3 OS Router Gratis terbaik dari Mikrotik Pfsense, atau ClearOS


3 Router OS Gratis - Punya PC bekas gak kepake? Jangan dibuang atau dijual, jadiin Router aja! Router itu apaan? Makanan roti gitu? Bukan.. Router merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada lapisan Network yang fungsi utamanya adalah menghubungkan dua atau lebih jaringan yang memiliki network yang sama dan dapat juga yang berbeda.

Peralatan Router yang bagus ternyata berbanding lurus dengan harga yang "bagus" juga. Beberapa merk Router yang terbilang mahal diantaranya:

  1. Cisco
  2. Juniper
  3. Avaya
  4. Mikrotik
  5. Ubiquity
  6. dan lain-lain
Harga router merk-merk diatas untuk pemakaian jaringan komputer kelas sedang dan besar cukup lumayan, bahkan ada yang harganya bisa untuk membeli mobil avanza, hehehe.

Berterimakasihlah kepada OpenSource, kini Router tidak lagi semahal kelihatannya.

Banyak hacker dan aktivis opensource membuat dan mengoptimasi sistem operasi yang berbasis Linux (yang notabene adalah sebuah Operating System karena keterbukaannya (opensource), dioprek menjadi sebuah aplikasi router yang handal dan murah, bahkan gratis.

Jenis-jenis Router OS gratis dan open source

Router yang beredar di pasaran memiliki jenis-jenis yang berbeda sesuai fungsi dan kebutuhan jaringan yang akan di terapkan.

1. Aplikasi router

Aplikasi router merupakan perangkat lunak yang di install pada sistem operasi, sehingga sistem operasi tersebut memiliki kemampuan seperti router.

Contoh aplikasi router yang banyak di unduh adalah :

  1. Winroute
  2. WinGate,
  3. SpyGate



2. Hardware Router

Hardware Router adalah perangkat keras yang dibuat khusus untuk menangani jaringan. Contoh: CISCO, Mikrotik, 3Com, dan lain-lain. Ada juga hardware jaringan dengan fungsi tambahan sebagai router seperti modem dan access point.



3. PC Router

PC Router adalah Sistem Operasi Router yang khusus dibuat dengan kemampuan routing dan dapat dinstall secara standalone pada PC.PC yang diinstall Router Operating System akan menjadi PC router. Salah satu ROS yang terkenal adalah Mikrotik.




Ada 3 Router Operating System yang dapat kita pakai untuk menggantikan fungsi Router Harwdware yang mahal tanpa mengurangi kemampuannya, bahkan beberapa Router OS memiliki fitur yang tidak ada di router mahal tersebut.

3 routerOS yang dapat kamu install pada PC bekas

1. Mikrotik Router OS

Mikrotik saat ini memiliki produk router sendiri yang disebut Routerboard dengan range harga yang cukup murah dan dibedakan berdasarkan level fungsi. Khusus routerOS, dapat didownload, diinstall pada Personal Computer (PC) dan dipakai gratis selama 24 jam saja.

Mikrotik routerOS dapat diakses dan dikonfigurasi menggunakan aplikasi Windows yang bernama Winbox dapat di Download secara gratis, atau menggunakan telnet/SSH, dan ada juga yang berbasis web.

Fitur utama Mikrotik routerOS adalah kemampuan routing, firewall, manajemen bandwidth,ap controller dan hotspot, VPN, VLAN dan masih banyak lagi.

Untuk keperluan pembelajaran, anda dapat menggunakan Mikrotik routerOS yang dipasang pada vmWare atau virtualbox. Silahkan unduh [Mikrotik routerOS]



2. pfSense Community edition

pfSense adalah distribusi open source yang bebas dan terbuka dari Unix FreeBSD. pfSense dirancang untuk digunakan sebagai firewall, dan router. pfSense memiliki fungsi utama firewall dan routing yang tangguh dan fleksibel. Fitur lainnya adalah manajemen bandwidth, VPN,VLAN, captive portal, DHCP server dan masih banyak lagi.



Anda dapat mengunduh pfSense melalui tombol berikut. [Unduh pfsense]

3. ClearOS Community edition

ClearOS Community Edition adalah sistem operasi open source untuk server linux. Semua pembaruan, perbaikan bug, patch dan perbaikan keamanan disediakan gratis (walaupun belum teruji) dari berbagai sumber. Terdapat lebih dari 75 fitur clearOS dari kontrol domain, jaringan & kontrol bandwidth, dan banyak lagi!



Anda dapat mengunduh clearOS melalui tombol berikut. [Unduh clearOS]

Kesimpulan

Nah, komputer atau PC anda yang sudah tua, dapat dimanfaatkan sebagai PC router handal menggunakan routerOS yang dapat anda unduh secara gratis. Dengan fitur fitur yang canggih, anda dapat mengendalikan jaringan agar dapat dimanfaatkan secara optimal. Selamat mencoba.

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url