3 Router OS yang dapat ubah komputer lama kamu jadi Router handal

- 03 Maret
Router merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada lapisan Network yang fungsi utamanya adalah menghubungkan dua atau lebih jaringan yang berlainan segmen. Contoh, internet adalah jaringan komputer yang berbeda segmen dari jaringan komputer yang terpasang dirumah atau sekolah. Supaya jaringan komputer rumah atau sekolah terhubung ke internet, anda membutuhkan perangkat Router.

Perangkat Router termasuk peralatan jaringan yang cukup mahal. Beberapa merk seperti CISCO, Juniper, Avaya bahkan harganya mencapai puluhan juta. Bersyukurlah, banyak opreker dan hacker yang berbasis Linux (yang notabene adalah sebuah Operating System karena keterbukaannya (opensource), dioprek menjadi sebuah aplikasi router yang handal dan murah, bahkan gratis.

Ada 3 Router Operating System yang dapat kita pakai untuk menggantikan fungsi Router mahal tersebut tanpa mengurangi kemampuannya, bahkan beberapa Router OS memiliki fitur yang tidak ada di router mahal itu.

Inilah 3 routerOS yang dapat kamu pakai secara gratis

1. Mikrotik Router OS

[ Intel / AMD 100MHz atau lebih, 64 MB ram dan 64 MB besar Hard Disk ]

Mikrotik saat ini memiliki produk router sendiri yang disebut Routerboard dengan range harga yang cukup murah dan dibedakan berdasarkan level fungsi. Khusus routerOS, dapat didownload, diinstall pada Personal Computer dan dipakai gratis selama 24 jam saja.

Mikrotik routerOS dapat diakses dan dikonfigurasi menggunakan aplikasi Windows yang bernama Winbox Download, menggunakan telnet atas SSH, dan ada juga yang berbasis web.

Fitur utama Mikrotik routerOS adalah kemampuan routing, firewall, manajemen bandwidth,ap controller dan hotspot, VPN, VLAN dan masih banyak lagi.

Untuk keperluan pembelajaran, anda dapat menggunakan Mikrotik routerOS yang dipasang pada vmWare. Silahkan unduh [Mikrotik routerOS ##download##]
Mikrotik Router OS

2. pfSense Community edition

[ Minimum CPU 500 Mhz,256 MB RAM, 1G Hardisk ]

pfSense adalah distribusi open source yang bebas dan terbuka dari Unix FreeBSD. pfSense dirancang untuk digunakan sebagai firewall, dan router. pfSense memiliki fungsi utama firewall dan routing yang tangguh dan fleksibel. Fitur lainnya adalah manajemen bandwidth, VPN,VLAN, captive portal, DHCP server dan masih banyak lagi.
pfSense router OS
Anda dapat mengunduh pfSense melalui tombol berikut. [Unduh pfsense ##download##]


3. ClearOS Community edition

[ Minimum CPU 500 Mhz,256 MB RAM, 1G Hardisk ]

ClearOS Community Edition adalah sistem operasi open source untuk server linux. Semua pembaruan, perbaikan bug, patch dan perbaikan keamanan disediakan gratis (walaupun belum teruji) dari berbagai sumber. Terdapat lebih dari 75 fitur clearOS dari kontrol domain, jaringan & kontrol bandwidth, dan banyak lagi!
ClearOS Community
Anda dapat mengunduh clearOS melalui tombol berikut. [Unduh clearOS ##download##]

Kesimpulan

Nah, komputer atau PC anda yang sudah tua, dapat dimanfaatkan sebagai router handal menggunakan routerOS yang dapat anda unduh secara gratis. Dengan fitur fitur yang canggih, anda dapat mengendalikan jaringan agar dapat dimanfaatkan secara optimal. Selamat mencoba.


Footnotes

  1. Winbox adalah aplikasi berbasis GUI yang dipakai untuk mengkonfigurasi Mikrotik RouterOS.
  2. Unix adalah aplikasi berbasis GUI yang dipakai untuk mengkonfigurasi Mikrotik RouterOS.

Yuhuu, dibawah adalah kolom komentar dimana kamu bisa berinteraksi dengan saya. Komentar yang sifatnya spam akan saya hapus!

 

Start typing and press Enter to search