11.6.19

CPNS 2019 hadir lagi! 4 tips persiapan dokumen bebas masalah saat pendaftaran

- 11.6.19

PNS atau ASN, profesi idaman para calon mertua masa kini. Dulu..20 tahun yang lalu profesi ini kalah bersaing dengan Mandor, apalagi harus face to face dengan profesi Dokter,Insinyur, atau Bankir.

PNS sekarang beda, karena sudah layak bersanding sejajar dengan profesi keren lainnya. Wajar kalau sekarang setiap penerimaan CPNS dibuka, pelamarnya membludak. Salah satu penyebabnya karena kuota yang diterima memang sedikit, terus yang iseng melamar banyak...yah siapa tau aja lolos!




Assalamualaikum warohamtullahi wabarokaatuh
Selamat pagi sahabat Rudy Setiawan yang budiman...

Udah denger 'kan kalau Badan Kepegawaian Negara bakalan merilis informasi penerimaan CPNS 2019 setelah lebaran 1440H tahun ini?

Kalau udah denger, berarti bagi kamu yang kepingin banget jadi PNS, menjadi Aparatur Sipil Negara mulai dari sekarang siap-siap deh

Oiya, pada postingan yang lalu, saya sudah memaparkan panjang lebar tips dan trik saya ketika lulus CPNS. Meski sempat galau antara lanjut jadi CPNS atau gak, akhirnya pilihan jatuh tetap jadi PNS hingga sekarang.

Semenjak 2014 (kalau tidak salah...), format seleksi CPNS sedikit berbeda. Mulai dari pendaftaran dan pengiriman berkas dilakukan secara online. Setelah itu dilanjutkan dengan Ujian CPNS yang dikerjakan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test), semacam CBT (Computer Based Test) yaitu ujian yang menggunakan komputer sebagai medianya.

Sistem pendaftaran CPNS online memiliki beberapa keunggulan, diantaranya mudah,sederhana, dapat dilakukan darimana saja, transparan dan bebas "titipan", tapi yang bikin kesel, 1 NIK KTP cuma bisa daftar 1 formasi (Beda dengan sistem penerimaan CPNS dulu, kita bahkan bisa milih 3 formasi PNS yang beda lokasi dalam satu waktu,hihi).

Namun, sistem tetaplah sistem. Ada juga ribetnya.Nantilah saya ceritakan...

Nah beda lagi dengan CAT. CAT jika dibahasakan adalah Ujian atau Tes berbantuan Komputer. Lebih tepatnya Tes berbasis komputer, karena kita akan mengerjakan dan menyelesaikan seluruh soal termasuk jawabannya di"dalam" komputer.

Kelebihan dari CAT adalah sistem test yang sangat tertutup dan privat banget. Bahkan jika harus mengerjakan soal berdempetan antar peserta tes CPNS, kita gak bakalan bisa nyontek karena sistem soal acak dan opsi jawaban-pun acak.

Kalau ada orang yang mengimingi bocoran jawaban tes CPNS, itu mustahil dilakukan saat ini, (kecuali kamu mampu membobol server mereka, itu lain cerita..)

Sebelum itu, untuk menanggulangi peserta tes CPNS berbuat curang, segala macam alat komunikasi,kertas coretan dan hal yang mencurigakan akan ditahan saat masuk ruang ujian CPNS.

Jadi, pendaftaran CPNSnya udah dibikin ketat, kemudian tes CPNSnya lebih ketat lagi. Hmm, saya makin salut sama orang-orang yang mampu lulus CPNS pada periode penerimaan CPNS 2014 sampai 2019 ini, karena memang pemerintah sedang gencar mencari calon-calon PNS dan ASN yang murni tanpa titipan dan sogokan.

Salah satu caranya, ya seleksi CPNS yang makin transparan dan realtime, sehingga memperkecil celah bagi yang mau berbuat curang!

*****

Oiya, tadi saya sempet nulis kalau pendaftaran seleksi CPNS juga bikin ribet. Ribet disini akan berbeda-beda definisi antar individu.

Saya ribet karena gak punya kuota internet memadai (waktu itu), adik saya dulu ribet karena gak punya laptop / komputer sehingga harus ke warnet saat mendaftar CPNS, kamu ribet karena apa? Jawab di kolom komentar ya...

Oleh sebab itu, kalau kamu memang bercita-cita menjadi PNS, alangkah baiknya mempersiapkan diri dari sekarang.Pastikan dokumen pendukung sudah lengkap saat pendaftaran.

Masalah dokumen itu sepele tapi bisa bikin kamu puyeng dan berpikir,"ribet amat yak? Pasti sengaja nih! Pendaftaran bikin stress, pemerintah gak niat nih!" Jangan sampai deh, makanya rajin baca blog rsetiawan,mudah-mudahan gak ribet.

Nah, supaya kamu gak nemuin masalah saat upload berkas pendaftaran seleksi CPNS, ikuti 4 tips dibawah ini

4 Tips hadapi pendaftaran dan seleksi CPNS

Jadi sebelum kamu dapat mengikuti ujian seleksi CPNS, kamu wajib mendaftar dulu pada portal atau situs https://sscn.bkn.go.id yang dibuka menurut petunjuk BKN dan Menpanrb.

Tapi biasanya, sebelum portal dibuka, ada berbagai informasi yang dapat kamu cari. Salah satunya dengan membaca artikel 6 persiapan yang harus kamu lakukan saat pendaftaran CPNS. Selain itu, follow akun twitter BKN untuk akurasi info.



Udah baca, udah follow juga akun resmi BKN? Sip. Nah, ini ada tips berdasarkan pengalaman saat melamar CPNS melalui sistem online. Ada beberapa item yang paling umum dan sering terjadi saja yang saya bagikan dalam artikel kali ini. Yuk kita simak!

Baca juga : 6 tips saya lulus seleksi CPNS

Tips ke 1. Cek validitas Nomer Induk KTP, Nomer Kartu keluarga atau Kepala Keluarga

Pendaftaran CPNS sistem online memanfaatkan Nomer Induk Kependudukan sebagai entitas unik dalam penjaringan Calon peserta seleksi CPNS.

Hal pertama saat melakukan registrasi CPNS di portal/web pendaftaran CPNS adalah NIK. Nomer Induk Kependudukan ini unik. Terdiri dari 16 digit angka yang memiliki makna khusus (nantilah dibahas...).

Nah, masalah utama saat mendaftar di portal penerimaan CPNS, NIK tidak terdaftar atau tidak ditemukan.

Nah, sebelum kejadian, jika kamu emang niat jadi CPNS, cek segera validitas NIK dan KTP kamu. Bagaiamana cara mengecek validitas KTP? Ginih..

  1. Melalui laman http://dukcapil.kemendagri.go.id/. Masukkan nomer KTP kamu, mudah-mudahan terdaftar
  2. Melalui medsos Facebook: Halo Dukcapil, dan Twitter: @ccdukcapil. Japri dan DM untuk mengetahui KTP kamu terdaftar gak?
  3. Melalui email : callcenter.dukcapil@gmail.com. Tapi ini lama prosesnya, 1x24 jam biasanya baru dibales
  4. Melalui call center :1500537. Telpon aja langsung untuk menanyakan validitas NIK kamu
  5. Melalui Whatsapp :081315252920, 081315252921,081315252912.
    Format pengaduan/pertanyaan sbb:
    Nama :
    NIK :
    Kabupaten/Kota :
    Nomor WA/HP :
    Isi Pengaduan/Pertanyaan :

Sebagai catatan, NIK yang terdaftar pada database DukCaPil adalah KTP-EL (elektronik). Bagi yang belum memiliki KTP elektronik bagaimana? Ini yang ku bilang bikin ribet tadi. Kamu urus deh KTP segera, karena syarat utama mendaftar CPNS sekarang musti punya NIK. Ruwet 'kan kalau udah gini?

Adalah juga masalah, NIK sudah terdaftar di DukCapil, tapi saat dientri ke dalam portal sistem pendaftaran CPNS, NIK tidak ditemukan, NIK sudah pernah didaftarkan, NIK tidak terdata? Bagaimana ini?

Pada portal https://sscn.bkn.go.id, masuk ke menu helpdesk, pilih masalah yang kamu hadapi, misal pilih untuk NIK dan KK yang tidak ditemukan atau data NIK dan KK tidak sesuai. Isi form pengaduan. Mudah-mudahan berhasil.

CPNS 2019 4 tips persiapan dokumen bebas masalah saat pendaftaran
Masukan permasalahan yg terjadi saat mendaftar CPNS



Tips ke 2. Cek data ijasah dan berkas lainnya, samakan dengan KTP

Ok KTP dan KK udah valid dan dicek, sekarang kamu cek data ijasah dan berkas penting lainnya. Menjadi PNS itu adalah tertib administrasi berkas termasuk datanya.

Hindari masalah dan pertanyaan kenapa data di ijasah SD, SMP, SMA dan Sarjana ada yang gak sama. Setelah semua data berkas sama dan valid, cek dengan data informasi di KTP. Berkas ijasah dan KTP umumnya memiliki informasi seperti:

  1. Nama. Udah sama semua? jangan kejadian seperti saya. Nama diijasah SD Rudy, SMA jadi Rudi di KTP Rusdy. Ribet ngurutnya...
  2. Tempat tanggal lahir. Salah penulisan tempat saja bikin ruwet. Apalagi tanggal? Pastikan tempat lahir dan tanggal singkron semua.
  3. Nama orang tua
  4. Agama
  5. Alamat

Biasanya cuma nama dan tempat tanggal lahir yang sering bermasalah. So, mulai ditata setiap berkasnya. Jangan sampai salah lagi. Kalau ada yang salah segera perbaiki.

Oiya, pada pendaftaran CPNS melalui sistem online, semua berkas wajib discan dengan tipe file tertentu dan ukuran file terbatas. Sebelum discan, pastikan semua berkas sudah terlegalisir (jika yang diminta fotocopi-an).

Baca kembali syarat dan ketentuan, jangan sampai gegara berkas kelengkapannya gak tepat, kamu gagal total. Sayangkan, harus gagal diposisi pendaftaran. Itu ibarat kalah sebelum berperang.Hehehe

Tips ke 3. Wajib punya email aktif

Hari gini gak punya email? Wajib bro punya email kalau mau jadi CPNS. Pendaftarannya juga mewajibkan kamu memasukan data email. Ingat email aktif, bukan email yang kamu buka pas ada maunya. Jangan sampai gara-gara email yang kamu masukkan email jadul, info penting gak bisa kamu buka karena lupa password.

Harus diperhatikan juga, portal pendaftaran itu dibuka dan ditutup sesuai waktu yang ditentukan. Terus ada juga data yang sudah terkirim akan dikunci dan tidak bisa diedit kembali. Jadi harus teliti dan dicerna baik-baik syarat dan ketentuannya ya gaes...

Tips ke 4. Scan semua berkas penting dalam format digital

Scan berkas-berkas kamu dalam format digital. Format dokumen digital yang diterima pada pendaftaran CPNS adalah JPEG. Ada juga format khusus PDF, tapi umumnya JPEG.

Format JPEG adalah format gambar photo yang umum. Masalahnya, dalam portal pendaftaran CPNS besarnya file scan yang harus diupload harus memenuhi ketentuan mereka.

Ini yang harus disiasati, karena kita wajib mengkompress file JPEG dalam ukuran file yang kecil dan size yang ditentukan pula. Jika merasa kesulitan, lebih baik minta bantuan pada orang yang ahli dalam bidang ini ya gaes...

4 tips persiapan dokumen bebas masalah saat pendaftaran CPNS 2019
Infografis

Baca juga : Prosedur dan alur pendaftaran CPNS 2018

Akhir tulisan

Setelah kamu membaca artikel 4 tips persiapan dokumen bebas masalah saat pendaftaran CPNS ini gimana? Masih mau lanjut jadi PNS?
Kalau masih, segera deh siapin diri kamu karena pemerintah sudah mengeluarkan informasinya tuh, ribuan formasi CPNS dibuka kembali.

Selain berkas, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian CPNS. Musti belajar lagi, musti cari-cari informasi lagi perihal bahasan soal CPNS, mesti muter otak lagi formasi apa yang peluang lolosnya lebih besar. Ribet? Yo mesti!!

See you next post...

Jika kurang mengerti dan faham, ajukan pertanyaan dan komentar, InsyaAllaah dibalas...
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search