Uji Kompetensi Keahlian TKJ tahun 2018

- 03 Januari



Yay, setelah sekian lama vakum, akhirnya saya berkesempatan kembali menulis. Oiya, langsung pada pokok tulisan bahwa saat ini Ujian Praktik Kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan (sebutan kerennya Uji Kompetensi Keahlian- UKK) akan segera dilaksanakan. Informasi yang beredar pelaksanaan UPK TKJ dapat dimulai dari tanggal 12 Februari 2018 sampai 3 Maret 2018.

Buat kalian,siswa siswi kelas 12 saya harapkan sudah mulai mempersiapkan diri sedini mungkin. Sebagai gambaran bentuk soal Ujian Praktik, pedoman penilaian dan kebutuhan alat ujian praktik telah saya sertakan link unduhan (download) dibawah ini. Untuk pilihan paket Ujian Praktik Kejuruan TKJ akan ditentukan oleh Kepala Jurusan dengan menimbang kelengkapan alat,bahan dan prasarana yang tersedia pada laboratorium hardware/software.

Paket soal Ujian Praktik Keahlian TKJ 2018

Pada tahun 2018 ini, Direktorat Pembinaan SMK (Dit PSMK Kemdikbud) merilis 2 versi soal UPK tahun pelajaran 2017/2018. Versi yang pertama adalah paket soal UPK TKJ yang mengacu pada kurikulum 2006 dan versi yang kedua mengacu pada kurikulum 2013 edisi revisi.

Kedua versi ini dikeluarkan sebagai alternatif masih banyaknya SMK yang menjalankan kurikulum 2006. Untuk sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013, dipersilahkan untuk memilih paket soal yang sesuai. Berkaitan dengan informasi tersebut, SMK kita, khususnya kelas 12 masih menggunakan kurikulum 2006.

Paket soal UPK TKJ yang menggunkan kurikulum 2006 terdiri dari 4 paket pilihan jenis soal.

  1. Paket 1 kalian ditantang menjadi seorang Network Engineer, dimana tugas utamanya membangun jaringan berbasis PC server.
  2. Paket 2 kalian ditantang menjadi seorang WAN Engineer, dimana tugas utamanya membangun jaringan berbasis WAN.
  3. Paket 3 kalian ditantang menjadi seorang Network Engineer, dimana tugas utamanya membangun sebuah cluster server yang terdiri dari DNS, Web, FTP,Mail dan cacti. 
  4. Paket 4 kalian ditantang menjadi seorang Teknisi jaringan, dimana tugas utamanya mengkonfigurasi router sebagai gateway masuknya akses internet kedalam jaringan komputer yang menjadi tanggungjawabnya

Yuhuu, dibawah adalah kolom komentar dimana kamu bisa berinteraksi dengan saya. Komentar yang sifatnya spam akan saya hapus!

 

Start typing and press Enter to search