7.7.19
- 7.7.19
Bagaimana cara mendaftar Quipper learn Guru?

Quipper e-learning - Gadget adalah bagian yang tak bisa lepas dari siswa sekarang ini. Melarang menggunakan gadget saat pembelajaran bisa jadi akan merusak mood mereka untuk belajar.

Alih-alih melarang, seharusnya guru dapat mencari cara untuk terlibat dalam mengarahkan siswa agar memperoleh manfaat sebesar-besarnya dari Gadget mereka. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Quipper Learn for School


*****






Halo Assalamualaikum wr.wb sahabat Rudy Setiawan yang budiman!

Apa kabar? Tentu sehat dan bahagia selalu ya...

Bapak dan Ibu tentu sudah "pernah" mendengar istilah E-learning. Dulu, saya mendengar e-learning waktu masih kuliah, sekitar tahun 2003. Waktu itu kami diperkenalkan dengan pembelajaran berbasis internet, blended learning.

Konsepnya sederhana, yaitu mencampur (blended) metode pembelajaran klasikal (tatap muka) dengan pembelajaran mandiri terarah menggunakan aplikasi web, moodle kala itu.

Setelah selesai kuliah, saya tidak langsung diangkat menjadi guru PNS. Saya bertualang dulu menjadi karyawan di perusahaan telekomunikasi sampai beberapa waktu lamanya. Ndilalah, memang jalan hidup saya harus menjadi guru, maka sejak 2010 saya diterima PNS dengan jabatan Guru.

Pada awal 2010an, penetrasi internet dan gadget tidak terlalu signifikan. Metode mengajar menggunakan e-learning tentu tidak bisa saya terapkan kala itu, belum tepatnya.

Kini, ditahun 2019, gadget dan internet adalah hal biasa. Seharusnya kebermanfaatan e-learning sudah terasa, tapi sayang, memang tidak banyak sekolah yang memanfaatkan e-learning sebagai bagian dari pembelajaran.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan penetrasi internet yang makin merata, e-learning hadir dengan berbagai konsep dan konten yang lebih variatif.

Salah satu elearning yang cukup unik adalah Quipper learn.

Baca juga : Cara mendaftar Quipper learn Siswa


Quipper menyediakan sarana belajar yang asik, gaul banget, dan memiliki tampilan dan konten yang menarik khas aplikasi jaman now.

Pembelajaran e-learning seperti ini saya rasa cocok buat remaja usia sekolah yang tidak bisa lepas dari gadget. Kadang meski dilarang sekalipun, mereka akan tetap curi kesempatan untuk terus menggunakan gadget mereka.

Nah, daripada terus kucing-kucingan, lebih baik kita manfaatkan handphone dan gadget kita sebagai media bahan ajar berbasis TIK yang menyenangkan.

Oiya...kebetulan saya sudah lama menggunakan quipper learn versi Guru sebagai bagian dari proses belajar, jadi yuk buat para guru, kita belajar bareng bagaimana cara mendaftar Quipper learn versi guru.

Ikuti langkahnya sebagai berikut ya...

Bagaimana cara mendaftar Quipper learn Guru


Untuk mendaftar Quipper learn buat guru, Pastikan anda memiliki email yang valid, dapat diakses dan dibuka. Ini syarat utama kalau mau mendaftar quipper learn untuk Guru.

Dijaman sekarang, memiliki email itu wajib karena semua situs, web, bahkan aplikasi android dapat diakses karena kita memiliki email.

Langkah 1. Buka portal quipper school

Klik link berikut Quipper school portal. Jika dirasa susah, anda dapat mencarinya di google, ketik saja "Quipper".

Bagaimana langkah Cara mendaftar Quipper learn Guru
Langkah 1. Gunakan google untuk melakukan Pencarian dengan keyword Quipper. Pilihlah portal khusus untuk guru


Nanti, ada 2 pilihan portal, Guru atau siswa. Pilihlah portal Guru.

Langkah 2. Klik tombol bergabung


Cara mendaftar Quipper learn Guru
Langkah 2. Bergabunglah pada portal quipper learn khusus untuk guru. Ikuti langkahnya dengan seksama


Langkah 3. Mengisi form pendaftaran

Isilah form pendaftaran quipper guru dengan nama depan, belakang, alamat email yang valid (untuk konfirmasi dan validasi nanti) serta no.telepon (opsional)

Bagaimana Cara mendaftar Quipper learn Guru
Langkah 3. Isilah form pendaftaran sesuai dengan petunjuk


Langkah 4. Menghubungkan sekolah anda

Pilih provinsi dan sekolah anda.

Cara mendaftar Quipper learn Guru
Langkah 4. Hubungkan sekolah anda dengan mengisi form yang disediakan


Langkah 5. Crosscek pendaftaran


Cara mendaftar Quipper learn Guru
Langkah 5. Lakukan cek dan ricek pendaftaran. Pastikan semua data sudah benar.





Langkah 6. Masuk ke Dashboard Quipper School Guru

Selamat, anda sudah berhasil membuat akun Quipper untuk Guru. Sampai disini langkah kita sudah benar. Tapi tunggu...masih ada beberapa tahapan lagi untuk benar-benar anda dapat mengoperasikan Quipper for teacher.

Pertama, konfirmasi Email dulu

Cek email anda, nanti ada kiriman dari Quipper. Lakukan konfirmasi dulu ya. Klik link yang diberikan Quipper melalui alamat email bapak dan ibu.

Kedua,Menghubungi admin Sekolah

Nah, ini...baru ketemu masalahe. Status anda saat ini masih pending karena harus menunggu persetujuan admin sekolah (orang yang pertama kali mendaftar diquipper menggunakan nama sekolah bapak dan ibu)

*Jika anda yang pertama, amanlah itu!

Cara mendaftar Quipper learn Guru
Langkah 6. Pada Dashboard guru yang baru dibuat, anda wajib menghubungi admin sekolah yang akan mengubah status anda dari user biasa menjadi guru


Pada kasus saya, saya gak tau harus menghubungi siapa untuk mengaktifkan status menjadi guru atau admin. Sehingga saya langsung menghubungi kontak Quipper untuk berkonsultasi.

Untuk solusinya, saya bahas pada artikel berikutnya ya...lelah abang!

Baca juga : Kendala saat mendaftar Quipper learn Guru


Kesimpulan

Untuk bergabung dan mendaftar elearning quipper ternyata cukup mudah 'kan.

Nah sekarang bapak dan ibu tinggal tunggu saja, statusnya berubah menjadi guru dan writter bukan? Kalo belum dan buru-buru, anda dapat menghubungi kontak Quipper. Tenaangg, mereka ramah dan cepat tanggap kok!

Selamat belajar menggunakan quipper elearning!

Jika kurang mengerti dan faham, ajukan pertanyaan dan komentar, InsyaAllaah dibalas...
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search