17.11.19
- 17.11.19
Bagaimana membedakan Flashdisk palsu dengan yang asli?

Sahabat yang budiman, pasti hampir semua dari kita yang bekerja menggunakan komputer suka menyimpan datanya di Flashdisk. Salah satu kelebihan flashdisk adalah portabel dan flexibel.

Tapi belakangan ini, flashdisk yang dijual tidak semuanya asli. Banyak diantaranya Flashdisk tersebut asli tapi palsu karena menyaru merk-merk terkenal


*****


Nah, tentunya kita gak ingin ketipu, beli Flashdisk tapi gak bisa di pakai. oleh sebab itu kita harus mengetahui ciri-ciri flashdisk palsu yang banyak beredar di pasaran.

Cekidot...

Ciri-ciri flashdisk palsu

Flashdisk palsu yang banyak beredar bermerk terkenal seperti Kingstone,Sandisk dan Toshiba. Flashdisk palsu umumnya memanipulasi kapasitas penyimpanan. Yang paling sering di palsukan adalah Flashdisk dengan kapasitas 16Mb dan 32Mb. Wajar karena Flashdisk tersebut peminatnya mulai banyak.

Cara kerja Fake Capacity (kapasitas palsu) dari Flashdisk palsu adalah mengakali informasi kapasitas memory flashdisk seolah-olah memiliki besar sesuai yang tertera, misal 32 Megabyte. Pada saat anda memasukan flashdisk palsu tersebut di komputer pun, sistem akan mendeteksi dengan benar, sehingga kita percaya flashdisk tersebut baik-baik saja.

Biasanya, kita menyadari ada yang tidak beres dari Flashdisk tersebut saat beroperasi, misal untuk transfer file yang rada gede ukurannya, kecepatannya transfer ratenya gak stabil. Lalu pas selesai, file hasil copian jadi korup dan gak terbaca.

So, untuk mencegah hal demikian terjadi pada anda, baca ciri-ciri flashdisk palsu ini lebih lanjut.

Harga flashdisk kapasitas besar tapi murah banget

Siapa yang gak tergoda, ada flashdisk ukuran 32Mb dijual dengan harga murah bingit! Ini seharusnya menjadi peringatan dini untuk waspada. Jaman udah canggih, baca-baca dulu reviewer yang banyak beredar. Buka marketplace dan bandingkan harga, layanan dan after servicenya gimana.

3 cara membedakan Flashdisk palsu dengan yang asli
Gambar 1. Cek perbandingan harga. Kenapa ada yang murah kenapa ada yang mahal, padahal merk dan kapasitasnya sama saja.


Saran dan tips sebelum membeli flashdisk
  • Survey di marketplace seperti bukalapak dan tokopedia
  • Tanyak ke penjual jika deskripsi Flashdisk yang mau dijual gak lengkap. Kenapa murah, ada garansi gak dll
  • Lihat feedback dari pembeli, apakah lebih banyak yang kecewa,komplain atau yang ok-ok saja

Transfer rate lambat, hasil copian corrupt

Flashdisk palsu akan mulai kelihatan masalahnya saat transfer file dan membuka file dari dalam flashdisk. Saat mengkopi file di bawah 1Mb, flashdisk berlaku normal. Tapi,saat mengkopi file diatas 10Mb misalnya Film, mulai deh masalah muncul, yang ketara banget adalah transfer rate lambat.

Normalnya, Flashdisk Kingstone dan Toshiba asli yang menggunakan teknologi USB2.0 secara teori kecepatan transfer file bisa mencapai 40Mbyte/detik. Tapi berdasarkan pengalaman, Flashdisk Kingstone asli saat tranfer file rata-rata 4-5Mbytes/detik itu udah bagus.

cara upload photo ke instagram via pc
Gambar 2. Pada saat transfer file, Flashdisk palsu kecepatannya sangat lambat. Setelah selesaipun, masalah belum kelar, filenya gak bisa dibuka alias corrupt.


Pada Flashdisk palsu, berdasarkan pengalaman, saat melakukan tranfer file rata-rata kecepatannya tidak stabil dan lambat sekali,sekitar 10-200Kilobytes/detik, bahkan kadang malah 0 bytes. Lah, setelah selesai copi, filenya malah gak bisa di buka, corrupt katanya...

Saran dan tips menguji flashdisk orang awam
  • Copy file-file besar seperti film ke dalam flashdisk
  • Amati perilaku transfer, apakah stabil walau lambat?
  • Play film-film tersebut langsung dari flashdisk, apakah film berjalan normal sampai selesai?

Ciri-ciri fisik Flashdisk palsu

Jika diperhatikan lebih teliti lagi, ada ciri-ciri tertentu yang membedakan Flashdisk Asli dengan yang palsu

Flashdisk Asli
  • Kepala Flashdisk (USB) yang dari besi itu biasanya tercetak informasi teknis, memiliki lekukan khusus, lubang-lubang khusus, pokoknya gak polos banget.
  • Jika diperhatikan seksama, besi kontak (didalam USB) terbuat / dilapisi oleh kuningan, sehingga umur colok cabut Flashdisk sangat lama. Berdasarkan info teknis, tes colok cabut kontak USB Flashdisk Toshiba lebih dari 100.000 kali
  • Flashdisk sekarang, saat ada proses transfer terlihat indikator LED yang menyala-nyala. Flashdisk asli indikator LED umumnya warna biru atau hijau
  • Flashdisk terbuat dari bahan yang baik, jika plastik, maka plastiknya terkesan mewah. Jika terbuat dari besi, maka besinya di finishing dengan baik.
  • Flashdisk asli dibungkus di dalam kemasan yang dibubuhi stiker hologram untuk menandai keasliannya

3 cara membedakan Flashdisk palsu dengan yang asli
Gambar 3. Ciri-ciri fisik Flashdisk palsu dan asli


Flashdisk palsu
  • Kepala Flashdisk (USB) polosan
  • Jika diperhatikan seksama, besi kontak (didalam USB) terbuat / dilapisi oleh nikel / besi warna putih
  • Flashdisk palsu indikator LED umumnya warna merah
  • Flashdisk terbuat dari bahan yang buram
  • Flashdisk palsu tidak ada hologram, atau kalo ada cuma palsu


Oke sahabat yang budiman, Itu sekelumit tips yang bisa saya berikan terkait 3 cara membedakan Flashdisk palsu dengan yang asli. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Jika kurang mengerti dan faham, ajukan pertanyaan dan komentar, InsyaAllaah dibalas...
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search