23.5.19
- 23.5.19

Keinginan menjadi PNS atau ASN generasi masa kini ternyata luar biasa besarnya. Dari tahun ke tahun pelamar yang bersaing memperebutkan formasi jabatan/lowongan membludak, jutaan jumlahnya. Keuntungan menjadi PNS adalah, terutama yang masih single, jelas disayang calon mertua, orang tua mana yang gak ayem kalo calon mantunya PNS?



Assalamualaikum warohamtullahi wabarokaatuh
Selamat pagi warganet yang budiman...

Rangkaian cerita saya tentang awal-awal menjadi PNS (sekarang ASN) menyisakan sedikit pertanyaan, kok bisa lulus dan keterima menjadi PNS? Bagaimana caranya? Nyogok ya? Pakai duit ya? Ada orang dalem ya?

Memang PNS ternyata masih menjadi profesi favorit banyak orang. Buktinya, setiap ada Seleksi dan Ujian CPNS, peserta pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu membludak, full.

Dari tahun ke tahun, jumlah peserta CPNS selalu meningkat, tahun 2014 saja tercatat ada 2,6 juta peserta ( Aje gile...*bayangpun....)

Padahal kuota yang diperebutkan untuk mengisi formasi PNS sangat sedikit. Gak usah herman, bagaimana kerasnya tingkat persaingan yang terjadi.

Oleh sebab itu, kalau kamu memang bercita-cita menjadi PNS, alangkah baiknya mempersiapkan diri dengan matang.

Pastikan dokumen pendukung sudah lengkap saat pendaftaran. Jangan sampai dibuat dalam keadaan terburu-buru dan hal-hal sepele terlewatkan.

Selain itu, kamu sempatkan berlatih mengerjakan soal tes CPNS secara rutin sebelum tes dilaksanakan.

Nah, seperti diawal tulisan dimana banyak pertanyaan yang dilontarkan ke aku, yuk kita simak tips dan trik saya lulus dan lolos CPNS

Tips Jitu hadapi pendaftaran dan seleksi berkas CPNS

Jadi sebelum menghadapi ujian seleksi CPNS, bro dan sis yang budiman harus melewati lolos administrasi berkas saat pendaftaran CPNS dulu ya...

Saya termasuk orang yang beruntung, karena dalam 1 kali percobaan tes CPNS langsung dinyatakan lulus, lolos dan di terima menjadi CPNS. Namun selain keberuntungan, ada beberapa tips jitu terutama pada saat pendaftaran CPNS.

Tips ke 1. Baca syarat-syaratnya dengan seksama

Selalu sempatkan untuk membaca syarat dan ketentuan dalam proses penerimaan CPNS. Kalau dulu, pelamar CPNS menggunakan surat lamaran via pos beserta tetek bengeknya. Nah, sekarang menggunakan sistem online.

Pada sistem online, semua pendaftaran CPNS melalui internet. Termasuk syarat pendaftaran.

Print / cetak syarat pendaftaran agar mudah dalam proses melengkapi berkas.

Oiya, pada pendaftaran CPNS melalui sistem online, semua berkas wajib discan dengan tipe file tertentu dan ukuran file terbatas. Sebelum discan, pastikan semua berkas sudah terlegalisir (jika yang diminta fotocopi-an).

Baca kembali syarat dan ketentuan, jangan sampai gegara berkas kelengkapannya gak tepat, kamu gagal total. Sayangkan, harus gagal diposisi pendaftaran. Itu ibarat kalah sebelum berperang.Hehehe

Tips ke 2. Lakukan pendaftaran dan pilih instansi dan daerah yang membuka formasi CPNS paling banyak

Segera lakukan pendaftaran CPNS ketika telah waktunya dibuka. Pilih waktu yang senggang (sekira pukul 10 malam keatas) untuk menghindari kepadatan trafik dan bikin situs-nya lambat. Betee!!

Lanjut pilih-pilih instansi dan formasi yang sesuai kualifikasi pendidikan kita. Cari instansi dan daerah yang memiliki formasi paling banyak. Biasanya ada beberapa daerah yang kebutuhan PNS-nya, banyak tapi sepi peminat.

Tapi kalau kamu merasa memiliki kemampuan, kecerdasan, kedekatan dan keyakinan dapat mengalahkan semua pesaing, why not pilih yang paling kamu minati?

Tips ke 3. Pilihlah formasi lowongan CPNS sesuai dengan bidang dan ijasah kamu

Oiya, dalam seleksi CPNS, formasi lowongan akan di bagi 2 jalur:
  1. Jalur umum jalur dimana pesaing kamu gak sedikit, dan soal-soal yang sulit. Pertama kamu harus melewati ambang batas nilai TKD yang terdiri dari TWK,TIU dan TKP. Kemudian di rangking per instansi lalu diambil nilai tertinggi untuk ikut tes selanjutnya yaitu Tes Kompetensi Bidang (TKB) bagi yang pilih formasi kementerian.
    Di jalur umum, jika gagal melewati passing grade dari salah satu TWK, TIU ataupun TKP maka langsung tidak lulus
  2. Jalur Khusus terdiri dari Penyandang cacat (disable) dan lulusan terbaik (cumlaude). Keuntungan dari jalur khusus ialah meski gagal di salah satu TKD (Tes Kemampuan Dasar), asalkan nilai rata-ratanya masih di batas standar yaitu 143+80+75 =298 maka bisa tetap ikut tes kemampuan bidang.

Untuk penjelasan lebih lengkap, lanjut baca ke bawah aja ya bro...

Baca juga : Prosedur dan alur pendaftaran CPNS 2018

Tips ke 4. Upload file berkas pendaftaran CPNS segera

Setelah semua berkas terkumpul dan sudah sesuai dengan persyaratan, segera lakukan upload berkas guna melengkapi pendaftaran. Minta bantuan ke teman atau saudara yang ahli komputer. Biasanya ada beberapa masalah "kecil" ketika upload berkas bikin kita stress!

Contoh masalah "kecil", seperti ukuran file pas photo 3x4 syaratnya maksimal 200kb (kilobits). Karena situ gaptek, jadi gagal upload, lalu misuh-misuh, nyalahin sistemnya gak bener.

Tips ke 5. Cek dan Ricek sebelum klik tombol Submit / kirim / send

Namanya pendaftaran CPNS berbasis web / aplikasi online, tidak lepas dari tombol-tombol submit, send, kirim, batal, cancel. Pelajari fungsinya biar gak asal klik.

Biasakan selalu baca data kamu sebelum klik tombol Submit. Ikuti prosedur pengiriman data sesuai petunjuk.

Sistem telah dibuat sedemikian rupa untuk meminimalisir kesalahan, contoh tanggal lahir. Efeknya kamu gak bisa "ngakalin", misal mudain umur. Jadi jujur aja ngisinya, ngapain boong! Kalo udah tua, yang udah kubur cita-cita kamu jadi PNS.

Masih banyaak janda-janda kaya diluar sana yang butuh kamu, #eh??

Cara saya lulus menghadapi ujian seleksi penerimaan CPNS

Setelah kamu dapat kartu peserta ujian yang didapat pada saat pendaftaran dan pemberkasan, inilah akhirnya..kamu harus menghadapi Ujian seleksi penerimaan CPNS berbasis CAT (Computer Assisted Test)

Tips ke 6. Cari tau apa itu CAT

CAT bukan kucing ya bos, CAT itu Computer Assisted Test, yaitu ujian yang soal dan jawabannya dikerjakan menggunakan komputer.

Nah, kalo pernah dengar UNBK (Ujian Nasional berbasis Komputer), mirip-miriplah...

Lalu bagaimana cara kerja CAT?

Sebenernya sama saja seperti ujian menggunakan kertas, kamu akan menghadapi pertanyaan demi pertanyaan sesuai dengan pilihan formasi CPNS. Bedanya semua dikerjakan didepan komputer.

Meselehnye...bagi kamu yang gaptek bakal jadi kendala besar. Oleh sebab itu berlatihlah. Banyakin latihan mengerjakan CAT melalui aplikasi simulasi CAT, contohnya kamu bisa coba di link ini: http://103.8.238.61/simulasi/

Tips ke 7. Berdoalah pada Tuhan, minta restu pada orang tua

Sebesar apapun usaha kamu, tetap mintalah pada Tuhan untuk memperlancar ikhtiar. Selain itu, mintalah restu pada orang tua. Doa mereka sudah terbukti manjur, jadi..jangan lewatkan kesempatan minta doa restu pada Bapak dan Ibu ya bro...

Tips ke 8. Kerjakan soal ujian seleksi CPNS dengan jujur

Pada ujian seleksi CPNS, meski dikerjakan menggunakan komputer, kamu bakalan sulit untuk mencontek.

Pertama, semua alat komunikasi saat masuk ruangan disita dan ditempatkan pada tempat khusus. Kemudian ada CCTV. Terus soal di random (acak). Meski kamu duduk berjejer dempetan gak bakal ketemu soal yang sama. Sekalinya sama, opsi jawaban benar A,B,C,D,E nya beda posisi, artinya benar menurut kawan, belum tentu benar pada komputer kamu. Hati-hati...
Selain itu, ketauan nyontek, kamu langsung dinyatakan gugur. Makanya lebih baik jujur aja bro.

Tips ke 9. Pahami bentuk dan karakter soal ujian CPNS

Soal dan bentuk ujian seleksi penerimaan CPNS di daerah (povinsi/kabupaten) berbeda dengan yang ada kementerian ya bro..

Kalau kamu pilih formasi CPNS daerah/provinsi maka kamu cuma sekali ikut tes, yaitu Tes TKD (Tes Kemampuan Dasar) dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) secara online sedangkan di tingkat kementerian selain TKD masih ada seleksi lanjutan yaitu TKB (Tes Kemampuan Bidang).

Tes dan seleksi CPNS terdiri dari dua jenis yaitu:
  1. Tes Kompetisi Dasar (TKD). Tes ini lamanya 90 menit dengan 100 soal, artinya 1 soal kurang dari 1 menit (formasi CPNS daerah dan kementerian).
  2. Tes Kompetensi Bidang (TKB), tes tambahan khusus formasi di kementerian. Soal TKB akan sangat spesifik tergantung instasi masing-masing. Misal, kamu pilih formasi di Kemenkumham, maka soal akan banyak keluar di masalah UU, hukum, dan HAM dan soal yang berkaitan dengan formasi yang kamu incar

Oiya,soal seleksi penerimaan CPNS yang pertama diuji adalah TKD (Tes Kemampuan Dasar),terdiri dari tiga pokok tes,yaitu:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai ambang batas (passing grade) 75 dengan jumlah soal 30.
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan nilai ambang batas (passing grade) 80 dengan jumlah soal 35.
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas (passing grade) 143 dengan jumlah soal 35.
Informasi nilai ambang batas diatas sesuai Permen PAN-RB Nomor 22 Tahun 2017.

Tips ke 10. Perbanyak latihan mengerjakan contoh soal-soal tes/ujian CPNS

Perbanyak latihan tes dengan mengerjakan contoh soal, terutama di TKD (Tes Kemampuan Dasar). Karena lulus di TKD, merupakan kunci untuk terus ikut seleksi CPNS.

Jika kamu sering berlatih mengerjakan contoh soal tes ujian CPNS, mudah-mudahan kamu lebih siap dan gak kaget. Yah, minimal kepercayaan diri itu perlu dalam situasi seperti ini.
Soal tes seleksi CPNS pada ujian TKD berbentuk ABCD dan tidak ada pengurangan nilai. Makanya, jawab-jawab aja kalau ada soal yang mentok. Siapa tahu bener?

Tes Kemampuan Dasar terdiri dari 3 materi pokok:

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK terdiri dari 30 soal dengan materi seputar Pancasila, UUD 1945, NKRI,Bhinneka Tunggal Ika dan sejarah Nasional maupun internasional.

Contoh:
Hak Asasi Manusia pada UUD 1945 diatur dalam bab…
A.2 B.9 C.11 D.12

Tes Intelegensi Umum (TIU)

TIU terdiri dari 35 soal mencakup soal matematika dasar, derat angka/bilangan, penalaran, logika dan bahasa (antonim, sinonim, silogisme, wacana), padanan hubungan kata (analogi).

Contoh:
3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, ….
Pola bilangan berikutnya adalah...
A.24 B.27 C.30 D.33

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

TKP terdiri dari 35 soal terdiri dari soal-soal psikotes. Dalam hal ini jawaban akan sangat subjektif tapi setiap jawaban memiliki nilai dari 1-5.

Contoh:
Manakah yang akan kamu lakukan pada saat bekerja
A. Jika ada masalah langsung saya adukan kepada atas saya
B. Jika ada masalah saya akan cari solusi kepada rekan kerja
C. Jika ada masalah saya akan cari sendiri solusinya
D. Jika ada masalah saya akan diamkan saja

Tips ke 11. Gunakan trik saat mengerjakan soal-soal tes/ujian CPNS

Saat mengerjakan soal ujian CPNS yang sesungguhnya, gunakan manajemen waktu yang bener-benar tepat. Soal TKD terdiri dari 100 soal yang dibagi dalam TWK (30), TIU (35) dan TKP (35).

Berarti kamu bisa membagi soal sebagai berikut:
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) no 1 - 30
Tes Intelegensi Umum (TIU) no 31 - 65
Tes Karakteristik Pribadi (TKP) no 66 - 100

Triknya, kamu bisa langsung kerjakan secara cepat soal-soal TKP dari no 66 sampai 100. Soal TKP tidak ada jawaban salah, hanya point yang berpengaruh. Usahkan antar jawaban kamu konsisten. Disitu kunci kamu orangnya plin plan atau gak.

Kemudian lanjut soal-soal TIU, disini kamu kudu jeli karena ini soal ilmu pasti. Triknya gini...

  1. Jawab soal yang pasti benar
  2. Jawab soal yang hampir benar dan langsung pindah soal (agar gak bengong dan terpaku disatu soal)
  3. Catat nomer soal yang jawabannya meragukan, (biasanya dapet kertas buram) dan nanti dengan cepat diedit.
  4. Targetkan jawaban benar minimal 16 soal dari 35 soal. Artinya kamu dapat poin 80 dan itu udah masuk ambang batas.

Tips ke 12. Setelah selesai ikut ujian CPNS, serahkan kembali hasilnya pada Tuhan

Yup, berserahlah kepada Tuhan dan berkacalah pada diri sendiri, usaha kamu untuk dapat diterima sebagai CPNS sudah berapa banyak? Maksudnya usaha di jalan yang benar ya bro...

Jika gak lulus CPNS, sadarilah, effort (usaha) dari pesaingmu ternyata lebih banyak. Mungkin sedekahnya, mungkin sholatnya, mungkin waktu belajarnya, dan banyak kemungkinan. Berbaik sangka saja ya bro...

Nah demikian 12 tips dan cara saya lolos dan lulus CPNS. Mungkin pengalaman pembaca yang budiman akan berbeda-beda. Tapi saya harap ada manfaatnya.

See you next post...

2 Komentar

Jika kurang mengerti dan faham, ajukan pertanyaan dan komentar, InsyaAllaah dibalas...
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search