15.6.19

Jobsheet Pemrograman: Menginstall Laragon, pengganti XAMPP

- 15.6.19

Laragon adalah aplikasi yang menjalankan Server seperti APACHE,NGINX, MySQL,PostgreSQL didalam sistem operasi Windows.

Laragon berguna untuk pengembangan aplikasi yang berjalan dibelakang Server, misal aplikasi berbasis web. Fitur utama Laragon adalah fleksibilitas dan penggunaan resource yang kecil sehingga Laragon lebih mumpuni dibanding pesaingnya, XAMPP




Bahasa pemrograman web yang berjalan pada sisi Server (Server side Script) paling populer saat ini adalah PHP. Programmer pencipta programming language PHP ini adalah Rasmus Lerdorf. la dilahirkan pada tanggal 22 November 1968 di Qeqertarsuaq, Greenland, Denmark.

Rasmus menulis dua versi pertama dari PHP, namun ia juga berpartisipasi dalam pengembangan versi-versi PHP selanjutnya yang dikembangkan oleh sebuah kelompok pengembang, termasuk di dalamnya Andi Gutmans dan Zeev Suraski, yang selanjutnya mendirikan Zend Technologies.

Aplikasi atau perangkat lunak (software) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu sistem komputer, disamping keberadaan pengguna (brainware), perangkat keras (hardware) dan jaringan (networking).

Sebuah Aplikasi dapat dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan lingkungan pengembangan,
  1. aplikasi berbasis desktop,
  2. aplikasi berbasis web dan
  3. aplikasi berbasis mobile.

Aplikasi berbasis desktop merupakan aplikasi yang memerlukan proses instalasi di setiap komputer yang akan menggunakannya. Contoh aplikasi berbasis desktop antara lain Microsoft Office, Mozilla Firefox, Adobe Photoshop dan Macromedia Dreamweaver.

Sementara itu, aplikasi berbasis web tidak memerlukan instalasi di setiap komputer karena aplikasi berada di Suatu server. Untuk membuka aplikasi cukup menggunakan browser yang terhubung melalui jaringan ke server. Situs web merupakan salah satu contoh jenis aplikasi berbasis web.

Jenis aplikasi yang ketiga yaitu aplikasi berbasis mobile merupakan aplikasi yang hanya dapat dijalankan pada perangkat bergerak (mobile) seperti handphone, smartphone dan PDA. Contoh dari jenis aplikasi ini antara lain browser Opera Mini, Blackberry Messenger (BBM), WhatsApp Messenger dan Facebook.

PHP singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor yaitu bahasa pemrograman web server-side yang bersifat open source. PHP merupakan script yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada sisi server (server side HTML embedded scripting).

PHP adalah script yang digunakan untuk membuat halaman website yang dinamis. Dinamis berarti halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diminta oleh client. Mekanisme ini menyebabkan informasi yang diterima client selalu yang terbaru/up to date. Semua script PHP dieksekusi pada sisi server di mana script tersebut dijalankan.

LARAGON

LARAGON adalah salah satu aplikasi bebas yang berfungsi sebagai server lokal (localhost), terdiri dari banyak server, terutama database (MySQL, postgreSQL,MongoDB), server web (Apache HTTP, Nginx).

Server Web

Sebenarnya saat kita berinternet menggunakan browser seperti Mozilla, Internet Explorer, Opera, dan Safari, halaman yang muncul di depan layar komputer kita adalah halaman yang diperoleh dari proses pemanggilan dengan menuliskan alamat sesuai nama file yang tersimpan didalam server web.

Server web adalah aplikasi yang berfungsi untuk melayani permintaan pemanggilan alamat dari pengguna melalui web browser, di mana web server mengirimkan kembali informasi yang diminta tersebut melalui HTTP (HiperText Transfer Protocol) untuk ditampilkan ke layar monitor.


Praktik menginstall Laragon-pengganti XAMPP yang powerfull
Facebook adalah contoh sebuah aplikasi berbasis web yang berjalan di sisi server


Server Database

Server Database berguna untuk menyimpan semua interaksi kita dengan web server. Saat kita membuka facebook, kita mengupdate status, berkirim pesan dan komentar, semua interaksi tersebut akan disimpan dalam sebuah Server Database.

Kombinasi Server web,Server Database ditambah dengan bahasa PHP, didapatlah aplikasi berbasis web yang sangat mudah dalam pengembangannya dan memiliki fleksibelitas tinggi karena dapat dijalankan platform sistem operasi manapun.

Tapi dengan catatan, minimal ada 1 aplikasi yaitu: web browser. (*Sekarang 99% Sistem operasi pasti memiliki Web browser, bahkan Android sekalipun...)

Web server dan Database Server didalam 1 komputer (localhost)

Programmer yang akan membangun sebuah aplikasi berbasis web membutuhkan web server dan database server khusus. Ini menjadi kendala besar karena programmer tersebut harus menyewa atau menyiapkan komputer server yang harganya lumayan tinggi.

Maka, muncul berbagai aplikasi web server dan database server yang dapat dipasang didalam komputer dan bekerja selayaknya server sungguhan.

Laragon muncul untuk memenuhi kebutuhan programmer web yang semakin kompleks. Membuat sebuah aplikasi web jaman now sebenarnya makin mudah dengan banyaknya framework PHP seperti Codeigniter, Laravel, PHPCake atau YII, dan seabreg lainnya.

Namun permasalahan utama saat menggunakan framework tertentu, ada syarat dan kondisi yang harus dipenuhi Server, dan XAMPP sebagai Server Lokal untuk pengembangan sulit memenuhi hal tersebut.

Keunggulan LARAGON dibanding dengan XAMPP


1. Eksekusi sangat cepat

Performa tinggi untuk pengembangan aplikasi berbasis web. Laragon dapat dijalankan pada Laptop karena menggunakan memory RAM yang sangat kecil, hanya 4MB.

Baca juga : Praktik menginstall XAMPP - server lokal pemrograman PHP

2. Mudah digunakan dan fleksibel

Laragon dibuat untuk kemudahan operasional. Fleksibel dalam memilih Server Web antara Apache atau Nginx. Bahkan berpindah versi PHP dari 5.7 ke 7.0 sangat mudah. Tambahan lagi berbagai bahasa pemrograman web seperti Ruby, Django, flask, Java, dan masih banyak lainnya.

IPK Praktik menginstall LARAGON

  1. Melaksanakan instalasi LARAGON berdasarkan contoh
  2. Mengoperasikan aplikasi LARAGON untuk membuat aplikasi berbasis web

Tujuan Praktik menginstall LARAGON

Melalui kegiatan praktikum menginstall LARAGON bahasa pemrograman PHP, anda dapat:
  1. Melaksanakan instalasi LARAGON berdasarkan contoh dengan benar
  2. Mengoperasikan aplikasi LARAGON untuk membuat aplikasi berbasis web dengan teliti

Alat dan bahan

  1. Komputer
  2. LARAGON, dapat di unduh melalui tautan ini

Langkah kerja : menginstall LARAGON bahasa pemrograman PHP


1. Hidupkan komputer masing-masing
Kemudian unduh (download) aplikasi LARAGON dari tautan alat dan bahan. Saat mengunduh aplikasi LARAGON , perhatikan versi system operasi yang didukung oleh aplikasi. Cek komputer kalian, versi windows dan bit agar tidak salah download (contoh windows 7 64bit)

2. Klik 2x aplikasi setup aplikasi LARAGON
Installer akan mulai memasang aplikasi pada komputer kalian masing-masing.


cara Praktik menginstall Laragon-pengganti XAMPP yang powerfull
Prosedur instalasi Laragon. Klik Next


3. Klik Next untuk melanjutkan proses instalasi LARAGON
Nah, secara default LARAGON memilih lokasi folder instalasi di C:\LARAGON. Klik Next untuk melanjutkan

langkah Praktik menginstall Laragon-pengganti XAMPP yang powerfull
Lokasi instalasi Laragon


4. Melakukan ceklist komponen yang akan ikut diinstall
Secara default juga, semua komponen akan terpilih. Klik Next.

prosedur Praktik menginstall Laragon-pengganti XAMPP yang powerfull
Ceklist komponen Laragon


5. Tunggu Proses instalasi LARAGON
Silahkan tunggu sesaat sampai instalasi LARAGON selesai. Klik Finish

Prosedur Operasional LARAGON

Untuk mengoperasikan LARAGON, ikuti beberapa langkah sebagai berikut:

Menyimpan dokumen root / file / script

File html, skrip PHP dan bahasa skrip lainnya seperti CSS, Javascript di simpan di folder C:\Laragon\www

Memulai / Start Server APACHE dan MySQL

Klik Start WINDOWS -> Klik Laragon App. Muncul windows untuk aplikasi LARAGON.Klik tombol Start All untuk memulai server Apache dan MySQL

langkah Praktik menginstall Laragon-pengganti XAMPP yang powerfull
Untuk memulai server pada Laragon sangat mudah, cukup klik tombol Start ALL


Secara default, LARAGON akan menjalankan server Apache dan MySQL. Untuk konfigurasi lebih lanjut, kita bahas di pertemuan berikutnya

Tugas Praktik

  1. Kerjakan praktikum diatas dengan seksama dan teliti
  2. Buatlah laporan praktikum untuk kegiatan menginstall LARAGON bahasa pemrograman PHP

Prosedur pengiriman tugas praktik

  1. Simpan tugas-tugas dengan format penamaan : nama_kelas_nama_tugas (contoh: rudy_XTKJ_praktik menginstall LARAGON bahasa pemrograman PHP)
  2. Kumpulkan hasil pekerjaan melalui ketua kelas ATAU kemudian Upload hasil tugasmu melalui link ini ==> upload tugas
Selamat bekerja

 

Start typing and press Enter to search