32 mulai dari 3Volt sampai 15Volt.

Analogi gerbang logika OR terhadap rangkaian listrik
Gerbang logika dasar or
Gambar 5.Analogi gerbang OR pada rangkaian listrik

Analogi dari gerbang OR menggunakan rangkaian listrik adalah seperti ini...

Kondisi OPEN = logika 0 ( Off )
Kondisi CLOSE = logika 1 ( On )
S1, S2 = Saklar On/Off

Saat saklar S1 dan S2 Open (logika 0) atau kedua input berlogika 0 maka lampu akan Off. Jika salah satu atau kedua saklar S1 atau S2 Close (logika 1) maka Lampu akan menyala (On)

Kesimpulan...
Lampu akan ON jika salah satu dari Saklar S1 atau S2 Close (On = 1). Kata kuncinya ATAU (OR)


3.Gerbang logika NOT simbol dan tabel kebenaran

Gerbang NOT berfungsi sebagai pembalik (Inverter), yang mana outputnya akan bernilai terbalik dengan inputannya. Jika ingin output HIGH, maka input harus LOW. Kebalikannya jika output ingin LOW, maka input harus HIGH.

Gerbang logika dasar NOT
Pengertian NOT Logic gate,simbol dan tabel kebenaran


Contoh Komponen elektronika dari gerbang NOT adalah IC 74HC07, sebuah chip yang didalamnya terdapat 6 gerbang NOT. Variannya cukup banyak, ada yang DIP,DIL dan SMD.

Oiya, dipasaran, IC 74HC07 bisa jadi sebutannya beda-beda, ada 7407 aja, ada SN7407, ada 74LS07. Kesemuanya sama fungsinya, yang membedakan adalah segi fisik, range tegangan, dan yang pasti pabrik pembuatnya.

Gerbang logika dasar not
Gambar 6. Data sheet IC 74HC07 6 gerbang NOT


Seperti terlihat di gambar 6 datasheet IC 74HC07 memiliki 14 pin (kaki). Pin 14 adalah VCC (tegangan+) dan pin 7 adalah GND (ground, tegangan-) dari baterai atau power supply. Pada datasheet juga ada informasi jangkauan tegangan VCC IC 74HC07 mulai dari 3Volt sampai 15Volt.

Analogi gerbang logika NOT terhadap rangkaian listrik
Gerbang logika dasar not
Gambar 7.Analogi gerbang OR pada rangkaian listrik

Kondisi OPEN = logika 0 ( Off )
Kondisi CLOSE = logika 1 ( On )
S1 = Saklar On/Off
Relay = Saklar S dipengaruhi magnet

Di dalam relay kondisi NC (normally close alias gak diapa-apain) adalah kondisi Saklar S tidak bekerja, sedang NO (normally open) saat Saklar S bekerja atau kena pengaruh magnet.

Pada saat saklar S1 di tekan Close (logika 1), maka relay akan bekerja magnet menarik Saklar S ke arah NO, akibatnya lampu menjadi Off (logika 0).

Ketika saklar S1 posisi kita open (logika 0), justru lampu menjadi ON (logika 1).

Kesimpulan...
Lampu akan On (logika 1) jika saklar S1 Off (logika 0) dan kebalikannya


Oiya, yang penasaran sumber inspirasi postingan ini dari mana? Nih dari IG nya @rsetiawanst. Kepoin aja ya...

Lihat postingan ini di Instagram

Ketika berbicara tentang komputer dan teknik elektronika digital, rasanya kurang afdol kalau tidak berbicara tentang sinyal listrik analog dan digital. ⁣ ⁣ Digital sendiri berkonotasi sebagai sinyal listrik yang dari awal mulanya berbentuk sinus (analog) kemudian dirubah menjadi sinyal berbentuk kotak (square) dimana perubahan sinyal naik turun mewakili hanya 2 kondisi saja, yaitu LOW ketika sinyal posisi dibawah dan HIGH sinyal posisi di atas.⁣ ⁣ LOW bisa dianalogikan sebagai OFF, False, Tegangan dibawah 1.5volt atau angka 0. HIGH kebalikannya bisa ON, True, tegangan diatas 2.5volt atau angka 1.⁣ ⁣ Penasaran dengan mapel Sistem Komputer? Yuk belajar bareng... cek blog kami di link berikut⁣ ⁣ bit.ly/3gerbanglogikadasar⁣ ⁣ #SistemKomputer ⁣ #teknikdigital #teknikkomputerjaringan⁣ #tkjok

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rudy Setiawan (@rudysetiawanst) pada



Tugas kuiz dan portofolio Memahami gerbang logika dasar
  1. Kerjakan soal-soal Memahami gerbang logika yang sudah dibagikan gurumu melalui Google Classroom kalian
  2. Carilah informasi tentang aplikasi simulasi elektronika gerbang logika dasar dan cara pengoperasiannya
  3. Buatlah video penjelasannya (kurleb 5 menit), kemudian upload ke channel youtube kalian masing-masing
  4. Tag akun @rudysetiawanst(instagram) dan rudysetiawansst(facebook)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar