6 hal yang harus disiapkan dalam penerimaan CPNS 2018

- 20 September

Wow, tak terasa penerimaan CPNS dibuka kembali pada tahun 2018 ini. Lama juga semenjak aku diterima jadi CPNS kemudian diangkat PNS tahun 2009, artinya sudah 9 tahun pengabdianku untuk negara.

Tahun 2018 ini aku mencoba bikin ulasan tentang penerimaan CPNS yang menurutku sangat berbeda prosedurnya dengan penerimaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya.

Hal-hal yang mesti kamu siapkan


Yup, penerimaan CPNS 2018 sebenarnya mirip dengan penerimaan CPNS 2017 kemarin, kamu diwajibkan mendaftar melalui portal https://sscn.bkn.go.id/.

Sedikit perbedaan ditahun sebelumnya, beberapa instansi dan kementerian memiliki portal mandiri yang terintegrasi dengan portal BKN. Namun ditahun 2018 ini, semua pendaftar CPNS dapat memilih instansi dalam satu portal.

Cek KTP kamu

Yup, karena penerimaan CPNS 2018 menggunakan KTP sebagai akses awal pendaftaran, kamu harus memastikan KTP kamu sudah yang berjenis elektronik dan terdaftar nasional.

Coba gunakan KTP dan No Kartu keluarga kamu untuk mendaftar pada portal BKN, jika berhasil,berarti KTP kamu asli elektronik.

Jika tidak berhasil, naah, mulailah bergerilya ke disdukcapil setempat untuk memastikan KTP sudah elektronik dan masuk database nasional.

Pastikan kamu punya email

Ini tahun 2018 gaes, kamu wajib punya email, dan biasa mengakses email (membaca dan mengirim email). Penerimaan CPNS juga mewajibkan kamu punya email.

Email ini akan dipakai untuk mengirim informasi penting langsung ke kamu terkait pendaftaran yang kamu lakukan melalui portal BKN.

Scan berkas kamu sesuai ketentuan

Yup, karena penerimaan CPNS 2018 semua berbasis paperless (gak pake kertas) mulai dari sekarang kamu kudu siap-siap melakukan scanning pada berkas-berkas yang dibutuhkan.

Ingat, kamu juga harus mempertimbangkan ukuran berkas sesuai ketentuan yang berlaku. Misal pasfoto besar file max 200Kb formatnya JPEG, maka aturan ini wajib kamu patuhi agar tidak ada kendala saat disuruh mengunggah (upload) berkas persyaratan.

Bagi kamu yang gaptek masalah teknis seperti ini, baiknya serahkan kepada orang yang ahli. Lebih baik kamu kalah uang daripada kamu gagal sebelum bertarung.

Beri nama file kamu sesuai jenis dokumen

Beri nama file-file hasil scanning kamu sesuai jenis dokumennya. Misal, jika kamu scan dokumen ijasah smp, maka namailah filenya dengan ijasah_smp_2000 (ijasah smp tahun lulus 2000 --> contoh doang)

Simpan file-file ini dalam satu folder. Lakukan penyimpanan juga diberbagai media, misal flashdisk, cdrom atau lebih mantap di google drive (jadi saat media kamu kena virus gegara registrasi CPNS di warnet, kamu masih punya file cadangan).

Pemberian nama file juga bermanfaat saat kamu upload berkas persyaratan, memudahkan mencari file sesuai yang diminta portal pendaftaran CPNS. Misal, disuruh upload file ijasah SD, kamu tinggal cari file bernama ijasah_sd. Jangan sampe kebolak balik ya gaes!

Baca syarat dan ketentuan secara seksama

Biasakan untuk membaca syarat dan ketentuan dengan cermat. Jangan gegara gak seksama membaca syarat, kamu jadi gagal mendaftar CPNS.

Penerimaan CPNS 2018 memiliki tata-cara pendaftaran yang sudah jelas. Coba deh, simak baik-baik alurnya dibawah ini



Belajar TWK,TIU dan TKP

Sembari menunggu hasil seleksi berkas, kamu mulai deh berburu materi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP).Jangan menyepelekan setiap tes ini.Ketiga tes ini memiliki bobot yang berbeda,meski begitu, ketiga tes ini wajib lolos hlo!.

Akhir kata

Itulah kira-kira persiapan dalam menghadapi penerimaan CPNS 2018. Semoga proses pendaftaran CPNS 2018 kamu lancar ya.

THIS NEWEST PREV POST
 

Start typing and press Enter to search