Pengertian Gateway dan NAT | Fungsi dan cara kerjanya


Pengertian gateway dam NAT - Gateway merupakan "simpul" jaringan yang menghubungkan dua jaringan berbeda yang menggunakan protokol yang berbeda juga untuk berkomunikasi.

Dalam istilah yang paling mendasar, gateway adalah tempat data berhenti dalam perjalanan ke atau dari jaringan lain. Berkat gateway, kita dapat berkomunikasi dan mengirim data bolak-balik satu sama lain. Tapi ada satu lagi yang membantu proses komunikasi tersebut, yaitu NAT.

Pengertian Gateway dan NAT


Pengertian Gateway

Gateway adalah pintu gerbang (gateway) sebuah packet data yang akan dikirim ke network lain, oleh perangkat gateway.

Peralatan gateway umumnya berupa router, karena fungsi utama router adalah merouting paket. Fungsi lainya, menghubungkan 2 atau lebih jaringan yang berbeda segmen.

Kapan dibutuhkan gateway?

Gateway dibutuhkan kalau kamu mau kirim paket data pada komputer atau host yang tidak 1 network.

Coba perhatikan gambar 1 dibawah.



Menurut kalian, koneksi jaringan diatas butuh gateway tidak? Ya betul, nggak butuh!


Coba perhatikan gambar dibawah.



Sekarang gimana menurut kalian, koneksi jaringan diatas butuh gateway tidak? Ya betul, nggak butuh!


Kesimpulannya...

Kita butuh gateway ketika sebuah jaringan ternyata memiliki network yang berbeda. Contohnya gini...



Laptop dan PC adalah 2 komputer yang disetting berbeda jaringan. Laptop di Network 192.168.10.0/24 dan PC di Network 192.168.20.0/24. Nah mari kita analisa...

Gateway laptop
Untuk dapat mengirim paket data, misal melakukan PING ke PC, maka paket ICMP (ping) akan melewati interface eth1 pada router.

Interface eth1 pada router disetting dengan IP 192.168.10.2/24. Dari interface eth1, paket data akan dirouting (arahkan) ke interface eth2 router diteruskan ke PC.


Gateway PC
PC akan menerima paket data ICMP berupa Ping dari laptop, dari interface eth2 pada router.

Interface eth2 pada router disetting dengan IP 192.168.20.2/24. Setelah diterima, PC akan reply (menjawab) ke Laptop melalui interface eth2, dilanjutkan akan dirouting (arahkan) ke interface eth1 pada router diteruskan ke Laptop.


Pengertian NAT (Network Address Translation)

Berbicara gateway, router selain merouting network-network yang berbeda agar dapat saling berkomunikasi, dia juga bertugas melakukan Tranlasi.

Salah satu tugas router adalah NAT (Network Address Translation), yaitu mengubah informasi IP header agar IP private dapat mengakses internet dengan IP Public.

Fungsi NAT yang paling sering dipakai adalah sebagai Internet gateway. Jadi kombinasi antara gateway dan NAT akan menjadi Internet Gateway.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url